Mobil tertua di dunia adalah cikal bakal dari perkembangan mobil saat ini. Berawal dari pemenuhan kebutuhan pengangkutan barang, mobil pertama di dunia tercipta dengan sangat sederhana. Mobil tertua di dunia kini menjadi incaran banyak kolektor karena selain memiliki nilai sejarah, sudah pasti mobil tertua di dunia memiliki keunikannya tersendiri yang mampu membuat mata kolektor terpikat dan jatuh hati. 

Baik dari segi desain, kualitas mesin, hingga fitur dan juga kemampuannya dalam berkendara adalah bekal dari perkembangan dan kemajuan industri otomotif hingga saat ini. Tentu OtoFriends pecinta mobil tua juga tidak boleh ketinggalan. Berikut berbagai kisah mobil tertua di dunia, yang sangat menarik untuk diperbincangkan. Simak ulasannya:

Baca juga: Cari Mobil Tua Irit BBM dan Murah Perawatannya? Ini Rekomendasinya

7 Mobil Tertua di Dunia

1. Cugnot Fardier 

Sejarah mobil tertua di dunia diawali dengan ditemukannya mobil bertenaga uap oleh Nicolas J Cugnot, seorang ilmuwan berkebangsaan Perancis. Mobil yang tercipta dengan 3 roda ini berwujud sangat besar karena diciptakan dengan tujuan mengangkut meriam saat perang di kawasan Perancis. 

Bentuknya yang masih sangat sederhana tentu membuat mobil pertama di dunia ini tidak memiliki fitur apapun. Menariknya mobil pertama di dunia ini mampu mengangkut beban hingga lima ton. Kini mobil Cugnot Fardier ini di pajang di Musee de Arts et Matiers di Paris, Perancis.

2. Mercedes Benz

Beralih dari mobil bertenaga uap, berbicara mengenai mobil pertama di dunia yang bertenaga mesin maka nama Mercedes Benz tentu tidak akan asing lagi didengar. Awalnya mobil ini hanya memiliki 3 roda saja dengan mesin satu silinder yang mampu menghasilkan tenaga 0,75 Bhp. Namun kemudian Karl Benz, ilmuwan asal Jerman Ini berhasil menciptakan mobil dengan 4 roda yang diberi nama Victoria.

3. Peugeot 

Selanjutnya ada mobil Peugeot, mobil 4 roda yang memiliki mesin V-twin pada bagian belakang yang bergerak menggunakan rantai. Mobil tertua di dunia yang berasal dari Perancis ini kemudian sukses karena sang pencipta terus berusaha untuk melakukan inovasi sehingga mobil Peugeot mengalami perkembangan dari  bertenaga uap menjadi mobil dengan bertenaga mesin. Alhasil produksi mobil pun bertambah hingga menyentuh angka 500 pada tahun 1900.

4. Ford

Mobil tertua di dunia besutan Henry Ford ini dikenal sebagai Ford Quadricle. Mobil tertua yang satu ini dibuat dengan tenaga mesin. Awalnya, Henry sempat gagal mendirikan perusahaan mobil, namun Henry Ford bekerja sangat keras hingga kemudian mengumpulkan pemegang saham untuk membentuk perusahaan Ford. Sebagai mobil pertamanya. mobil Ford Quadricycle ini dibuat oleh Henry di sebuah tempat di belakang rumahnya.

5. Renault

Mobil tertua di dunia berikutnya ada Renault. Mobil yang dibuat oleh Louis, Marcel dan Fernand Renault ini dilengkapi dengan mesin bertenaga 5 hp dan dapat melaju dengan kecepatan 32 kpj. Menariknya, ketiga pendiri mobil Renault tersebut adalah seorang pembalap. Sayangnya, Marcell meninggal dunia dalam ajang balapan sehingga kedua saudarannya memutuskan untuk tidak mengikuti balapan dan hanya fokus mengembangkan Renault.

6. Opel

Opel adalah mobil tertua di dunia besutan dari kelima anak dan istri dari Adam Opel yang meninggal dunia pada tahun 1895. Menariknya, mobil yang memiliki kapasitas mesin 1545 cc 3.5 hp ini memiliki dua varian, yaitu varian dengan 2 kursi dan 4 kursi. Sayangnya, karena hanya mampu menjual 35 unit saja hingga tahun 1900, mereka pun menjual perusahaannya ke PSA Group.  

7. Buick

Mobil Buick, merupakan mobil tertua di dunia di produksi di Amerika Serikat dengan nama Buick Auto-Vim. Mobil Buick ini memiliki kapasitas mesin mobil twin-flat 2605 cc dan berhasil menarik minat para pembeli hingga pada tahun 1908 telah terjual 8.800 unit. 

Kapan Mobil Pertama Kali Masuk ke Indonesia?

Setelah mengetahui beberapa kisah singkat terkait mobil tertua di dunia, OtoFriends juga perlu mengetahui sejarah mobil masuk ke Indonesia untuk pertama kalinya. Sejarah ini berawal dari Sultan Pakoe Boewono X yaitu Sultan Soerakarta yang membeli kendaraan Benz Victoria Phaeton yang diimpor melalui pelabuhan Semarang pada tahun 1894 silam. 

Hal inilah yang kemudian menjadi dasar banyak pemikiran orang bahwa mobil tertua di dunia adalah Mercedes Benz Viktoria. Padahal mobil memiliki sejarah dan perkembangan yang beragam karena pendirinya tersebar di berbagai daerah di dunia. 

Baca juga: Beli Mobil Tua? Ini 9 Tips dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Hal ini kemudian menjadi baru di masyarakat Indonesia, karena kendaraan pada jaman itu merupakan kereta yang ditarik oleh kuda. Hingga sekarang mobil terus berkembang dan masuk ke Indonesia dan sudah menjadi kendaraan umum yang dimiliki oleh banyak orang.

Itulah sejarah singkat terkait mobil tertua di dunia. Tentu tidak hanya terbatas pada 7 sejarah mobil tertua di dunia yang sudah dibahas tadi, melainkan ada banyak mobil tertua di dunia dan juga penemunya yang bisa OtoFriends ketahui jika ingin mengenal lebih dalam mengenai perkembangan dan sejarah dari mobil tertua di dunia. 

Tidak terbatas hanya pada pengetahuan, jika OtoFriends juga Ingin menjadi kolektor mobil tertua di dunia jangan lupa untuk menyiapkan dana yang cukup karena membeli mobil tua berarti OtoFriends harus siap untuk merogoh kocek lebih dalam agar bisa melakukan perawatan. Sama halnya dengan kolektor mobil yang berfokus pada mobil-mobil canggih di jaman ini seperti mobil bermesin tinggi hingga mobil listrik, mobil tua atau mobil tertua di dunia juga tetap butuh perawatan. 

Lakukanlah perawatan di tempat yang tepat. OtoFriends dapat menggunakan aplikasi Otoklix untuk melakukan booking pemesanan servis di bengkel terdekat dari lokasi OtoFriends berada. Jangan sungkan untuk menghubungi kami apabila ada pertanyaan seputar servis mobil tua. Karena kami akan selalu memberikan pelayanan terbaik sehingga OtoFriends dapat menikmati fasilitas servis mobil di bengkel terbaik rekanan Otoklix dengan cepat dan mudah.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Tua Perawatan Mudah dan Murah

Otoklix bermitra dengan 200+ bengkel umum pilihan di jabodetabek dan 20.000+ mobil telah ditangani. Harga transparan karena diberi tahu di awal booking. 100% refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking. 

Pertanyaan Seputar Mobil Tertua di Dunia

Mobil masuk pertama kali ke Indonesia pada tahun 1894 silam, yaitu pada saat Sultan Pakoe Boewono X membeli mobil Benz Victoria yang diimpor melalui pelabuhan Semarang.

Dalam sejarahnya mobil memiliki perkembangan yang bervariasi, sesuai dengan fungsi dan cara kerja mesin. Nicolas J Cugnot adalah penemu konsep mobil yang awal fungsinya untuk memindahkan meriam. Sedangkan Karl benz adalah penemu mobil bertenaga mesin pertama di dunia.

Mobil yang pertama kali datang ke Indonesia melalui pelabuhan semarang adalah mobil Benz Victoria yang dibeli oleh Sultan Pakoe Boewono X.