Sewa mobil lepas kunci cukup diminati di masyarakat. Namun, tentu ada risiko bagi pemilik rental mobil lepas kunci. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu apa saja syarat rental mobil lepas kunci atau tanpa sopir supaya lebih aman. Misalnya meminta data diri dengan lebih detail, memberlakukan sistem denda, dan lainnya.

Sebagian masyarakat memilih sewa mobil lepas kunci agar terasa seperti memiliki mobil sendiri. Biasanya syarat mobil lepas kunci lebih detail daripada menggunakan jasa sopir dari rental. Anda juga perlu memperhatikan sejumlah hal untuk mengurangi risiko mobil dibawa kabur, digadai, bahkan dipreteli.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!
Banner

Adanya persyaratan rental mobil membuat kedua belah pihak merasa aman dan nyaman. Lantas, apa saja syarat rental mobil lepas kunci yang perlu Anda tetapkan bagi calon penyewa?

Baca juga: 11 Tips Memulai Usaha Rental Mobil

Syarat Rental Mobil Lepas Kunci

Selain persyaratan secara umum, Anda juga bisa memberlakukan syarat dan ketentuan yang berbeda sesuai dengan calon penyewa. Contohnya membedakan syarat untuk wisatawan, mahasiswa, atau warga lokal.

Berikut adalah syarat rental mobil agar Anda merasa lebih aman dan nyaman ketika menyewakan mobil tanpa sopir.

1. KTP Asli

KTP adalah kartu identitas yang jadi syarat utama saat ingin menyewa mobil lepas kunci. Bahkan, beberapa rental mobil akan meminta 2 buah KTP asli sebagai jaminan. Misalnya KTP suami dan istri. Namun, kalau hanya bisa menyerahkan satu KTP, maka pihak rental biasanya meminta dokumen berupa kartu identitas lain.

2. KTM bagi penyewa mahasiswa

Mahasiswa juga kerap menyewa mobil. Tujuannya bisa macam-macam. Ada yang ingin berlibur bersama teman-teman maupun keperluan lainnya. Bagi penyewa mobil yang masih berstatus mahasiswa, ada persyaratan tambahan yaitu menyerahkan KTM atau Kartu Tanda Mahasiswa yang masih aktif.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!

3. ID Card jika bekerja

Kartu identitas atau ID card sebuah perusahaan juga jadi persyaratan tambahan bagi penyewa yang bekerja.

4. Memiliki SIM A aktif

Kepemilikan SIM A jadi syarat rental mobil yang penting dan utama. Terkadang, ada calon penyewa yang bertanya apakah menyewa mobil harus punya SIM. Tentu saja persyaratan ini harus dipenuhi. Sebab, kepemilikan SIM A aktif jadi tanda bahwa penyewa memenuhi syarat untuk mengendarai mobil. SIM A tidak dijadikan jaminan, hanya perlu ditunjukkan kepada pihak rental mobil.

Baca juga: 5 Tips Bisnis Rental Mobil Bulanan, Aman dan Untung!

5. Tiket transportasi

Sebagian calon penyewa biasanya adalah turis domestik. Jadi, Anda sebagai pemilik rental bisa meminta dokumen tambahan untuk syarat rental mobil seperti foto tiket transportasi, baik tiket kereta maupun pesawat. Tujuannya untuk memastikan bahwa calon penyewa memang datang ke kota Anda untuk berwisata.

6. Voucher penginapan

Selain tiket transportasi, Anda juga boleh meminta bukti voucher penginapan untuk memastikan wisatawan berada di kota tujuan.

7. Kartu keluarga

Kartu keluarga dibutuhkan sebagai syarat rental mobil untuk mencocokkan data yang ada pada KTP penyewa. Kartu keluarga hanya perlu ditunjukkan atau foto, tidak perlu diserahkan kepada pihak rental.

8. NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP jadi dokumen pendukung kalau tidak bisa menyerahkan 2 KTP.

9. Buku nikah bagi yang sudah berkeluarga

Calon penyewa mobil juga banyak yang merupakan keluarga kecil. Misalnya bertujuan wisata keluarga ke luar kota. Oleh sebab itu, buku nikah jadi salah satu syarat rental mobil lepas kunci. Namun, buku nikah hanya perlu ditunjukkan, tidak akan ditahan maupun dijadikan jaminan.

10. Jaminan sepeda motor

Bagi masyarakat lokal yang berdomisili satu kota dengan pihak rental mobil, biasanya dikenakan syarat tambahan untuk rental mobil lepas kunci. Yaitu menjadikan motor sebagai jaminan. Motor yang dijadikan jaminan harus dilengkapi dengan STNK asli. Beberapa perusahaan rental mobil juga menetapkan kriteria motor yang bisa dijadikan jaminan, misalnya tahun keluaran motor.

11. Deposit

Syarat rental mobil lepas kunci selanjutnya adalah memberikan deposit sebagai jaminan. Besaran depositnya berbeda-beda. Akan tetapi, biasanya berkisar Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

Baca juga: Penting! Format dan Contoh Kwitansi Rental Mobil

12. Pembayaran DP

Beberapa perusahaan rental mobil juga meminta DP (Down Payment) terlebih dahulu. Besaran DP disesuaikan dengan dengan total biaya sewa. Umumnya besaran tersebut sekitar 20% hingga 30% dari total biaya sewa. Pelunasan dilakukan saat serah terima mobil.

13. Menandatangani surat perjanjian

Kalau semua syarat sudah dipenuhi, maka kedua belah pihak harus menandatangani surat perjanjian rental mobil lepas kunci. Di dalam surat tersebut tercantum ketentuan dan kebijakan perusahaan. Penyewa yang menandatangani surat tersebut artinya setuju dengan semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setelah semua syarat telah dilengkapi, pihak rental mobil akan melakukan survey. Survey bisa berlangsung selama 2-3 hari sebelum tanggal peminjaman mobil. Saat disurvey, tidak jarang juga yang mengalami kegagalan. Sebab, tim survey menilai bahwa calon penyewa memberikan identitas atau keterangan yang berbeda.

Oleh sebab itu, sebaiknya sebagai pemilik rental mobil harus teliti dalam memeriksa dokumen-dokumen yang diberikan oleh penyewa sebagai syarat rental mobil lepas kunci.

Selain syarat-syarat tersebut, pihak rental juga perlu memberikan ketentuan yang tegas saat menyewakan mobil lepas kunci. Misalnya sebagai berikut.

  • Menentukan denda sewa kalau melebihi waktu sewa.
  • Memberikan aturan wilayah pemakaian kendaraan.
  • Adanya denda asuransi kalau terjadi kerusakan pada mobil.
  • Tidak dibolehkan untuk digunakan balapan tidak resmi.
  • Pembatalan sewa akan dikenakan denda.
  • Durasi penyewaan dianggap full, tidak bisa dipotong untuk dipakai di lain waktu.

Itu tadi adalah syarat rental mobil lepas kunci yang perlu Anda perhatikan sebagai pemilik rental mobil.

Bagaimana cara merawat mobil operasional rental mobil Anda agar servisnya terjamin dan administrasi lebih rapi? Kini Otoklix menyediakan layanan khusus Otoklix for Business.

Otoklix for Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix for Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix for Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda!

Pertanyaan Seputar Syarat Rental Mobil


Sewa mobil lepas kunci adalah mobil yang disewakan tidak menggunakan jasa sopir. Artinya penyewa bertanggung jawab menyediakan sopir atau menyetir sendiri. Biasanya harganya lebih murah dibandingkan dengan jasa sopir, tetapi ada persyaratan yang lebih detail untuk dipenuhi.


Syarat rental mobil antara lain adalah menyerahkan KTP asli (2 buah), tetapi kalau tidak ada 2 buah KTP, maka dikenakan syarat tambahan. Misanya menyerahkan ID card perusahaan atau KTM bagi mahasiswa. Selain itu, wajib punya SIM A, NPWP, memberikan deposit, membayar DP, menandatangani surat perjanjian, hingga memberikan jaminan sepeda motor.


Memiliki SIM A adalah salah satu rental mobil lepas kunci. Sebab, kepemilikan SIM A menunjukkan bahwa penyewa mampu mengendarai mobil dengan baik. Data pada SIM A harus sama dengan identitas pada KTP.