Beberapa orang memang tidak mempermasalahkan fungsi speedometer, padahal fungsi speedometer cukup penting, yaitu untuk menunjukkan kecepatan mobil kamu. Dengan adanya speedometer, kamu jadi bisa membatasi agar tidak melaju terlalu kencang karena banyak kejadian kecelakaan karena ngebut di jalanan.

Maka dari itu, penting untuk service speedometer mobill kamu kalau speedometer mobilmu mulai rusak. Simak artikel Otoklix berikut ini.

Biaya Service Speedometer Mobil

Kerusakan pada speedometer memang beragam, maka dari itu biayanya juga bisa berbeda-beda. Kalau ada kerusakan di IC (Integrated Circuit) dan menyebabkan speedometer mati total, biaya servicenya berkisar Rp900 ribu sampai Rp1,4 juta.

Sementara itu untuk permasalahan jarum speedometer yang tidak bergerak, bias juga jaruk pada indikator bensin, temperatur, atau rpm, biaya perbaikannya Rp600 ribu.

Ada juga jarum yang melemah, tidak menunjukkan kecepatan aslinya. Misalnya jarum seharusnya menunjuk 60 km/jam tetapi di speedometer hanya 20 km/jam. Kerusakan ini bisa diperbaiki komponen elektriknya. Biaya service speedometer mobil untuk kerusakan ini sekitar Rp150-300 ribuan.

Ada juga masalah jarum temperatur mesin yang tidak bergerak. Biaya perbaikan untuk kerusakan ini adalah Rp 100 ribu.

Berbeda lagi biaya service speedometer mobil yang berbentuk digital. Biayanya sekitar Rp 350 ribuan. Ada lagi speedometer yang memiliki LCD seperti pada Mercy C230 W203. Jika LCD-nya mati total, biaya perbaikannya adalah Rp 500 ribuan.

Kalau kamu berminat membeli speedometer copotan, harganya tergantung tipe mobil yang speedometernya mau kamu ambil. Misalnya speedometer copotan Greco dijual dengan harga Rp1,2 jutaan, sedangkan speedometer copotan Honda Grand Civic dijual dengan harga Rp650 ribuan.

Penyebab Speedometer Rusak

Gejala speedometer rusak bisa kamu lihat sebagai berikut:

  • Jarum speedometer terus terjatuh ketika berkendara pelan
  • Jarum speedometer bergetar saat berkendara dengan kecepatan tinggi
  • Speedometer berbunyi saat berkendara dengan kecepatan tinggi
  • Lampu cek engine pada speedometer menyala
  • Speedometer berbunyi berisik

Ketika kamu melihat satu atau lebih gejala speedometer rusak, maka kamu perlu waspada. Kamu bisa mengecek beberapa hal sebelum membawa ke bengkel service speedometer mobil. Kecuali mengenai speedometer berbunyi berisik. Jika masalah ini yang terjadi, kamu bisa membersihkan speedometer mobil kamu dulu kabel speedometer dari debu dan kotoran.

1. Masalah pada sistem kelistrikan 

Pertama kamu bisa memeriksa jalur kabel menuju speedometer. Speedometer erat kaitannya dengan sistem kelistrikan. Sistem kelistrikan ini juga mempengaruhi komponen lain selain speedometer, misalnya lampu mobil.

Kemudian, ada panel pada dashboard pengemudi yang menunjukkan kondisi kendaraan. Jadi, kalau sistem kelistrikan bermasalah, konslet, atau eror, maka speedometer juga akan bermasalah atau bahkan mati. 

2. Panel error

Namun, jika ternyata sistem kelistrikan tidak bermasalah, bisa jadi memang karena panelnya yang error. Satu komponen saja yang rusak bisa mempengaruhi keseluruhan indikator penunjuk. Kamu bisa menggunakan alat yang bernama scan tool untuk mendeteksi bagian panel speedometer yang error.

Jika bagian yang rusak telah ditemukan, maka segera mengganti panel itu dengan yang baru agar fungsi speedometer dapat kembali normal. Kamu bisa ke bengkel service speedometer mobil jika tidak paham cara memperbaikinya. 

3. Sensor speedometer rusak

Pada kendaraan dengan sensor elektronik, kamu bisa menemukan sensor speedometer pada bagian transmisi. Kalau sensor kecepatan rusak, soket akan longgar dan terlepas sehingga gear transduser aus. Kecepatan kendaraan menjadi tidak terprediksi. Kerusakan ini juga menyebabkan lampu check engine menyala pada mobil Engine Fuel Injection (EFI).

Untuk kendaraan dengan rem ABS, sensor kecepatan dapat ditemukan pada roda-roda. Speedometer yang rusak pasti disebabkan oleh sistem rem ABS yang rusak.

Lain lagi dengan kendaraan yang masih menggunakan tali speedo. Speedometer tidak bergerak karena talinya putus. Jadi kamu bisa mengenali dahulu tipe mobil kamu sebelum mengetahui speedometer mati karena sensor kecepatan atau tali speedo putus.

Tips Mengetahui Speedometer Rusak atau Tidak

Cara mengetahui speedometer mobil kamu rusak atau tidak adalah dengan memacu mobil kamu dengan kecepatan tertentu kemudian bandingkan dengan angka yang ditunjuk oleh jarum speedometer. Kamu bisa menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps atau aplikasi speedometer online untuk mengetahui kecepatan mobil kamu.

Selain itu, kamu bisa memacu mobil kamu bersamaan dengan mobil lain. Cocokkan kecepatan pada speedometer kedua mobil. Jika terjadi perbedaan signifikan, kemungkinan memang terjadi kerusakan speedometer dan harus diperbaiki di bengkel service speedometer mobil.

Nah, itu tadi seputar biaya service speedometer mobil, penyebab speedometer mobil rusak, dan cara mengetes speedometer mobil kamu rusak atau tidak.

Jika kamu mencari bengkel terdekat, kamu bisa menggunakan aplikasi Otoklix. Tersedia daftar 1.000+ bengkel umum se-Jabodetabek yang bisa kamu booking langsung via aplikasi. Harga yang dibayar sesuai yang tertera di aplikasi, lho.