Sebelum memulai bisnis rental mobil, ada baiknya cari tahu cara meningkatkan layanan pelanggan bisnis rental. Tujuannya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan jasa sewa mobil Anda.

Cara meningkatkan pelayanan bisnis sewa mobil setara dengan pentingnya merencanakan strategi marketing. Meski bisnis sewa kendaraan ini baru dirintis, namun untuk memperoleh profit lebih optimal maka pertimbangkan perencanaan sistem pelayanan pelanggan dan strategi marketing yang akan diterapkan dalam operasional bisnis.

Merangkum dari berbagai sumber, terdapat 8 cara meningkatkan layanan pelanggan bisnis rental untuk mempertahankan keloyalitasan pelanggan terhadap perusahaan Anda.

Banner

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis.

1. Pertimbangkan Cara Berkomunikasi dengan Pelanggan

Pelayanan yang krusial untuk memuaskan pelanggan dalam bisnis rental adalah memperhatikan bagaimana sarana dan cara Anda akan berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan.

Semakin mudah tempat jasa sewa mobil dihubungi maka semakin besar potensi jasa tersebut akan dipilih oleh pelanggan. 

Kendati tak dipungkiri bahwa pelanggan akan melakukan riset terkait harga sewa kendaraan dan pelayanan, akan tetapi ada trik di mana Anda berpotensi masuk ke dalam daftar pilih tempat jasa sewa yang akan dipilih pelanggan.

Triknya adalah dengan aktif dan siap siaga untuk merespons pelanggan yang menghubungi Anda kapan saja. 

Apalagi saat musim liburan, banyak turis ataupun pelancong dalam negeri yang melancong ke dalam negeri dan membutuhkan transportasi. Karenanya, pastikan jalur komunikasi Anda selalu aktif dan mudah dihubungi.

Baca juga: 5 Tips Bisnis Rental Mobil Bulanan, Aman dan Untung!

2. Alternatif Komunikasi melalui Media Sosial

Saat ini banyak orang yang mengandalkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter (X) hingga TikTok untuk mendapatkan semua informasi, termasuk saat pelanggan sedang mencari tempat sewa mobil.

Sebelum berkomunikasi melalui jalur pribadi, pelanggan akan bertanya-tanya tentang pelayanan dan fasilitas perusahaan rental kendaraan Anda.

Jadi, selain memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk menyukseskan strategi digital marketing, media sosial juga bisa dijadikan sarana untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

3. Daftarkan Bisnis di Google My Business

Selain mencari tahu via media sosial, tak sedikit juga pelanggan yang sudah terlanjur berada di suatu daerah dan membutuhkan jasa sewa mobil akan mencari info tempat jasa sewa kendaraan melalui Google.

Oleh sebab itu, penting untuk mendaftarkan bisnis sewa mobil Anda melalui akun Google My Business. Dengan begitu, pelanggan dapat menemukan informasi lengkap tentang bisnis Anda dengan mudah, seperti alamat dan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda

4. Buat Program Member, Diskon, atau Bentuk Promosi Lainnya

Siapa yang tidak ingin mendapatkan suatu produk atau jasa dengan harga rendah karena diskon dan promo. 

Siapapun akan mempertimbangkan produk atau jasa yang menawarkan harga miring atau diskon besar-besaran.

Anda bisa menerapkan strategi ini pada bisnis rental kendaraan di kondisi tertentu, misalnya musim libur akhir tahun atau libur hari-hari besar lainnya.

5. Upgrade Fasilitas dan Pelayanan Bisnis

Promo dan diskon saja kurang optimal bila pelayanan dan fasilitas yang ada di bisnis Anda belum optimal. 

Sebagai contoh walaupun pelanggan mendapatkan potongan harga hingga 50% namun kondisi mobil kotor dan bau, tidak menyediakan supir sewaan atau supir yang disediakan mengemudi dengan ugal-ugalan maka bisa jadi pelanggan tersebut merasa trauma untuk menggunakan jasa Anda lagi.

Dalam kondisi tertentu, bisa saja pelanggan tersebut akan memberikan ulasan yang buruk terhadap bisnis Anda dan tidak merekomendasikan tempat sewa mobil Anda kepada orang lain melalui media sosial ataupun ulasan di Google Review.

Berbanding terbalik bila Anda menyediakan fasilitas dan pelayanan yang selalu diperbarui tergantung kebutuhan pelanggan dan perkembangan zaman, maka meski program diskon atau potongan harganya sedikit namun pelayanan maksimal maka pelanggan tersebut akan merasa puas.

Baca juga: 11 Tips Memulai Usaha Rental Mobil

6. Upgrade Pilihan Metode Pembayaran

Kemajuan sistem teknologi yang sudah terdigitalisasi saat ini memudahkan proses bisnis untuk semua sektor dan industri, termasuk industri jasa rental mobil.

Selain menerapkan sistem down payment (DP), Anda juga bisa menerapkan sistem cashless dengan membayar secara online melalui rekening bank pribadi atau virtual account khusus serta QRIS.

Beberapa tempat sewa mobil juga menyediakan sistem pembayaran online card payment dan dapat diakses secara online melalui platform tertentu.

7. Merawat Kondisi Kesehatan Mobil

Cara meningkatkan layanan pelanggan bisnis rental yang cukup fundamental untuk kelanjutan bisnis sewa mobil ini adalah dengan merawat dan memelihara kendaraan Anda.

Umumnya cara merawat mobil hanya sebatas mendaftarkan kendaraan pada polis asuransi kendaraan. Walaupun asuransi kendaraan memang penting, namun rutin merawat kendaraan secara pribadi dan rutin sesuai aturan servis mobil berkala juga penting.

Misalnya saja rutin ganti oli mobil, rutin memeriksa sistem pengereman mobil hingga memastikan tekanan angin ban mobil dan filter udara AC mobil dalam keadaan stabil untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pelanggan selama berkendara.

Baca juga: Keuntungan Rental Mobil untuk Driver Online, Ini Persyaratannya

Problemnya saat ini bagaimana cara merawat dan memelihara kendaraan sewa dengan jumlah sebanyak itu? Tak perlu khawatir sebab ada layanan khusus dari Bengkel Otoklix untuk membantu merawat mobil operasional perusahaan.

Otoklix For Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda

Pertanyaan Seputar Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan Bisnis Rental :


Dalam kondisi tertentu, bisa saja pelanggan tersebut akan memberikan ulasan yang buruk terhadap bisnis Anda dan tidak merekomendasikan tempat sewa mobil Anda kepada orang lain melalui media sosial ataupun ulasan di Google Review.


Berbanding terbalik bila Anda menyediakan fasilitas dan pelayanan yang selalu diperbarui tergantung kebutuhan pelanggan dan perkembangan zaman, maka meski program diskon atau potongan harganya sedikit namun pelayanan maksimal maka pelanggan tersebut akan merasa puas.


Cara meningkatkan layanan pelanggan bisnis rental kendaraan adalah dengan mementingkan sarana berkomunikasi langsung dengan pelanggan, menggunakan alternatif komunikasi melalui media sosial, mendaftar bisnis melalui Google My Business, upgrade pelayanan dan fasilitas serta mendaftarkan mobil operasional di layanan bengkel mobil khusus.