Tugas customer service bank dan teller berbeda. Tugas teller bank memberikan pelayanan kepada nasabah yang akan melakukan transaksi, sedangkan tugas customer service adalah memberikan informasi berkaitan dengan perbankan dan mengurus administrasi nasabah.

Kedua petugas ini merupakan garda terdepan industri perbankan sekaligus sebagai jembatan antara perusahaan perbankan dan nasabah pemilik rekening.

Banner

Tugas customer service (CS) yang paling utama adalah berkomunikasi dan membangun hubungan kepercayaan dengan pelanggan agar mereka mau membeli produk atau jasa kita. Khusus pada artikel ini akan membahas secara spesifik tugas customer service bank lengkap dengan syarat menjadi CS bank dan gajinya.

Baca juga: Cuti Tahunan Berkurang Apabila Karyawan Mangkir, Cek Aturannya

Tugas Customer Service Bank

Setiap tahunnya selalu ada lowongan pekerjaan untuk customer service bank. Berbeda dengan tugas teller bank yang sedikit berinteraksi dan berkomunikasi dengan nasabah.

Customer service bank memiliki peran penting untuk memberikan knowledge kepada calon nasabah atau nasabah tentang produk yang dimiliki perusahaan perbankan tersebut.

Karenanya, customer service bank harus memahami seluruh produk perbankan mulai dari tabungan, deposito, kredit hingga produk investasi. Secara spesifik, berikut ini tugas customer service bank.

1. Melayani Kebutuhan Nasabah

Tugas customer service yang paling utama adalah melayani semua kebutuhan nasabah terkait produk atau jasa yang tersedia di perusahaan perbankan. Misalnya saja membantu nasabah yang ingin membuka rekening tabungan, deposito, investasi, hingga nasabah yang mengajukan kredit.

Oleh karena itu, seorang customer service harus melengkapi dirinya dengan pengetahuan seputar produk dan jasa pelayanan perusahaan perbankan.

2. Membantu Pembukaan, Pemblokiran hingga Penutupan Rekening Nasabah

Melanjutkan tugas utama customer service bank di atas, secara detail dijelaskan bahwa nasabah yang akan melakukan pembukaan rekening baru, baik rekening tabungan hingga rekening giro, bisa melakukannya di customer service.

Selain itu, bila Anda berniat untuk memblokir atau menutup akun rekening tersebut karena satu dan lain alasan maka Anda bisa meminta customer service melakukannya. 

Khusus untuk penutupan rekening nasabah tertentu yang dilakukan pihak ketiga atau atas dasar pelaporan tertentu seperti laporan penipuan maka Anda harus menyertakan dokumen penting yang valid.

3. Mencetak Rekening Koran, Bilyet Giro dan Cek

Sebelum adanya aplikasi perbankan yang mudah diakses nasabah di mana saja, customer service bertugas memberikan informasi kepada nasabah mengenai jumlah saldo pada rekeningnya melalui pencetakan rekening koran. 

Meskipun sedikit, tetapi Anda yang ingin mencetak rekening koran masih bisa dilakukan di kantor perbankan cabang terdekat.

Dokumen lain yang bisa dicetak dan diterbitkan melalui customer service antara lain cek, bilyet giro, inkaso, surat referensi bank, dan beberapa dokumen penting lainnya.

4. Menangani Urusan Administrasi Nasabah

Pemberkasan yang berkaitan dengan administrasi nasabah juga menjadi tugas customer service bank. Urusan administrasi yang dimaksud seperti kebutuhan membuat nota pasca transaksi atau mencetak buku tabungan nasabah.

5. Menawarkan Bantuan dan Solusi Berdasarkan Masalah Nasabah

Sama seperti customer service pada umumnya yang wajib memberikan tawaran untuk membantu nasabah yang sedang kesulitan dan memberikan solusi-solusi untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Umumnya persoalan yang sering dihadapi nasabah adalah kartu ATM rusak atau tertelan mesin ATM sehingga nasabah perlu menerbitkan kartu ATM baru atau aplikasi perbankan yang sulit dibuka.

6. Membangun dan Menjaga Hubungan Kepercayaan yang Baik dengan Nasabah

Tugas customer service bank yang terakhir adalah membangun dan menjaga hubungan, interaksi dan komunikasi dengan nasabah sehingga terbangunnya rasa kepercayaan nasabah terhadap perusahaan perbankan.

Untuk mendapatkan kepercayaan dari nasabah yang akan menyimpan uang di perusahaan perbankan cukup sederhana yakni pelayanan customer service yang ramah dan solutif terhadap kebutuhan nasabah.

Baca juga: Ini Referensi dan Contoh Slip Gaji Karyawan Terlengkap!

Syarat dan Skill Menjadi Customer Service di Perusahaan Perbankan

Walaupun ada banyak lowongan pekerjaan sebagai customer service bank dan ada banyak para pelamar yang melamar di posisi tersebut, akan tetapi persyaratannya cukup ketat. 

Gak mudah menjadi seorang customer service. Hal ini lantara customer service merupakan garda terdepan perusahaan perbankan untuk mendapatkan kepercayaan nasabah. Oleh karena itu, dalam memilih seorang customer service diperlukan kriteria khusus. 

Adapun syarat dan kriteria untuk menjadi customer service antara lain:

  • Memiliki berat badan dan tinggi ideal, untuk wanita minimal 160 cm dan pria 165 cm.
  • Memiliki penampilan yang menarik, rapi, dan bersih.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, seperti ramah, penuh senyum, dan bersikap akrab dengan nasabah atau calon nasabah.
  • Memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi.
  • Memiliki sikap tenang, tekun, sopan santun, dan menghormati lawan bicara.
  • Memiliki pendidikan minimal jenjang diploma.
  • Memiliki usia maksimal 25 tahun.

Sementara itu, skill yang harus dimiliki customer service perbankan diklasifikasikan ke dalam 2 skill yakni hard skill dan soft skill. 

Hard skill yang harus dimiliki customer service yakni kemampuan mengoperasikan komputer dan beberapa software yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan nantinya.

Adapun kemampuan soft skill yang wajib dimiliki customer service perbankan yakni kemampuan berkomunikasi dan berbahasa yang benar dan baik, kemampuan beradaptasi guna menghadapi berbagai karakter nasabah, memiliki kemampuan manajemen waktu dan emosi, rasa empati kepada orang lain hingga solutif dan problem solving.

Baca juga: Gaji Karyawan Termasuk ke Dalam Biaya Apa Saja?

Berapa gaji customer service di bank?

Ada banyak para pelamar yang melamar pekerjaan sebagai customer service bank. Dengan penampilan yang cantik, kepandaian berbicara dan berkomunikasi serta pengetahuannya tentang dunia perbankan, sebenarnya berapa gaji customer service di bank?

Minimal gaji customer service di bank mulai dari Rp2,5 juta tergantung dari UMR domisili kantornya. Selain itu, angka tersebut juga belum termasuk tunjangan-tunjangan lainnya yang berlaku berbeda untuk masing-masing perusahaan perbankan.

Kendati terlihat kecil, namun jenjang karir customer service cukup menjanjikan dan menggiurkan. 

Pasalnya bagi para customer service yang sudah memiliki banyak pengalaman kerja sebagai customer service bank bisa mengajukan kenaikan posisi menjadi marketing, analis kredit, hingga kepala cabang. Karenanya, gak jarang banyak para pelamar fresh graduated yang mengincar pekerjaan ini.

Demikianlah uraian tugas customer service bank lengkap dengan syarat menjadi customer service dan skill wajib yang harus dimiliki customer service bank.

Di samping Anda memperhatikan pelayanan dan kepuasan pelanggan Anda, Otoklix akan membantu memperhatikan dan merawat kondisi kesehatan mobil perusahaan Anda melalui layanan Otoklix for Business.

Bengkel Otoklix menjamin tim mekanik yang tersedia merupakan tenaga profesional, peralatan bengkel terlengkap dan keaslian spare part setara OEM.

Layanan unggulan hanya untuk pelanggan Otoklix for Business antara lain Emergency Handling, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis untuk lokasi tertentu, dasbor service online untuk merekam seluruh riwayat servis mobil hingga fleksibilitas metode pembayaran bisa dilakukan secara online atau di bengkel.

Segera daftarkan mobil perusahaan Anda pada layanan Otoklix for Business di Otoklix. Untuk informasi selanjutnya bisa unduh aplikasi Otoklix atau melalui layanan OtoBuddy 0811-920-025.

Pertanyaan Seputar Tugas Customer Service Bank :


Tugas customer service bank antara lain melayani kebutuhan nasabah atau calon nasabah perbankan, membantu pembukuan, pemblokiran hingga penutupan rekening nasabah, mencetak dokumen penting seperti bilyet giro, cek dan rekening koran, menawarkan dan memberikan solusi hingga menjalin hubungan kepercayaan dengan nasabah.


Customer service bank memiliki peran penting untuk memberikan knowledge kepada calon nasabah atau nasabah tentang produk yang dimiliki perusahaan perbankan tersebut. Karenanya, customer service bank harus memahami seluruh produk perbankan mulai dari tabungan, deposito, kredit hingga produk investasi. Secara spesifik, berikut ini tugas customer service bank.


Minimal gaji customer service di bank mulai dari Rp2,5 juta tergantung dari UMR domisili kantornya. Selain itu, angka tersebut juga belum termasuk tunjangan-tunjangan lainnya yang berlaku berbeda untuk masing-masing perusahaan perbankan.