Perawatan kendaraan kantor secara berkala perlu dilakukan untuk menjaga performa kendaraan perusahaan supaya tetap memiliki performa terbaik sekalipun sering digunakan setiap hari sebagai penunjang aktivitas bisnis perusahaan.

Usia ideal pemakaian kendaraan umumnya 3 tahun, namun bila pemilik kendaraan rutin melakukan perawatan dan servis mobil secara berkala maka dapat memperpanjang usia pemakaian kendaraan hingga 5 tahun. Dengan usia panjang tersebut, akan menguntungkan bagi perusahaan.

Sebelum menyusun SOP perawatan kendaraan perusahaan, sebaiknya ketahui terlebih dulu apa saja langkah-langkah perawatan kendaraan kantor berikut ini. 

Baca juga: SOP Perawatan Mobil Dinas Terlengkap dan Tips Memilih Bengkel

1. Konsumsi BBM yang Benar

Pemeliharaan kendaraan adalah aktivitas merawat kendaraan rutin secara berkala untuk memastikan performa setiap komponen mobil dalam keadaan stabil. Mempertimbangkan penggunaan bahan bakar yang tepat juga bagian dari pemeliharaan kendaraan. Mengapa demikian?

Sebab penggunaan BBM dapat mempengaruhi proses kondisi mesin. Sangat disarankan menggunakan BBM sesuai dengan nilai oktan yang disarankan. Anda dapat mengetahuinya dengan melihat rasio kompresinya atau melihat di buku panduan atau buku manual kendaraan yang dibekali produsen mobil saat Anda membeli kendaraan.

2. Rutin Ganti Oli

Mobil memiliki sistem pelumasan khusus untuk meredam gaya gesekan antar komponen mesin saat terjadi proses pembakaran mesin sekaligus menjadi sistem pendinginan mesin tersebut, membersihkan dan mencegah kerak mengendap di komponen mesin mobil.

Masalahnya, kualitas dan volume oli mobil bisa menurun saat proses pembakaran mesin berlangsung. Karenanya oli harus diganti rutin secara berkala agar terhindar dari kotoran mengendap dan karat pada komponen mesin.

Untuk mengetahui waktu yang tepat mengganti oli mobil dengan melihat indikator yang tertera di dasbor mobil. Apabila lampu indikator oli telah menyala, itu artinya kondisi oli menurun sehingga Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Bahkan disarankan sebelum lampu indikator tersebut menyala, pemilik kendaraan sudah mengganti oli. Anda bisa lihat rekomendasi waktu penggantian oli mobil melalui buku manual. 

Umumnya ada 2 cara untuk mengetahui waktu ideal ganti oli, yakni bila kendaraan telah menempuh jarak setiap 10.000 kilometer atau usia pakai kendaraan 6-12 bulan. Apabila salah satu waktu tersebut telah terpenuhi, misalnya kendaraan telah menempuh jarak 10.000 kilometer maka segera ganti oli mobil.

Adapun jenis oli yang perlu diganti selain oli mesin mobil yakni ada oli atau pelumasan pada sistem pengereman dan power steering.

Baca juga: Tips Pemeliharaan Kendaraan Dinas, Pastikan Selalu Prima

3. Periksa Kondisi Aki Mobil

Aki mobil termasuk salah satu komponen mobil yang krusial untuk mengoperasikan kendaraan. Aki mobil menjadi tempat penyimpan energi listrik yang dibutuhkan komponen elektrik pada mobil seperti lampu mobil, hingga sistem audio.

Dalam proses pembakaran, ruang pembakaran membutuhkan aki untuk memicu api yang dibutuhkan ruang pembakaran untuk membakar bensin sehingga menghasilkan tenaga untuk menggerakkan kendaraan.

Sama seperti komponen mobil lainnya, kualitas aki mobil dapat menurun sejalan dengan pemakaiannya. 

Usia ideal pemakaian aki mobil berkisar 2-3 tahun tergantung pemakaian. Bila sudah melewati usia pakai tersebut maka kualitas aki bisa menurun, kemampuannya dalam menyimpan listrik akan berkurang sejalan dengan pemakaian aki.

Oleh karena itu, dengan rutin melakukan perawatan kendaraan kantor maka Anda dapat mengetahui kondisi aki dan mengganti komponen tersebut bila sudah menurun kualitasnya.

4. Periksa Kondisi Sistem Pengereman

Sistem pengereman termasuk fitur keselamatan dan keamanan kendaraan yang dibekali produsen mobil. Sebab, bila sistem pengereman menurun maka potensi kecelakaan semakin tinggi. Pengemudi dan penumpang pun merasa terancam keselamatannya.

Untuk mobil baru, waktu pemeriksaaan rem kendaraan biasanya mengikuti jadwal servis yang telah ditetapkan produsen mobil. Adapun beberapa kegiatan servis rem meliputi ganti minyak lengkap dengan saringannya.

5. Periksa Kondisi Air Radiator dan Cairan Lain

Selain oli mobil, terdapat cairan khusus lain yakni air radiator yang membantu sistem pendinginan pada mesin mobil. Di dalam komponen air radiator terdapat air atau yang lebih populer saat ini coolant yang membantu proses pendinginan mesin mobil.

Melalui aktivitas perawatan ini, pemilik kendaraan dapat mengetahui volume air atau coolant pada air radiator sehingga perlu diganti atau ditambah lagi.

Selain air radiator, ada cairan lainnya misalnya air yang digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Cairan tersebut juga perlu diperiksa kondisinya secara berkala.

Baca juga: 5 Tips Pengelolaan Mobil Kantor Agar Berfungsi Maksimal

6. Proteksi Tambahan untuk Kendaraan Kantor

Untuk memproteksi kendaraan Anda, sebaiknya lengkapi perawatan kendaraan kantor perusahaan Anda dengan program khusus Otoklix for Business dari Otoklix.

Layanan unggulan Otoklix, Otoklix for Business, bantu perusahaan merawat kendaraan operasional perusahaan. Informasi lebih lanjut download aplikasi Otoklix atau hubungi OtoBuddy melalui WhatsApp 0811-920-025.

Perusahaan akan untung bila melakukan kerja sama dengan bengkel profesional yang dapat membantu merawat kendaraan operasional perusahaan.

Bengkel Otoklix melalui Otoklix for Business menawarkan layanan servis mobil operasional untuk mengurangi tugas karyawan yang bertanggung jawab merawat kendaraan perusahaan. Berbagai layanan dengan SLA dan manajemen servis mobil perusahaan lebih efisien lagi.

Otoklix menawarkan biaya dan harga servis yang kompetitif dan transparan yang bisa Anda lihat melalui aplikasi Otoklix.

Pertanyaan Seputar Perawatan Kendaraan Kantor :


Pemeliharaan kendaraan adalah aktivitas merawat kendaraan rutin secara berkala untuk memastikan performa setiap komponen mobil dalam keadaan stabil.


Cara perawatan kendaraan kantor secara berkala pada kendaraan antara lain menggunakan BBM sesuai nilai oktan, rutin mengganti oli, memeriksa kondisi aki mobil, sistem pengereman mobil, kondisi air radiator dan melengkapi proteksi tambahan untuk kendaraan kantor.


Jenis-jenis perawatan kendaraan antara lain ganti oli mobil, ganti aki mobil, memeriksa tekanan ban mobil, hingga servis tune up.