Mobil pintu geser kini semakin banyak diminati. Tidak hanya popular karena  penggunaannya yang efektif, mobil pintu geser juga menawarkan tampilan desain interior yang luas dan memukau bagi para peminatnya. Menariknya, perkembangan dunia otomotif yang semakin pesat membuat mobil pintu geser terbagi atas 2 macam, yaitu mobil pintu geser manual dan mobil pintu geser elektrik. Keduanya memiliki perawatan yang berbeda sesuai dengan sistem kerja mesin.

Tertarik untuk memilikinya, OtoFriends tentu harus tahu bagaimana cara yang tepat dalam melakukan perawatan mobil pintu geser sesuai macam dan jenisnya sehingga mobil pintu geser yang OtoFriends miliki tidak mudah macet dan rusak.

1. Ketahui Jenis Mobil Pintu Geser

Jenis mobil pintu geser ada 2 yaitu, mobil pintu geser MPV lama dan mobil pintu geser MPV baru. Pada mobil pintu geser MPV lama, OtoFriends harus menutup pintu rapat dengan cara menggeser pintu setelah membuka atau menutupnya. Pastikan bahwa OtoFriends menggesernya secara halus dengan sedikit kencang, sehingga pintu mobil dapat tertutup dengan benar. Berbeda dengan mobil pintu geser MPV lama, pada mobil pintu geser MPV baru OtoFriends tidak perlu menggeser atau mendorong saat menutup atau membuka pintu, karena pintu akan tertutup secara otomatis.

2. Rutin Bersihkan dan Berikan Pelumas 

Pintu pada mobil pintu geser harus selalu dibersihkan sehingga terhindar dari segala debu dan kotoran yang menempel. Penting untuk diperhatikan, debu dan kotoran dapat membuat pintu menjadi macet, dan apabila tidak dibersihkan dalam jangka waktu lama akan membuat pintu mobil menjadi rusak dan konslet.

Rutinlah untuk selalu membersihkan pintu menggunakan handuk dan air. Ingatlah untuk tidak menyiram pintu mobil menggunakan air secara langsung, apalagi dalam volume yang besar karena dapat merusak komponen pintu mobil. Jika sudah terlanjur, segera lap bagian pintu mobil hingga kering agar pintu mobil tidak macet saat dibuka. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan pelumas pada bagian rel dan bearing pintu agar pintu mobil tidak kasar dan lebih ringan saat digeser. 

Baca Juga: 6 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci. Jangan Panik Ya!

3. Buka Pintu Sesuai Kebutuhan

Entah pada mobil MPV lama atau pada mobil MPV baru, sebaiknya OtoFriends tidak membiarkan mobil pintu geser terbuka terlalu lama karena dapat merusak pintu mobil. Terlebih jika ada kotoran atau debu yang menempel pada area rel pintu, tentu akan memberikan risiko pintu mobil menjadi sulit untuk dioperasikan.

4. Hindari Benturan

Saat membuka mobil pintu geser pastikan bahwa pintu dapat digeser tanpa terkena benturan. Bahayanya jika pintu terbentur akan menimbulkan kerusakan pada bagian tertentu di rel atau pengait. Pastikan OtoFriends menggeser pintu secara perlahan, hilangkan kebiasaan menutup pintu pada mobil biasa yang harus dibanting keras. Cukup berikan sedikit tenaga untuk menggeser, maka pintu akan bergerak dengan sendirinya. 

5. Perhatikan Karet Pintu

Selain memperhatikan kebersihan rel mobil pintu geser, OtoFriends juga perlu memperhatikan kebersihan karet pintu mobil. Pastikan bahwa karet pintu selalu bersih dari kotoran dan debu agar peran karet sebagai penghalau air dan kotoran dapat berfungsi optimal.

6. Jangan Menerjang Banjir

Menerjang banjir saat berkendara menggunakan mobil pintu geser akan memberikan risiko debu dan kotoran masuk sehingga dapat merusak atau mengganggu kinerja rel pintu mobil. Jika sudah begini, tentu butuh tenaga ekstra dari OtoFriends melakukan pembersihan atau servis mobil berkala untuk memastikan bahwa pintu mobil geser tidak rusak atau konslet. Tentu OtoFriends tidak ingin merogoh kocek lebih dalam jika harus melakukan penggantian pintu mobil geser bukan? Jadi, hindari genangan air yang tinggi pada saat berkendara dengan mobil pintu geser. Ambil jalan memutar dapat menjadi solusi agar pintu mobil tidak terkena genangan air yang tinggi.

7. Pastikan Kontak Off saat Menutup Pintu (Khusus Elektrik)

Khusus untuk jenis mobil pintu geser elektrik, OtoFriends harus selalu memastikan bahwa pintu mobil terbuka atau menutup hanya pada saat kondisi mobil masih menyala. Jangan memaksa pintu terbuka atau menutup saat mobil pintu geser dalam kondisi mati, karena sistem pintu tidak manual dan mengandalkan tenaga mesin mobil, sehingga jika dipaksa menutup tentu pintu mobil akan beresiko rusak karena tidak sesuai sistem. 

Baca Juga: 5 Jenis Kerusakan yang Butuh Service Pintu Mobil

Rekomendasi mobil pintu geser

Tertarik untuk membeli mobil pintu geser, pastikan bahwa OtoFriends telah memilih mobil sesuai dengan jenis, fitur, dan desain yang diinginkan agar tidak menyesal di kemudian hari. Walaupun masih jarang di Indonesia, namun sudah ada beberapa jenis mobil pintu geser yang tersedia. 

Harga mobil pintu geser sendiri memiliki rentang bervariasi. Harga termurah di mulai dari Rp100 jutaan, sesuai dengan jenis dan fitur mobil pintu geser yang diinginkan. Beberapa rekomendasi mobil pintu geser antara lain toyota sienta, Honda Freed, Daihatsu Luxio, Nissan Evalia, Daihatsu Gran Max, Toyota Voxy, Toyota Vellfire, Toyota Alphard,  Nissan Serena dan Daihatsu Luxio.

Sudah tahu bagaimana cara merawat mobil pintu geser yang benar, jangan lupa untuk selalu melakukan servis dan perawatan secara teratur di bengkel terdekat. Pesan jasa servis kendaraan lebih mudah di otoklix.