Motor yang frekuensi pemakaiannya cukup tinggi memang rentan kotor atau terlihat kusam. Namun OtoFriends tak perlu resah. Ada lho cara mengkilapkan body motor untuk bikin motor terlihat kinclong dan seperti baru lagi.

Mengendarai motor yang bersih dan kinclong tentu bisa memberikan kenyamanan dan rasa percaya diri tersendiri. Namun, memang ada faktor-faktor yang membuat body motor jadi terlihat kusam.

Berikut penyebab utama motor terlihat kusam

  • Paparan sinar matahari

Sinar ultraviolet (UV) dapat menyebabkan oksidasi pada cat body motor sehingga warnanya memudar dan terlihat kusam.

  • Polusi Udara

Asap kendaraan dan partikel industri dapat menempel pada permukaan motor dan membentuk lapisan kotoran yang sulit dihilangkan. Selain itu, zat-zat kimia dalam udara dapat merusak lapisan cat, mengubah warna, dan membuat motor terlihat kusam.

  • Kurang Perawatan

Perawatan motor yang kurang baik, seperti menggunakan bahan pembersih yang tidak tepat atau jarang membersihkan motor, bisa menurunkan kualitas cat body motor. Jarang melakukan waxing atau polishing pada motor juga bisa membuat motor kehilangan kilaunya.

  • Pencucian yang Tidak Benar

Apakah alat pencucian yang OtoFriends gunakan sudah tepat? Bila menggunakan spons atau kain yang kasar untuk mencuci motor, bisa timbul goresan pada cat motor.

  • Umur Cat Sudah Lama

Seiring berjalannya waktu, lapisan cat motor akan mengalami penuaan dan aus. Proses ini sifatnya alami, tetapi dapat menyebabkan warna motor menjadi kusam.

 

Cara Mengkilapkan Body Motor

Motor yang terawat dengan baik pasti akan terlihat bersih dan mengkilap. OtoFriends bisa menjaga tampilan motor dengan cara mengkilapkan body motor seperti berikut:

  • Rutin mencuci motor

Motor yang rajin dicuci tidak menyimpan tumpukan debu, kotoran, dan zat-zat lain yang dapat merusak cat dan permukaan motor. Saat mencuci motor, gunakan sikat lembut dan spons. Jangan lupa untuk mengeringkan motor dengan kain mikrofiber yang bersih.

  • Gunakan beeswax

Setelah motor dicuci bersih, oleskan beeswax secara merata ke permukaan motor. Biarkan beeswax mengering selama beberapa menit, lalu kilapkan dengan kain mikrofiber bersih dan kering. Beeswax bisa memberikan kilauan alami dan perlindungan untuk body motor.

  • Gunakan kompon dan poles

Langkah ini efektif untuk mengembalikan kilau pada cat motor yang sudah pudar. Setelah motor dibersihkan, aplikasikan kompon khusus penghilang goresan. Kemudian poles motor menggunakan polesan motor yang sesuai dengan cat motor kamu hingga body-nya terlihat berkilau.

  • Gunakan minyak kayu putih

Kamu mungkin tak percaya, tetapi minyak kayu putih juga bisa memberikan kilau ekstra pada permukaan motor sekaligus melindungi cat. Cukup teteskan sedikit minyak kayu putih pada kain bersih dan lembut, lalu lap perlahan pada permukaan motor dengan gerakan melingkar.

  • Gunakan skotlet

Pertama-tama bersihkan dan keringkan permukaan motor. Potong skotlet sesuai dengan area yang ingin dilindungi, lalu tempelkan pada body motor dan ratakan dengan perlahan agar tak timbul gelembung udara.

  • Cuci motor setelah terkena hujan

Hujan dapat meninggalkan noda pada cat motor. Oleh karena itu, motor yang habis kehujanan sebaiknya segera dibersihkan agar noda atau debu tak lama menempel pada body motor.

 

Cara Merawat Body Motor

cara mengkilapkan body motor

Cara mengkilapkan body motor yang lain tentu dengan melakukan perawatan motor yang baik. Nah, berikut tips merawat body motor yang OtoFriends perlu tahu.

  • Jangan langsung dilap

Untuk membersihkan kotoran pada permukaan motor, sebaiknya jangan langsung dilap agar debu atau kotoran tidak menggores cat body motor. Siram saja dengan air bersih agar seluruh debu luruh.

  • Parkir motor di tempat teduh

Tujuannya agar motor tidak terpapar sinar matahari langsung yang dapat merusak cat dan membuat body motor menjadi kusam. Alternatifnya, gunakan penutup motor jika kamu terpaksa harus diparkir di luar.

  • Jangan sering dipoles

Terlalu sering memoles motor ternyata berisiko membuat tipis lapisan pernis pada body. Selain itu, teknis memoles body motor yang kurang tepat juga bisa bikin warnanya terlihat kusam. Jika ingin memoles motor, sebaiknya dilakukan oleh mekanik profesional.

  • Hindari cipratan minyak rem dan bahan bakar

Minyak rem bisa dibilang sebagai musuh cat. Cipratan minyak rem yang mengenai body motor bisa menyerap ke dalam lapisan cat hingga akhirnya mengubah warna body tersebut. Begitu juga dengan bahan bakar minyak. Segera lap cipratan bahan bakar yang mengenai body motor sebelum meresap lebih jauh.

OtoFriends, perawatan body motor tak kalah penting lho dengan perawatan mesin. Kebersihan dan kondisi body motor yang prima harus selalu dijaga. Jangan ragu untuk mengkonsultasikan kebutuhan motormu dengan OtoBuddy melalui WhatsApp 0822-9837-8787. Staf profesional kami siap menjawab pertanyaanmu!

 

Pertanyaan Seputar Mengkilapkan Body Motor

Bagaimana cara agar motor mengkilap?

Cara mengkilapkan body motor adalah dengan rajin mencuci motor, segera mencuci motor setelah motor kehujanan, mengoleskan beeswax, mengelap motor dengan minyak kayu putih, menggunakan kompon dan poles, dan lain-lain.

Poles body motor pakai apa?

Untuk hasil maksimal, poles body motor menggunakan polesan motor yang sesuai dengan cat motor kamu.

Apakah minyak goreng bisa mengkilapkan body motor?

Minyak goreng bisa mengkilapkan body motor, namun hasilnya hanya sementara dan tidak awet.

Apakah minyak kayu putih bisa mengkilapkan cat motor?

Ya, mengelap body motor dengan minyak kayu putih bisa membuat motor tampak mengkilap.

 

References:

https://review.bukalapak.com/auto/langkah-jitu-merawat-body-motor-agar-tetap-seperti-baru-83785
https://www.otosia.com/berita/read/4736103/hitamkan-body-motor-pakai-minyak-goreng-mitos-atau-fakta

Waspada! Ini Penyebab Body Motor Kusam Yang Jarang Diketahui

7 Cara Mengkilapkan Body Motor Agar Terlihat Seperti Baru