Mobil operasional yang prima berperan penting bagi operasional perusahaan. Sehingga, pastikan bahwa Anda selalu melakukan servis berkala mobil di bengkel yang berkualitas. Selain membuat mobil selalu dalam keadaan prima, servis rutin mobil operasional juga bisa menekan biaya perbaikan yang tidak perlu.

Mobil operasional dimanfaatkan perusahaan untuk berbagai tujuan. Ada yang menggunakannya untuk mobilitas karyawan, misalnya meeting dengan klien, mengurus administrasi ke bank, dan sebagainya. Ada juga yang memakai mobil operasional sebagai armada, misalnya rental mobil. Mobil opersional juga dipakai untuk distribusi produk perusahaan.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!
Banner

Mengingat pentingnya fungsi mobil operasional, maka Otoklix akan membahas pentingnya servis berkala mobil untuk mobil operasional. Simak selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Service Rutin Mobil, Cek 6 Komponen Ini secara Berkala

Pentingnya Servis Berkala Mobil

Sebagai sarana transportasi, mobil operasional juga berfungsi sebagai sarana distribusi. Mobil yang prima akan membantu kelancaran perusahaan.

Bayangkan bagaimana kalau mobil tiba-tiba mogok saat harus mengantar atau mendistribusikan produk makanan yang cepat basi. Tentu Anda akan kerepotan. Anda harus mencari alternatif kendaraan lain di tengah jalan. Waktu yang terbuang tidak hanya meningkatkan risiko produk rusak, tetapi juga kepercayaan konsumen kepada Anda bisa menurun.

Berkaca pada kasus tersebut, berikut ini pentingnya servis berkala mobil yang bisa membantu kelancaran operasional perusahaan.

1. Mobil tetap prima

Servis berkala setiap 6 bulan sekali membuat mobil Anda selalu dalam kondisi baik. Sehingga tidak mudah rusak atau mogok. Servis berkala tiap 6 bulan sekali biasanya meliputi ganti oli mesin dan filter oli. Oli yang selalu diganti dengan kualitas yang baik akan membuat mobil berjalan lebih lancar dan operasional perusahaan lebih efisien.

2. Dapat mencegah intervensi, mencegah kerusakan lebih parah

Kesehatan mobil sama dengan kesehatan tubuh manusia. Mobil yang dijaga dan dirawat sejak dini maka kesehatannya bisa dipertahankan hingga tua. Selain itu, biaya yang dikeluarkan akibat terjadi kerusakan juga lebih tinggi. Kerusakan yang tidak terdeteksi ini bisa disebabkan karena mobil yang jarang dirawat.

Contohnya ketika menunda ganti oli untuk waktu yang lama, maka mesin akan jadi rusak. Mengapa demikian? Sebab oli yang berkualitas buruk tidak bisa melumasi mesin secara optimal. Mesin lebih mudah panas ketika bergesekan hingga menyebabkan kerusakan komponen.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!

3. Menghemat biaya

Servis berkala mobil juga bisa mengurangi risiko membengkaknya anggaran servis mobil operasional. Kalau jarang melakukan servis, kemungkinan akan banyak komponen yang cepat rusak dan minta diganti. Pihak bengkel biasanya menginformasikan komponen yang sudah tua dan perlu diganti.

Servis berkala mobil tentu membutuhkan biaya. Namun, biaya yang dikeluarkan saat servis berkala mobil jauh lebih hemat daripada penggantian komponen yang tiba-tiba rusak sebelum waktunya. Setiap komponen punya usia pakai. Usia pakai tersebut bisa mengalami penurunan kalau tidak diservis.

Baca juga: Minyak Rem Mobil Avanza Wajib Diganti Berkala, Ini Spesifikasinya

4. Konsumsi bahan bakar lebih efisien

Konsumsi bahan bakar juga bisa lebih efisien kalau mobil dirawat dengan baik secara rutin. Sehingga, biaya yang Anda keluarkan untuk operasional perusahaan juga bisa diminimalkan. Mobil yang jarang diservis biasanya jadi boros BBM.

Apalagi kalau mobil operasional perusahaan Anda menempuh jarak yang jauh setiap harinya. Bayangkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk mengisi bahan bakar. Selain itu, gunakan juga bahan bakar yang sesuai dengan mobil sehingga kinerja mobil bisa meningkat.

Agar konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat juga sebaiknya Anda melakukan penggantian filter udara dan filter bahan bakar.

5. Aman dan nyaman saat berkendara

Anda tentunya ingin mempertahankan keamanan dan kenyamanan berkendara menggunakan mobil operasional. Mobil dengan kondisi yang baik mengurangi risiko terjadinya kecelakaan karena mobil yang tidak terawat.

Makin jauh jarak yang ditempuh oleh mobil operasional, maka komponennya juga makin rentan aus. Kondisi mobil terlihat baik-baik saja tampak luar, tetapi bukan jaminan bahwa perjalanan akan berjalan mulus. Mobil yang terawat juga meminimalkan terjadinya kecelakaan kerja pada karyawan.

Selain itu, kenyamanan juga perlu diperhatikan. Misalnya kalau Anda seorang pemilik usaha rental mobil. Tentu mobil dengan tingkat kenyamanan tinggi lebih disukai konsumen. Pelanggan yang puas akan pelayanan dan armada yang Anda miliki kemungkinan besar akan kembali lagi menyewa di rental Anda.

Komponen yang berpengaruh terhadap kenyamanan antara lain sistem pendingin, suspensi, rem, ban mobil, dan sebagainya.

6. Menekan biaya operasional

Servis berkala mobil juga bisa mendeteksi kerusakan secara lebih dini. Sehingga Anda bisa mengantisipasi pengeluaran di kemudian hari. Seperti yang sudah dibahas bahwa servis rutin bisa meminimalkan pengeluaran dibandingkan dengan melakukan perbaikan akibat komponen rusak yang diabaikan terlalu lama.

Baca juga: Pertimbangan Saat Memilih Bengkel Servis Berkala Terpercaya

7. Menjaga Harga Jual Mobil

Terkadang perusahaan Anda butuh mobil keluaran terbaru demi kelancaran bisnis. Jadi, mungkin Anda butuh menjual mobil operasional yang sudah dipakai sekitar 5 tahun ke atas. Agar harga jual mobil bisa dipertahankan, maka mobil perlu dirawat secara rutin.

Ketika menjual mobil, pembeli biasanya ingin melihat catatan perawatan sebelum membeli. Mobil bekas yang rajin dirawat di bengkel tepercaya akan memberikan nilai lebih kepada calon pembeli. Hal ini juga perlu Anda cermati ketika ingin beli mobil bekas untuk mobil operasional perusahaan.

8. Umur mobil lebih tahan lama

Mobil adalah salah satu aset yang mengalami penyusutan nilai. Makin lama nilainya makin menurun. Kondisinya juga tidak sebaik ketika beli baru. Oleh sebab itu butuh perawatan rutin untuk mempertahankan usia pakai mobil. Jadi, Anda tidak hanya menjadikan mobil operasional sebagai penunjang operasional, tetapi juga investasi.

Itu dia pentingnya servis berkala mobil bagi kelancaran operasional perusahaan.

Otoklix for Business bisa membantu Anda dalam melakukan servis berkala mobil operasional. 

Anda bisa memakai layanan Otoklix for Business untuk menghemat biaya servis rutin mobil. Selain harga servisnya kompetitif, Otoklix juga akan memberikan pengingat jadwal servis rutin. Mobil yang diservis rutin bisa menekan cost perawatan.

Otoklix for Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!

Pertanyaan Seputar Servis Berkala Mobil


Servis berkala yang dilakukan pada mobil antara lain ganti oli dan filternya, ganti aki, filter udara dan AC, kampas rem dan minyak rem, spooring dan balancing, hingga pengecekan ban, kaki-kaki, dan kelistrikan mobil.


Servis berkala mobil dilakukan tiap 5.000 km hingga 10.000 km, atau sekitar 3-4 bulan hingga 6 bulan sekali. Biasanya yang dilakukan adalah ganti oli mesin dan filter oli.


Servis berkala kelipatan 40.000 meliputi penggantian minyak rem, minyak kopling, oli gardan, oli mesin, oli transmisi, filter udara, hingga filter oli. Kemudian pada 10.000 km berikutnya akan dilakukan pengecekan dan perawatan berkala yaitu ganti oli dan filter oli, tune up, spooring dan balancing roda.