Biaya cat mobil full body dan per panel di setiap bengkel berbeda-beda, di bengkel umum tentunya biayanya lebih murah dibandingkan dengan bengkel resmi.

Cat mobil full body atau per panel bertujuan untuk membuat tampilan mobil jadi kinclong dan seperti baru. Meskipun biayanya mahal, namun sepadan ya dengan hasilnya yang bagus. Mobil jadi tidak mudah mengalami korosi dan memperpanjang usia material mobil.

Sebelum melakukan cat mobil, sebaiknya cari bengkel yang terpercaya. Jangan sampai kamu tergiur dengan harga murah tapi kualitasnya asal-asalan.

Banner

Berikut ini informasi lengkap mengenai kisaran biaya cat mobil full body dan per panel di bengkel terbaru 2023. Simak, ya!

Baca juga: Catat! Daftar Bengkel Cat Mobil Terbaik di Jabodetabek

Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel

Biaya cat mobil full body di bengkel bisa berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti ukuran mobil dan kebijakan dari bengkel itu sendiri. 

Sebagai contoh, biaya cat mobil full body untuk mobil Avanza dan mobil Honda Brio pasti berbeda. Biaya untuk cat full body mobil Avanza bisa saja lebih mahal. 

Mengutip dari laman duitpintar.com, berikut ini estimasi biaya cat mobil full body di bengkel yang bisa OtoFriends jadikan referensi.

MobilHarga
Toyota AvanzaMulai dari Rp6 jutaan
Daihatsu XeniaMulai dari Rp6 jutaan
Honda MobilioMulai dari Rp6 jutaan
Honda BrioMulai dari Rp4 jutaan
Daihatsu AgyaMulai dari Rp4 jutaan
Toyota Kijang InnovaMulai dari Rp11 jutaan

 

Biaya cat mobil full body di bengkel resmi tentu bisa lebih mahal, bahkan selisihnya mencapai Rp3-4 jutaan. 

Baca juga: Berikut 14 Rekomendasi Cat Mobil Terbaik yang Bisa Dipilih

Biaya Cat Mobil Per Panel

Apabila cat mobil full body terlalu mahal, OtoFriends bisa mencicilnya dengan melakukan cat mobil per panel. Biayanya tentunya lebih murah, mulai dari Rp150 ribuan. 

Besarnya biaya cat mobil ini bergantung pada beberapa hal, yakni bagian mobil yang dicat, jenis cat mobil yang digunakan, dan juga jenis mobilnya.

Sebagai informasi, jenis cat mobil yang digunakan seperti polyurethane. Jenis cat mobil ini memiliki kualitas yang bagus dan harganya cukup mahal.

Lalu, ada cat mobil acrylic lacquer yang memiliki kualitas bagus tapi harganya terjangkau. Terakhir, ada cat mobil duco yang harganya paling murah tapi kualitasnya tidak terlalu bagus.

Berikut ini estimasi biaya cat mobil per panel dikutip dari laman duitpintar.com. Biaya ini bisa berubah-ubah, ya.

Panel MobilPolyurethaneAcrylic LacquerDuco Mobil
Bagian kabin atas mobilRp500 ribu-Rp800 ribuRp650 ribuRp150-350 ribu
Bagian pintu mobilRp300 ribu-Rp450 ribuRp350 ribuRp150 ribu-Rp350 ribu
Kap mesin dan bagasiRp400 ribu-Rp600 ribuRp350 ribu-Rp450 ribuRp150 ribu-Rp350 ribu
Spakbor atau fenderRp300 ribu-Rp450 ribuRp350 ribuRp150 ribu-Rp350 ribu
Bumper depan atau belakangRp300 ribu-Rp450 ribuRp350 ribuRp150 ribu-Rp350 ribu

 

Harga di atas tentunya bisa berubah-ubah dan berbeda di setiap bengkel, ya. Kamu bisa menanyakan terlebih dahulu pada bengkel. Atau, biar lebih praktis, OtoFriends bisa cek dulu harganya di Aplikasi Otoklix

Apakah Cat Mobil Bisa Pudar?

Meskipun terlihat kinclong saat pertama kali membeli mobil, ternyata cat mobil ini warnanya bisa pudar, loh! 

Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti sinar matahari, hujan, debu, dan polusi udara. Selain itu, mobil yang terlalu sering dicuci menggunakan sabun dengan bahan yang keras juga bisa merusak cat. 

Oleh karena itu, penting sekali merawat mobil dengan baik agar cat mobil tetap awet. Perawatan mobil tidak hanya seputar ganti oli saja, tetapi juga merawat bagian eksterior mobil. 

Baca juga: Catat! 7 Rekomendasi Rental Mobil Terbesar di Indonesia

Tips Agar Cat Mobil Tetap Awet

Untuk mencegah pudarnya cat mobil, ada beberapa langkah yang dapat diambil, antara lain:

1. Selalu Gunakan Penutup Mobil

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan oksidasi pada cat mobil, yang akhirnya menyebabkan pudarnya warna.

Jika memungkinkan, gunakan penutup mobil untuk melindungi cat dari paparan sinar matahari langsung dan elemen-elemen lainnya.

Pastikan juga rumah kamu sudah terpasang carport, ya, agar mobil terlindungi dari paparan sinar matahari langsung. 

2. Parkir di Tempat Teduh

Ketika memarkir mobil, usahakan untuk memilih tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung, seperti di dalam garasi atau di bawah naungan pohon.

Apabila memang tempat parkir lokasinya cukup gersang dan kamu akan memarkir dalam waktu lama, sebaiknya bawa penutup mobil untuk melindungi cat mobil. 

3. Cuci Mobil secara Teratur

Tips berikutnya adalah cuci mobil secara teratur dengan menggunakan sabun mobil yang lembut dan air bersih. 

Hindari penggunaan deterjen keras atau produk pembersih yang mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak cat.

Apabila belum masuk waktu jadwal cuci mobil, tetap rutin membersihkan mobil dari noda dan debu yang menempel, ya. Hal ini dilakukan agar cat tidak gampang rusak atau mengelupas.

4. Waxing dan Coating

Gunakan wax atau pengkilap khusus untuk mobil secara teratur. Ini membantu melindungi cat dari paparan sinar matahari dan elemen-elemen lingkungan lainnya.

Jika ada dana lebih, OtoFriends bisa melakukan coating mobil yang membuat cat mobil jadi lebih awet dan mengkilap dalam waktu lama. 

5. Perawatan Berkala

Lakukan perawatan cat mobil secara berkala dengan melakukan detailing profesional atau perbaikan cat jika diperlukan. Hal ini dapat membantu mempertahankan kualitas dan tampilan cat mobil.

OtoFriends bisa merawat cat mobil di bengkel Otoklix. Biaya layanan perawatan cat mobil juga cukup terjangkau dengan kualitas yang bagus. 

Seperti contoh, layanan detailing panel polishing mulai dari Rp149 ribu. Layanan ini berupa cuci mobil, pembersihan jamur pada cat mobil, dan juga paint correction.

Kalau mau lebih hemat sampai 50%, OtoFriends bisa booking lewat aplikasi Otoklix. Yuk, download sekarang dan dapatkan banyak benefit. 

Layanan detailing di bengkel Otoklix mulai dari Rp30 ribu aja! Mobil dijamin kinclong dengan jaminan garansi selama 14 hari. Download Aplikasi Otoklix dan booking sekarang juga!

Pertanyaan seputar Biaya Cat Mobil Full Body

Pengerjaan untuk cat full body biasanya memakan waktu hingga 10 hari.

Cat per panel adalah melakukan cat mobil per bagian mobil, seperti bagian bagasi, pintu mobil, atau hanya bagian atap mobil saja.

Fungsi cat mobil adalah untuk melapisi bagian body mobil agar terhindar dari karatan yang membuat tampilan mobil jadi tidak bagus.