Banyak faktor yang memengaruhi motivasi kerja karyawan. Kalau motivasinya menurun, tentu berdampak bagi perusahaan. Produktivitas dan kinerja karyawan menjadi tidak efektif dan efisien. Sehingga perusahaan juga harus turut andil dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan.

Supaya motivasi kerja karyawan tidak menurun dan berlarut-larut, mari kita mengenal tentang motivasi kerja, penyebab menurunnya motivasi, cara membangkitkan motivasi kerja, hingga kata-kata untuk membangkitkan motivasi kerja karyawan.

Motivasi Kerja Karyawan

Semangat kerja tidak terlepas dari motivasi. Motivasi adalah dorongan atau daya penggerak yang membuat karyawan bertahan di suatu karier, bahkan bisa mengembangkan karier ke jenjang yang lebih tinggi. Tanpa motivasi kerja, karyawan tidak mungkin mencapai prestasi yang tinggi.

Banner

Motivasi kerja karyawan bisa berubah-ubah dan sering naik turun. Kadang penuh gairah, kadang juga jenuh. Namun, selain dari diri karyawannya sendiri, perusahaan juga bisa mengusahakan agar karyawan tetap semangat bekerja.

Penyebab Menurunnya Motivasi Kerja Karyawan

Motivasi kerja karyawan bisa menurun karena beberapa penyebab. Sayangnya, tidak sedikit karyawan yang mengalami penurunan motivasi kerja. Penyebabnya bisa karena hal-hal di bawah ini.

  1. Tidak puas dengan upah atau gaji serta tambahan penghasilan lain yang didapat.
  2. Lingkungan kerja tidak nyaman.
  3. Perlakuan tidak adil di lingkungan kerja.
  4. Beban kerja berlebihan.
  5. Kurang keterampilan sehingga menghambat kinerja.
  6. Tidak punya tujuan.
  7. Jenuh dan penat dengan rutinitas.

Baca juga: Contoh Surat Peminjaman Mobil Dinas Operasional Terlengkap

Cara Membangkitkan dan Mempertahankan Motivasi Kerja Karyawan

Lantas, gimana cara membangkitkan dan mempertahankan motivasi kerja karyawan? Cara ini bisa dilakukan oleh karyawan maupun diberikan oleh atasan sebagai bagian dari perusahaan.

1. Menciptakan lingkungan kerja yang positif

Suasana lingkungan kerja sangat penting bagi kinerja karyawan. Jadi, buatlah ruang kerja yang nyaman, penuh semangat dan energi positif. Perusahaan juga bisa memberikan kebebasan kepada karyawan untuk mengatur meja kerja sesuai yang mereka inginkan, asal tidak berlebihan.

Salah satu cara menciptakan iklim kerja yang positif adalah menerapkan gaya kepemimpinan yang disegani, tetapi tidak arogan. 

2. Membangun cara berkomunikasi yang efektif

Motivasi kerja karyawan bisa ditingkatkan dengan membangun komunikasi efektif di tempat kerja. Caranya bisa melalui diskusi dan komunikasi tatap muka secara langsung dan rutin. Sering berkomunikasi bisa membantu karyawan memahami gaya komunikasi masing-masing, baik antar karyawan maupun dengan atasan.

Adanya kegiatan diskusi juga membuka kesempatan untuk mengeluarkan pendapat dan membangun kedekatan dengan karyawan. Usahakan untuk lebih banyak berkomunikasi secara langsung dibandingkan hanya melalui e-mail atau grup WhatsApp.

Dengan melakukan komunikasi efektif, karyawan akan merasa diperhatikan, didengar pendapatnya, dan dilibatkan dalam misi perusahaan mencapai tujuan.

3. Memberi apresiasi atau reward atas prestasi

Salah satu cara meningkatkan motivasi kerja karyawan adalah dengan memberikan apresiasi bahkan reward atas prestasi atau pencapaian mereka. Apresiasi tidak harus selalu dengan reward atau hadiah. 

Pujian tulus dari atasan secara langsung juga bisa menunjukkan rasa terima kasih kepada karyawan yang sudah berkontribusi. Namun, kalau ada budget untuk karyawan, perusahaan juga bisa memberikan reward berupa uang atau hadiah.

Baca juga: Cara dan Tips Perawatan Mobil Dinas Terlengkap

4. Memperhatikan kesejahteraan karyawan

Kesejahteraan karyawan tidak selalu tentang finansial, bonus, tunjangan, dan semacamnya. Namun, tidak memberikan beban target di luar perjanjian dan kemampuan karyawan juga adalah salah satu bentuk kesejahteraan.

Perusahaan perlu berusaha mengukur kesanggupan pekerjanya. Beban yang terlalu banyak membuat karyawan stres hingga akhirnya motivasi kerjanya menurun.

Memperhatikan kesejahteraan karyawan juga bisa dengan cara memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan karyawan.

5. Memberikan rasa hormat dan kepercayaan

Sebagai manusia, pekerja juga ingin merasa dihormati dan dipercaya dalam melakukan pekerjaan. Jadi, beri sedikit kebebasan kepada karyawan untuk mengatur cara kerja mereka hingga mereka lebih nyaman dan produktif. Beri juga tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas baru agar mereka merasa diberi kesempatan untuk berkembang.

Kata-kata Motivasi Kerja Karyawan

Selain menggunakan cara-cara di atas, kata-kata atau kalimat motivasi kerja karyawan juga bisa dipakai sebagai upaya meningkatkan etos kerja karyawan. Berikut ini kata-kata yang bisa digunakan untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan.

Baca juga: Rekomendasi Merek Mobil Dinas dengan Performa Bagus

  1. Kemampuan, motivasi, dan sikap menentukan seberapa baik kamu bisa melakukan suatu pekerjaan.
  2. Nilailah setiap hari dari benih yang ditanam, bukan panen yang sudah dituai.
  3. Bukan beban yang bisa menghancurkan kamu, tetapi bagaimana cara dirimu membawa beban yang menghancurkan tersebut.
  4. Saya tidak bisa kembali ke masa lalu karena saya di masa lalu berbeda dengan saat ini.
  5. Tidak ada kesempurnaan yang bisa dicapai. Namun, ketika kita mengejar kesempurnaan, kita bisa mendapat keunggulan.
  6. Keberuntungan adalah persiapan yang bertemu dengan kesempatan.
  7. Rahasia saya bisa mencapai tujuan adalah kegigihan saya.
  8. Setiap pakar dulunya juga adalah seorang pemula.
  9. Kamu dipekerjakan oleh perusahaan karena memenuhi kriteria, tetapi kamu dipromosikan karena bisa melebihi karyawan lain.
  10. Pertumbuhan bergantung pada aktivitas. Kamu tidak akan berkembang secara fisik dan intelektual tanpa usaha. Usaha yang dimaksud adalah kerja.
  11. Tidak ada rahasia sukses selain persiapan, kerja keras, dan belajar dari kegagalan.
  12. Orang yang percaya diri akan dapat kepercayaan diri juga dari orang lain.
  13. Kekuatan tidak hanya terlihat dari kemampuan bertahan, tetap juga kemampuan memulai kembali.
  14. Masa depan sukses tidak hanya memandang tingkat pendidikan, tetapi juga memandang orang yang memiliki kemauan kuat, bisa bertahan lebih lama, dan gigih dalam berjuang.
  15. Bekerja dengan baik agar dipertemukan dengan orang-orang baik pula.

Dengan mengetahui cara-cara meningkatkan motivasi kerja karyawan, perusahaan akan bisa lebih mudah menentukan mana yang sesuai dan bisa diterapkan di lingkungan kerja.

Otoklix for Business hadir untuk memberi kemudahan servis mobil operasional untuk menunjang produktivitas karyawan. Otoklix for Business adalah layanan khusus dari Otoklix untuk membantu perusahaan untuk merawat mobil operasional.

Download aplikasi Otoklix di PlayStore untuk servis mobil lengkap dengan harga lebih hemat hingga 30% dibandingkan dengan bengkel resmi.

Otoklix telah berdiri sejak 2019 dan sudah menangani 50.000+ mobil. Bengkelnya tersebar di beberapa wilayah Jabodetabek. Kualitas servisnya terstandarisasi, spare part dijamin asli, dan layanan servisnya lengkap. Selain via aplikasi, booking servis bisa dilakukan via WhatsApp di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Motivasi Kerja Karyawan

Motivasi kerja karyawan agar lebih produktif antara lain adalah lingkungan kerja yang sehat, diberi apresiasi, kepercayaan, dan rasa hormat, merasa kesejahteraannya diperhatikan, dan mendapat reward lain selain upah atau gaji.

Tujuan memberi motivasi kepada karyawan adalah untuk mendorong semangat dan gairah kerja karyawan, meningkatkan produktivitas kerja karyawan, dan mempertahankan loyalitas dan kestabilan karyawan.

Cara meningkatkan motivasi kerja karyawan di antaranya adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang positif, membangun cara berkomunikasi, memberi apresiasi, dan memperhatikan kesejahteraan karyawan.