Seiring berkembangnya kebutuhan akan kendaraan roda dua, mobil Tata Nano menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin punya mobil dengan budget terbatas. Memang sudah ada LCGC (low cost green car). Namun ternyata, ada mobil dari segmen lain yang lebih murah, yaitu Tata Nano. Berapa harga mobil Tata Nano? Simak ulasannya!

Review Mobil Tata Nano

Kalau OtoFriends sedang mencari mobil murah, mobil ini bisa menjadi solusi. Pasalnya, banderol mobil yang diproduksi tahun 2018 tersebut setara dengan harga motor saat ini. Harganya sangat jauh dengan mobil-mobil LCGC terbaru maupun bekas. Sebelum mengetahui tentang harga mobil ini, mari kita bahas tentang spesifikasi mobil Tata Nano keseluruhan.

    Eksterior dan interior

    Desain eksterior mobil Tata Nano ini memang kurang menarik, apalagi untuk anak muda. Tampilannya sangat minimalis, tidak seperti mobil-mobil kecil layaknya city car dengan desain yang sporty. Sekilas, desain mobil ini mirip dengan Suzuki Karimun Estilo, hanya saja dimensinya lebih kecil.

    Dimensinya cukup mungil yakni panjang 3.164 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.652 serta memiliki ground clearance 180 mm. Bobot keseluruhannya adalah 635 kg. Pada bagian roda menggunakan velg berukuran 12 inci. Bagian depannya terdapat headlamp, lampu sein, fog lamp ditambah logo T pada bagian grille.

    Meskipun mungil, mobil ini bisa menampung penumpang sampai 4 orang. Tapi, ruang kabin akan terasa sesak jika semua kursi diisi. Maka itu, tidak disarankan untuk membawa banyak penumpang ketika perjalanan jauh. Bisa juga untuk kursi baris belakang hanya boleh ditempati oleh anak-anak.

    Salah satu keunggulan dari mobil Tata Nano yakni berbagai macam warnanya mulai dari Rouge red, Neon rush, Serena white, Aqua blue, Papaya orange, Pearl white, Meteor silver, Champagne gold, Mojito green dan Sunshine yellow. Ada dua varian warna bumper Tata Nano, yaitu BSII dengan bumper warna hitam dan BSIV berwarna sama dengan bodi mobil.

    Mesin Tata Nano

    Mobil Tata Nano sudah dibekali dengan mesin yang cukup untuk berkendara di tengah kota. Ada 6 tipe mesin dengan 2 silinder berkapasita 624 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 35 hp dan sanggup menempuh kecepatan tertinggi hingga 105 km/jam. Untuk konsumsi BBM-nya, mobil Tata Nano bisa melaju sampai 23,6 km hanya dengan 1 liter bensin.

    Suspensi Tata Nano

    Dari sisi keamanan dan keselamatan, mobil mungil ini menyematkan kaki-kaki, suspensi, dan ban yang mumpuni. Tak hanya itu, Tata Nano sudah menggunakan rem dengan tipe independent dual circuit, hydraulic brake operated by tandem master cylinder with vacuum booster. Bagian depan dan belakangnya juga sudah menggunakan rem jenis drum.

    Suspensinya menggunakan Independent, lower wishbone, McPherson struts with gas filled dampers and anti roll bar pada bagian depan. Bagian belakangnya tersemat Independent semi trailing arm with coil spring and gas filled shock absorbers.

    Sementara ban yang digunakan adalah jenis tubeless berukuran 135/70 R12 di bagian depan dan ukuran 155/65 R12 di belakang.

    Fitur Tata Nano

    Selain mesin dan suspensi yang di atas rata-rata untuk harganya yang terjangkau, ada fitur-fitur lain juga yang tersemat di mobil ini. Fitur umum seperti AC, central lock, dan power window sudah tersemat pada mobil Tata Nano. Tapi, fitur-fitur tersebut hanya untuk tipe LX dengan harga yang sedikit lebih mahal dari tipe standarnya. Sementara untuk varian standar belum ada ketiga fitur tersebut. Sedangkan tipe CX sudah ada AC, tapi belum ada central lock dan power window.

    Dengan harga yang murah itu, kita tidak bisa mengharapkan fitur lebih. Lupakan sistem audio, head unit, apalagi teknologi-teknologi canggih di dalamnya. Tidak ada pula airbag dan power steering

    Jadi, mobil ini hanya digunakan untuk mobilitas sehari-hari di perkotaan saja, bukan untuk dikendarai di jalan tol yang butuh kecepatan tinggi dan bertemu dengan mobil-mobil besar lainnya.

    Harga Mobil Tata Nano

    Lantas, dengan beragam fitur dan spesifikasi di atas, berapa harga mobil Tata Nano? Harganya hanya Rp20 jutaan saja! Bahkan, tipe tertingginya hanya Rp30 jutaan. Tentu ini sangat mengejutkan untuk harga sebuah mobil dan di bawah ini adalah tipe mobil Tata Nano serta harga lengkapnya.

    Tipe MobilHarga
    Tata Nano Standar BSIIRp23,1 jutaan
    Tata Nano Standar BSIVRp23,2 jutaan
    Tata Nano LC BSIIRp23,3 jutaan
    Tata Nano LC BSIVRp28,4 jutaan
    Tata Nano LX BSIIRp33,2 jutaan
    Tata Nano LX BSIIRp33,2 jutaan
    Tata Nano LX BSIVRp33,4 jutaan

    Dengan berbagai fitur yang mendukung untuk mobilitas bagi kita yang butuh mobil dengan dana terbatas, mobil ini tentu bisa menjadi solusi. Sayangnya, pernah mengalami nasib tragis pada tahun 2019. Setelah diproduksi pada tahun 2018, penjualan Tata Nano tidak mendapatkan hasil yang positif di tahun berikutnya

    Meski demikian, pihak produsen sepertinya belum menyerah pada mobil murah asal India ini. Jadi, penjualan tetap digenjot sampai sekarang.

    Siapa yang masih ingin punya mobil Tata Nano? Segera kunjungi diler terdekatnya!

    Jangan lupa untuk selalu servis mobil OtoFriends. Karena performa mobil akan terjaga kalau diservis dengan rutin. Temukan segala perawatan mobil dan booking langsung di aplikasi Otoklix!