Menjaga mobil tetap bersih adalah salah satu bentuk perawatan mobil supaya komponennya tidak cepat berkarat atau dihinggapi noda membandel. Bodi mobil yang jarang dibersihkan bisa membuatnya berkerak hingga berkarat. Selain itu, jarang cuci mobil juga bikin mobil kita kelihatan dekil. Sehingga, kita perlu rutin melakukan cuci mobil.

Apa saja jenis-jenis cuci mobil?

Jenis-Jenis Usaha Cuci Mobil

Zaman sekarang, usaha cuci mobil tersedia dalam beberapa jenis. Ada cuci mobil manual, hidrolik, bahkan hingga otomatis. Apa perbedaannya? Berikut ulasannya.

1. Cuci mobil hidrolik

Cuci mobil hidrolik biasanya tersedia di tempat-tempat steam mobil. Hidrolik adalah metode mencuci mobil dengan mengangkat mobil menggunakan alat khusus. Dengan mengangkat mobil, proses cuci mobil bisa lebih maksimal.

Menggunakan mesin semprot steam membuat kotoran cepat rontok, baik di bodi mobil maupun di kolong mobil. Bagian bawah mobil ini rentan keropos karena mudah dibersihkan. Cara cuci mobil ini efektif untuk membersihkan mobil saat musim penghujan karena kolong mobil sering terkena genangan air.

2. Cuci mobil otomatis

Jenis usaha cuci mobil ini sempat populer pada tahun 2000-an. Jenis cuci mobil ini menggunakan robot, tidak lagi menggunakan tenaga manusia. Mesin ini otomatis menyemprot air dan sabun pada mobil.

Air sabun ini akan disemprotkan otomatis kemudian juga mesin robot akan menggosok secara otomatis. Sehingga kotoran pada bodi mobil bisa rontok. Langkah selanjutnya adalah proses pengeringan. 

Dengan menggunakan cuci mobil otomatis, kita tidak perlu keluar dari dalam mobil selama mobil dibersihkan. Harga cuci mobil otomatis ini biasanya lebih mahal dibandingkan dengan jenis cuci mobil biasa karena dianggap praktis dan hemat waktu. Namun, cuci mobil otomatis tidak bisa membersihkan bawah mobil secara maksimal.

3. Cuci mobil manual

Jenis usaha cuci mobil yang terakhir adalah cuci mobil manual. Ini adalah jenis paling umum dan paling mudah ditemukan karena tidak memerlukan alat yang rumit. Biasanya yang digunakan pada cuci mobil manual adalah alat pompa bertekanan tinggi yang dioperasikan manual oleh manusia.

Harga untuk ketiga jenis cuci mobil di atas berkisar sebagai berikut.

Jenis Cuci MobilHarga
Cuci manualRp35 ribu – Rp50 ribu
Cuci manual hidrolikRp40 ribu – Rp70 ribu
Cuci mesin otomatisRp50 ribu – Rp100 ribu
Cuci robotikRp 50 ribu – Rp125 ribu

Promo Cuci Mobil Khusus di Bengkel Otoklix Plus Depok

Selain menyediakan servis mobil yang lengkap, seperti ganti oli, ganti aki, servis AC, rem, ganti ban, tune up, servis berkala, detailing, bengkel Otoklix juga menyediakan servis cuci mobil.

Khusus di bengkel flagship Otoklix Plus Depok pada periode 12 Juni 2023 – 31 Juli 2023, ada harga khusus untuk wash lite atau cuci mobil manual. Harga normalnya adalah Rp35 ribu. Khusus periode tersebut, OtoFriends cuma perlu bayar Rp25 ribu untuk sekali cuci mobil.

Cara booking servis di bengkel Otoklix Plus Depok adalah memasang aplikasi yang diunduh dari PlayStore. Booking servis juga bisa dilakukan dengan menghubungi WhatsApp OtoBuddy di 0811-920-025.

Selain Otoklix Plus Depok, bengkel Otoklix juga tersedia di beberapa wilayah Jabodetabek. Telah ada 50.000+ kendaraan yang mempercayakan servisnya di bengkel Otoklix. Kualitas servis di bengkel Otoklix terstandarisasi dan dijamin spare part-nya asli.