Bagaimana cara meningkatkan efisiensi dan efektivitas program kesejahteraan karyawan agar memberi dampak positif dan menguntungkan untuk perusahaan?

Ada banyak indikator kesejahteraan karyawan selain memperhatikan kesehatan karyawan. Beberapa di antaranya yaitu menjamin kesehatan anggota keluarga karyawan, menjamin hari tuanya hingga jaminan kesempatan memiliki rumah idaman.

Tujuan program kesejahteraan karyawan sendiri untuk meningkatkan produktivitas kinerja karyawan dengan mengurangi sebagian beban hidupnya. Namun, gimana caranya membuat program kesejahteraan karyawan semakin efisien dan efektif?

Banner

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis.

Cara Membuat Program Kesejahteraan Karyawan Efektif dan Efisien

Adapun metode yang digunakan untuk membuat dan menerapkan program kesejahteraan karyawan jadi lebih efektif dan efisien di antaranya sebagai berikut.

1. Mencari Tahu Keluhan Karyawan Secara Langsung

Langkah pertama sebagai HRD untuk mengetahui program karyawan yang seperti apa yang dibutuhkan karyawan adalah dengan bertanya langsung kepada karyawan itu sendiri.

Cari tahu apa keluhan mereka selama bekerja di perusahaan, apakah lingkungan kantor yang kurang kondusif karena kurangnya ruangan, beban kerja yang begitu berat hingga sulitnya mencari makan siang yang ramah kantong.

Sebab, kesejahteraan karyawan tidak melulu berbicara tentang memberikan proteksi dari segi kesehatan untuk karyawan dan anggota keluarganya.

2. Melakukan Survei

Apabila tidak memungkinkan untuk berinteraksi secara langsung, maka Anda bisa menggunakan survei sebagai alat untuk mengetahui apa kendala dan keluhan karyawan tersebut. Anda bisa membuat survei yang disebarkan secara langsung atau sistematis secara online.

Baca juga: Alasan dan Tujuan Perawatan Kendaraan Operasional

3. Merancang Program Kesejahteraan Berdasarkan Survei

Setelah mengumpulkan semua survei, selanjutnya mulai menganalisis kebutuhan karyawan melalui hasil riset tersebut.

Misalnya saja karyawan persoalan sulit mencari makan siang yang murah di sekitar kantor, maka Anda bisa membuat program kesejahteraan dengan memberikan makan siang untuk karyawan. Dengan begitu, karyawan tak perlu menghabiskan waktu untuk mencari makanan yang murah di sekitar kantor.

Jadikan seluruh informasi di dalam survei tersebut menjadi tolok ukur Anda dalam merencanakan program kesejahteraan agar tepat sasaran dan semakin efektif.

4. Menjadikan Hasil Survei sebagai Tolok Ukur Fasilitas untuk Karyawan

Termasuk bila karyawan membutuhkan fasilitas-fasilitas khusus lainnya untuk menunjang aktivitas dan kinerja mereka sehari-hari.

Sebagai contoh saat seorang karyawan membutuhkan kamera terbaru untuk memudahkan pengambilan gambar dan video guna menghasilkan konten marketing terbaik. Maka Anda bisa membantu karyawan tersebut untuk mengajukan fasilitas tambahan kepada perusahaan.

5. Mengevaluasi Program Kesejahteraan

Prosedur terakhir untuk memastikan bahwa program kesejahteraan untuk karyawan yang sudah dibuat telah tepat sasaran dan efektif adalah dengan melakukan evaluasi.

Apakah program tersebut menghabiskan biaya bagi perusahaan namun meningkatkan kinerja karyawan? Atau justru sebaliknya,menghabiskan biaya untuk perusahaan tetapi kinerja karyawan menurun?

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis.

Mengenal Definisi Program Kesejahteraan Karyawan dan Manfaatnya

Program kesejahteraan karyawan merupakan program khusus yang dibuat perusahaan untuk memberi dukungan kepada karyawan guna meningkatkan kinerjanya selama bekerja.

Adapun bentuk dukungan yang dimaksud bukan hanya dalam bentuk pemberian gaji bulanan saja melainkan dari sisi kesehatan jasmani, rohani, kesehatan mental karyawan hingga mendukung karyawan dari segi ekonomi.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kestabilan kesejahteraan karyawan di antaranya gaji bulanan, lingkungan dan rekan kerja, peralatan pendukung kerja, jam kerja, akses pekerjaan hingga persoalan perekonomian.

Manfaat merancang dan membuat program kesejahteraan untuk karyawan dengan matang agar lebih efektif dan efisien dalam mendukung kinerja karyawan di antaranya adalah:

  • Meningkatkan produktivitas karyawan untuk mencapai target bisnis dengan skill terbaiknya
  • Menjaga fokus karyawan selama bekerja
  • Mengikutsertakan karyawan dalam berbagai program perusahaan
  • Menghemat biaya kesehatan karena kondisi kesehatan karyawan terjamin selama bekerja
  • Meningkatkan jalinan kerja sama antar karyawan
  • Menurunkan angka turnover karyawan

Baca juga: Manfaat Servis Mobil Operasional dengan Otoklix For Business

Program Perawatan dan Pemeliharaan Mobil Perusahaan

Sejalan dengan perawatan semangat dan produktivitas kerja karyawan, perusahaan yang memiliki kendaraan operasional perusahaan khusus perlu mementingkan program pemeliharaan dan perawatan kendaraan.

Tujuan dari program pemeliharaan dan perawatan mobil perusahaan adalah untuk memastikan mobil dalam kondisi baik jika harus digunakan oleh karyawan demi kepentingan bisnis perusahaan.

Otoklix For Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda

Pertanyaan Seputar Program Kesejahteraan Karyawan :


Cara meningkatkan program kesejahteraan untuk karyawan di antaranya dengan mencari tahu keluhan karyawan secara langsung atau melalui survei, kemudian merancang program karyawan beserta fasilitas yang dibutuhkan berdasarkan survei tersebut lalu melakukan evaluasi.


Manfaat adanya program kesejahteraan untuk karyawan adalah produktivitas karyawan jadi meningkat, target bisnis akan tercapai, menjaga fokus karyawan selama bekerja, menghemat biaya kesehatan, meningkatkan jalinan kerja sama antar karyawan dan menurunkan angka turnover karyawan.


Program kesejahteraan karyawan merupakan program khusus yang dibuat perusahaan untuk memberi dukungan kepada karyawan guna meningkatkan kinerjanya selama bekerja.