Membangun bisnis tidak terlepas dari meningkatkan citra perusahaan. Pasalnya, reputasi baik dan citra yang positif akan berdampak pada segala aspek. Citra yang bagus akan membuat bisnis bisa bersaing secara sehat dan signifikan. 

Selain melakukan branding seperti pada umumnya, yaitu melalui offline maupun digital, ternyata kondisi mobil operasional yang baik dan selalu prima juga berkontribusi terhadap peningkatan citra perusahaan.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!
Banner

Baca juga: Manfaat Servis Berkala Mobil bagi Operasional Perusahaan

Mengapa kondisi mobil operasional bisa memengaruhi citra bisnis? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Memahami Citra Positif Perusahaan

Sebelum membahas bagaimana kondisi mobil operasional bisa berdampak terhadap citra perusahaan, kita akan membahas apa itu citra positif perusahaan. Selain itu juga Otoklix akan membahas fungsi citra positif perusahaan.

Pengertian Citra Perusahaan

Citra perusahaan adalah persepsi atau reputasi yang dimiliki sebuah perusahaan di mata publik, pelanggan, maupun pemangku kepentingan lainnya. Citra yang terbentuk meliputi integritas, kualitas produk, keandalan, keunggulan layanan, tanggung jawab sosial perusahaan, dan juga kemampuan perusahaan dalam memenuhi harapan pelanggan.

Citra positif berperan penting dalam membentuk persepsi perusahaan Anda. Di antaranya untuk memengaruhi keputusan pembelian oleh pelanggan, datangnya dukungan investor, hingga hubungan baik dengan mitra bisnis.

Citra perusahaan yang baik bisa menarik pelanggan lebih banyak. Sehingga Anda bisa meningkatkan harga, produk, dan layanan. Citra yang positif juga bisa membuat pelanggan makin loyal, membuka akses ke pasar yang baru, hingga menarik bakat terbaik dalam seleksi karyawan untuk perusahaan.

Sejumlah hal ini tentunya jadi faktor yang sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!

Fungsi Citra Positif Perusahaan

Berbagai fungsi citra perusahaan yang positif antara lain sebagai berikut.

  1. Menarik pelanggan baru.
  2. Meningkatkan loyalitas pelanggan lama.
  3. Menarik investor untuk melakukan investasi.
  4. Menarik bakat terbaik dalam industri.
  5. Berpengaruh terhadap regulasi dan kebijakan pemerintah.
  6. Bisa mengatasi krisis dengan lebih baik.
  7. Mengoptimalkan harga dan keuntungan yang didapat.

Baca juga: 4 Peran HR/GA dalam Manajemen Kendaraan Perusahaan

Strategi Meningkatkan Citra Positif Perusahaan

Pentingnya fungsi citra positif bagi perusahaan membuat Anda sebagai pemilik bisnis perlu merancang strategi untuk membangun citra positif. Mulai dari segi kualitas produk, pelayanan, hingga melakukan jejaring agar terhubung dengan komunitas.

Namun, hal utama yang akan kita bahas adalah bagaimana mobil operasional yang terpelihara dengan baik bisa meningkatkan citra perusahaan. 

1. Pelayanan yang unggul kepada pelanggan

Pelayanan adalah salah satu aspek penting untuk meningkatkan reputasi positif di masyarakat. Respons yang cepat akan membuat pelanggan merasa dihargai dan diperhatikan. Salah satu cara memberikan respons yang cepat adalah menyediakan mobil operasional dengan kondisi prima.

Salah satu contohnya adalah apabila perusahaan Anda bergerak di bidang kesehatan. Maka, pelayanan yang cepat akan sangat berdampak bagi pasien dalam kondisi kritis.

2. Membangun kemitraan yang baik

Berbisnis bukan hanya hubungan antara perusahaan sebagai pihak penyedia barang maupun jasa dengan pelanggan. Namun, berbisnis juga perlu strategi dalam membangun kemitraan yang baik. Bekerja sama dengan mitra bisnis yang juga punya reputasi baik akan memberikan dampak positif pula kepada citra perusahaan Anda.

Melakukan kemitraan bisa membawa keuntungan bagi perusahaan, antara lain memperluas jangkauan dan juga menciptakan kesan positif di masyarakat. Salah satu cara menjalin kemitraan yang baik adalah dengan menunjukkan bahwa perusahaan Anda bisa datang tepat waktu. Faktor pendukungnya adalah mobil operasional yang terawat.

Terkadang, suatu bisnis juga dilihat dari aset yang dimiliki. Mobil yang terawat akan terlihat sedap dipandang. Sehingga bisa menciptakan citra positif bagi perusahaan.

Baca juga: Kiat Memilih Vendor Layanan Kendaraan untuk Perusahaan Anda

3. Hadir dalam kegiatan komunitas

Salah satu cara menjalin kemitraan yang baik adalah dengan menghadiri kegiatan komunitas. Acara komunitas atau industri bisnis bisa meningkatkan keterlibatan, sehingga perusahaan lebih dikenal. Hadir di kegiatan komunitas juga bisa memperbesar peluang perusahaan berinteraksi dengan pelanggan dan masyarakat secara langsung. Sehingga koneksi lokal lebih kuat.

Cara agar bisa menghadiri kegiatan komunitas antara lain menjaga kondisi mobil operasional tetap dalam keadaan prima. Mobil yang berfungsi dengan baik bisa mengantarkan Anda ke berbagai tempat penting untuk berkumpul dengan komunitas.

4. Terlibat aktif dengan pemangku kepentingan

Urusan bisnis tidak terlepas dari regulasi pemerintah. Kalau kita mau berbisnis dengan aman dan nyaman di Indonesia, ada sejumlah aturan yang perlu dipenuhi. Ini juga jadi salah satu cara meningkatkan citra positif perusahaan.

Untuk menjalin keterlibatan aktif dengan pemangku kepentingan seperti pemerintah, mitra bisnis, maupun pemasok, Anda butuh mobilitas yang lancar. Oleh sebab itu, rawat kendaraan operasional secara rutin agar kondisinya selalu terjaga.

5. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility CSR)

Suatu hal penting bagi perusahaan yang beroperasi berdampingan dengan masyarakat untuk memastikan hubungan baik dengan masyarakat. Apalagi kalau bisnis Anda menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat.

CSR bisa jadi salah satu cara meningkatkan citra perusahaan. Anda bisa melakukan dukungan untuk lingkungan, komunitas, atau penyebab sosial. Salah satunya adalah berkontribusi positif untuk mobilitas masyarakat.

6. Kualitas produk

Memastikan produk berkualitas sampai ke tangan konsumen adalah salah satu hal paling penting untuk membangun citra perusahaan yang positif. Jangan sampai produk terlanjur basi karena ada masalah pada distribusi.

Oleh sebab itu, pastikan mobil operasional bekerja dengan baik. Kalau sampai mobil operasional tiba-tiba mogok di jalan, maka bisa mengganggu kelancaran distribusi produk. Risikonya produk bisa basi. 

Itu dia cara meningkatkan citra perusahaan dengan merawat kendaraan operasional. Pastikan selalu melakukan servis rutin di bengkel tepercaya.

Otoklix for Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!

Pertanyaan Seputar Citra Perusahaan


Citra perusahaan adalah hasil dari kumpulan proses yang mana konsumen membandingkan berbagai atribut dari sejumlah perusahaan. Konsumen membuat persepsi yang bersifat subyektif tentang perusahaan dan segala aktivitasnya.


Citra perusahaan dibentuk setelah objek sasaran yaitu calon konsumen dan masyarakat menerima dan memahami informasi tentang perusahaan.


Cara mempertahankan reputasi baik sebuah perusahaan adalah mengidentifikasi masalah terkait reputasi, memanfaatkan media sosial, dan layanan yang responsif.