Siapapun yang memiliki kendaraan pasti setuju bahwa rem adalah sistem keselamatan paling vital dalam sebuah kendaraan.

Pada dasarnya kendaraan dengan mesin yang bertenaga seharusnya dilengkapi dengan sistem rem yang sama tangguhnya. Namun, bukan berarti kendaraan tersebut bebas dari masalah rem blong.

    Ada beragam faktor yang bisa membuat rem blong. Misalnya kebocoran minyak hidrolik, kerusakan master rem, sampai terjadinya vapor lock.

    Sulit membayangkan berkendara dengan mobil atau motor yang mengalami masalah pada sistem pengereman sebab risiko kecelakaan pasti lebih tinggi.

    Penyebab Rem Blong

    Ada berbagai macam penyebab rem blong. Beberapa di antaranya adalah:

    • Terjadi Brake Fade

    Terjadi brake fade atau kerusakan pada kampas rem yang tidak bisa memberikan gesekan optimal untuk menghentikan laju mobil. Brake fade terjadi ketika suhu pada sistem pengereman mencapai tingkat yang sangat tinggi.

    Akibatnya material kampas rem meleleh dan tidak berfungsi seperti seharusnya. Hal ini terjadi ketika kendaraan OtoFriends melewati jalan turunan, terutama ketika membawa beban berat.

    • Master Rem Rusak

    Semakin sering kendaraan dipakai, kondisi master rem pun akan mengalami masalah atau kerusakan yang bisa membuat rem blong. Saat master rem dalam kondisi normal, pedal rem akan memberikan resistensi terhadap tekanan.

    Namun, jika pedal rem ditekan dengan mudah, itu merupakan indikasi serius yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh mekanik profesional.

    • Terjadi Vapor Lock

    Seperti cairan lainnya, minyak rem yang terdapat dalam kendaraan bisa mengalami perubahan bentuk.

    Penyebabnya adalah suhu panas dari sistem pengereman yang melewati ambang batas sehingga menyebabkannya mendidih dan membentuk gas atau gelembung udara.

    Situasi ini disebut vapor lock. Ketika ini terjadi, kamu akan merasakan injakan pedal rem seolah-olah mengunci.

    Ciri-Ciri Rem Blong

    Adapun ciri-ciri dari rem blong adalah:

    • Suara Gesekan

    Komponen yang mengalami keausan seperti kampas rem, seringkali menjadi penyebab rem blong. Keausan ini terjadi ketika kampas rem habis sehingga berdampak adanya gesekan antara piringan cakram dengan permukaan rem yang sudah tipis.

    • Rem Bergetar

    Getaran pada rem terjadi ketika sepatu rem mengeras atau terkena oli. Oli yang tidak dibersihkan dari rem akan menyebabkan rem blong.

    Selain itu, getaran juga bisa dihasilkan oleh piringan cakram yang tidak rata sehingga mengurangi tekanan ketika sedang dalam kondisi kerja berat.

    • Pedal Rem Terasa Ringan

    Hal ini terjadi ketika minyak rem sudah berkurang hingga hampir habis. Alhasil pijakan rem terasa ringan karena minyaknya tidak bisa meneruskan tekanan ke kampas rem. Kondisi ini juga biasa disebut sebagai kebocoran atau penumpukan udara dalam sistem rem.

    Cara Mengatasi Rem Blong

    penyebab rem blong

    Untuk menghindari rem blong, OtoFriends harus mengantisipasinya dengan beberapa cara berikut:

    • Pengecekan dan Penggantian Minyak Rem

    Jaga kinerja kendaraan dengan memeriksa minyak rem secara teratur. Pastikan volume minyak dalam master rem berada dalam rentang normal, transparan, dan bebas dari kontaminasi.

    Kamu pun harus rutin mengganti minyak rem setiap 24.000 km atau 2 tahun sekali dalam kondisi penggunaan normal.

    • Menggunakan Sparepart Asli

    Menggunakan sparepart asli juga merupakan faktor penting yang tidak boleh diabaikan. Kampas rem asli pabrikan sudah dirancang secara detail sesuai dengan model kendaraan kamu untuk memberikan daya tahan yang optimal.

    Tidak hanya itu, minyak rem asli pun sudah terbukti mampu menahan suhu tinggi ketika proses pengereman.

    • Gaya Berkendara dan Pembersihan Kampas Rem

    Ketika sedang berkendara, OtoFriends harus menghindari kebiasaan menarik gas dan tuas rem terus-menerus secara bersamaan.

    Pasalnya ini dapat menyebabkan kampas rem menjadi cepat aus atau menipis. Jangan malas membersihkan kampas rem secara rutin menggunakan sikat kawat dan cairan pembersih rem agar terhindar dari tumpukan kotoran.

    Cara Merawat Rem

    Langkah paling penting untuk menghindari rem blong yaitu dengan rutin melakukan perawatan sistem pengereman. Caranya dengan melakukan pengecekan kampas rem, memastikan master rem bekerja secara optimal, dan memeriksa volume minyak rem.

    Pemeriksaan ini menjadi semakin penting ketika kamu akan melakukan perjalanan jarak jauh dan rute yang dilalui melintasi daerah perbukitan.

    Kamu juga dapat mempelajari teknik pengereman tambahan, seperti menggunakan engine brake, yang dapat membantu mengurangi beban kerja rem terutama saat melintasi jalanan menurun.

    Yang tidak kalah pentingnya, pastika OtoFriends melakukan perawatan kendaraan pribadi dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi.

    Apalagi rem kendaraan tentu harus berfungsi baik tiap saat. Nah, jika kamu mendapati ciri rem bermasalah, segera servis ke bengkel Otoklix!

    Pertanyaan Seputar Rem Blong

    Apa yang dimaksud rem blong?

    Rem blong adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi di mana rem pada kendaraan tidak berfungsi dengan baik atau sama sekali tidak berfungsi.

    Apa penyebab terjadinya rem blong?

    Ada berbagai faktor, termasuk keausan berlebihan pada kampas rem, kebocoran pada sistem rem, kurangnya cairan rem, atau masalah mekanis lainnya.

    Apa yang membuat rem motor blong?

    Penggunaan yang tidak benar, minyak rem yang tidak terawat, dan kebocoran pada sistem rem.

    Apa yang harus dilakukan jika motor matic rem blong?

    Menjaga ketegangan, kurangi kecepatan, jaga ketenangan, dan gunakan rem darurat atau rem tangan.