Keunggulan Toyota Kijang Innova adalah konsumsi BBM Innova bensin yang cukup irit. Hal ini semakin menambah keunggulan Innova selain body mobil eksterior dan interior yang elegan dan membuat nyaman bagi pengemudi dan penumpangnya.

Bukan hanya Innova bensinnya saja, melainkan konsumsi BBM Innova diesel diklaim hemat hingga semakin banyak peminat mobil MPV andalan Toyota.

Bahkan generasi terbarunya yakni Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid juga diklaim irit penggunaan bahan bakarnya. Berikut ini ulasan selengkapnya konsumsi BBM Innova bensin dan Innova Zenix Hybrid.

Baca juga: Konsumsi Innova Bensin vs Diesel Lebih Irit Mana?

Konsumsi BBM Innova Bensin

Cukup mudah mencari mobil Toyota Kijang Innova bekas ataupun baru saat ini. Baik mobil bekas maupun baru, OtoFriends perlu mempertimbangkan konsumsi bahan bakarnya.

Namun yang perlu diketahui OtoFriends adalah belum ada hasil uji coba yang memastikan apakah konsumsi BBM Toyota Kijang Innova bensin irit atau boros. Kita bisa melihatnya dari sisi efisiensi penggunaan bahan bakar.

Konsumsi BBM Innova bensin edisi lawas atau tahun tua yang menggunakan mesin 1TR-FE berkisar antara 8-10 km/liter untuk penggunaan di dalam kota, sedangkan penggunaan di luar kota mengonsumsi BBM sebesar 12-14 km/liter.

Kemudian di tahun 2015, Toyota memproduksi Innova generasi kedua yang dikenal dengan sebutan Toyota Kijang Innova Reborn yang mendapatkan facelift di sisi penggunaan bahan bakar.

Innova Reborn bensin memiliki keluaran daya maksimal sebesar 139 Ps dan capaian torsi maksimal 183 Nm. Melihat data tersebut, maka mobil ini mampu menghasilkan torsi maksimal walaupun dayanya ringan. Hal ini cukup berguna saat melakukan akselerasi awal.

Adapun konsumsi BBM Innova Reborn bensin belum disebutkan dengan pasti. Hanya saja informasi yang beredar bahwa Innova Reborn bensin lebih irit 10% dari generasi sebelumnya. BIla kita menghitung, maka konsumsi BBM Innova Reborn bensin sekitar 9 km/liter.

Meningkatnya konsumsi bahan bakar Innova bensin karena bantuan teknologi Dual VVT-i yang disematkan Toyota.

Baca juga: Paling Irit! Konsumsi BBM Panther Bisa 35 km/liter

Lebih Irit Mana, BBM Innova Bensin vs Diesel?

Banyak yang menyebutkan bahwa konsumsi BBM Innova Diesel lebih irit daripada Innova Bensin. Bila dibandingkan konsumsi bahan bakar mesin bensin sekitar 8-10 km/liter sedangkan Innova diesel sekitar 11-13 km/liter untuk pemakaian di dalam kota.

Adapun pemakaian di luar kota, Innova bensin menghabiskan bahan bakar sekitar 12-14 km/liter, berbeda dengan Innova diesel yang mengonsumsi bahan bakar sebesar 15-18 km/liter untuk pemakaian di luar kota.

Selain irit, Toyota Kijang Innova Diesel dinilai memiliki tenaga yang lebih besar daripada mesin bensin. Hal tersebut lantaran mesin diesel mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 146,9 hp dan capaian torsi maksimal 359,9 Nm.

Meski begitu, penggunaan konsumsi BBM Innova Diesel yang irit ini harus sejalan dengan penggunaan bahan bakar solar berkualitas terbaik. Sedangkan di Indonesia, khususnya ibu kota, sulit menemukan bahan bakar solar berkualitas terbaik.

Jika kita memaksakan untuk menggunakan solar berkualitas standar, maka konsumsi bahan bakarnya bisa boros dan dapat merusakan mesin kendaraan sehingga kita memerlukan biaya lebih untuk proses perbaikan mobil.

Apabila OtoFriends harus melakukan servis besar, seperti servis tune up, karena kendala yang cukup fatal pada bagian mesin mobil. Maka OtoFriends bisa membawa mobil ke bengkel mobil terdekat atau bengkel mobil langganan.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Bengkel mobil Otoklix merupakan rekomendasi bengkel terbaik karena menawarkan jaminan keprofesionalan tim mekanik, kelengkapan peralatan bengkel, dan keaslian spare part setara OEM.

Harga dan biaya servis yang ditawarkan cukup transparan dan terjangkau, kita dapat memeriksa harganya melalui aplikasi Otoklix. Dengan begitu, sebelum melakukan booking service atau datang langsung ke bengkel kita dapat mempersiapkan uangnya terlebih dulu.

Bisa ditarik garis besar bahwa untuk menilai irit atau boros konsumsi BBM mobil belum cukup hanya sebatas uji coba. Ada banyak faktor yang mempengaruhi irit atau borosnya penggunaan BBM. Beberapa di antaranya bobot kendaraan itu sendiri, gaya kita dalam berkendara, dan kepadatan lalu lintas yang biasa kita lalui.

Baca juga: 10 Mobil Solar Paling Irit di Indonesia Beserta Harganya

Konsumsi BBM Innova Zenix Bensin

Di tahun 2022, Toyota merilis Kijang Innova generasi ketujuh yang disebut dengan Toyota Kijang Innova Zenix. Setelah melalui uji coba, Innova Zenix bensin diklaim hemat konsumsi BBM daripada generasi sebelumnya yakni Innova bensin dan Innova Reborn bensin.

Uji coba yang dilakukan Detik.com dengan berkendara atau road trip dari Jakarta menuju Sabang. Di beberapa titik SPBU, mobil sempat mengisi kembali bahan bakarnya. Namun sebelum mengisi kembali BBM, tim telah menghitung konsumsi bahan bakar mobil Zenix bensin.

Berdasarkan metode perhitungan full to full, perjalanan dari Lubuklinggau, Sumatera Selatan, hingga ke Merangin, Jambi dengan total jarak 223,4 kilometer ditempuh dengan bensin sebanyak 18,469 liter.  

Bila dihitung maka rata-rata konsumsi BBM Innova Zenix bensin sebesar 12,09 km/liter, sedangkan di tampilan MID sekitar 11,5 km/liter.

Meskipun diklaim lebih irit, akan tetapi dalam menghemat bensin yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana cara kita berkendara. Apabila kita berkendara dengan agresif maka kebutuhan bahan bakarnya ikut meningkat.

Demikianlah informasi tentang konsumsi BBM Innova bensin, Innova diesel dan Innova Zenix bensin. Semoga bermanfaat.

Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Innova Bensin

Konsumsi BBM Innova bensin edisi lawas atau tahun tua yang menggunakan mesin 1TR-FE berkisar antara 8-10 km/liter untuk penggunaan di dalam kota, sedangkan penggunaan di luar kota mengonsumsi BBM sebesar 12-14 km/liter.

Adapun konsumsi BBM Innova Reborn bensin belum disebutkan dengan pasti. Hanya saja informasi yang beredar bahwa Innova Reborn bensin lebih irit 10% dari generasi sebelumnya. BIla kita menghitung, maka konsumsi BBM Innova Reborn bensin sekitar 9 km/liter.

Berdasarkan metode perhitungan full to full, perjalanan dari Lubuklinggau, Sumatera Selatan, hingga ke Merangin, Jambi dengan total jarak 223,4 kilometer ditempuh dengan bensin sebanyak 18,469 liter. Bila dihitung maka rata-rata konsumsi BBM Innova Zenix bensin sebesar 12,09 km/liter, sedangkan di tampilan MID sekitar 11,5 km/liter.