Ketika mencuci mobil, sebaiknya gunakan sabun cuci mobil yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Pasalnya, menggunakan sabun atau sampo untuk mencuci mobil yang salah akan membuat cat mobil malah terlihat kusam, bahkan cat mobil bisa mengelupas. Padahal, tujuan mencuci mobil adalah agar mobil terlihat awet, mulus, dan mengkilap.

Oleh karena itu, gunakan sampo mobil dengan spesifikasi yang tepat ya. Kenali juga merek yang direkomendasikan yuk.

Spesifikasi Sabun Cuci Mobil yang Bagus

Beberapa hal di bawah ini perlu kamu ketahui sebelum menggunakan sabun untuk cuci mobil. Ingat, jangan gunakan sabun colek atau sabun cuci piring untuk mencuci mobil ya.

1. pH seimbang

Fungsi pH yang terdapat dalam sampo mobil adalah agar sampo tidak meninggalkan bekas pada bodi mobil. Selain itu juga pH yang seimbang membuat mobil menjadi mengkilap. Kadar pH yang seimbang juga berpengaruh terhadap cat mobil.

Sabun cuci dengan pH di bawah mobil akan membuat bodi mobil mudah korosi. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pH asam tidak bersahabat dengan logam atau metal yang merupakan bahan pembentuk bodi mobil.

2. Mempunyai lubrikasi yang baik

Sabun dengan tekstur yang licin bermanfaat menghindari lecet pada bodi mobil ketika dicuci. Kotoran dan debu yang menempel di bodi mobil bisa menggores catnya. Oleh sebab itu, gunakan sampo mobil yang licin dan kain dengan serat yang bagus. Sampo mobil yang licin tidak akan membekas di bodi mobil, sehingga proses mencuci menjadi lebih cepat.

3. Memiliki brightening agent

Sebaiknya sampo mobil yang akan kamu pilih mengandung brightening agent. Fungsi dari kandungan ini adalah agar mobil terlihat lebih mengkilap setelah dicuci. Jangan sampai sabun cuci yang kamu gunakan justru membuat mobil semakin kusam.

4. Memiliki banyak busa

Busa yang dihasilkan dari sampo mobil juga berpengaruh terhadap daya cuci dan prosesnya. Sampo mobil dengan busa yang banyak akan membuat kotoran di bodi mobil lebih mudah rontok. Sehingga, mencuci mobil juga terasa lebih ringan.

Ada informasi tambahan mengenai memilih sabun cuci mobil tergantung kotoran yang dibersihkan. Jenis ini tergantung dari keasaman sabun cuci tersebut.

  • Jenis basa

Jenis ini cocok digunakan untuk membersihkan kotoran yang mengandung minyak. Bagian-bagian yang bisa dibersihkan menggunakan sampo ini adalah saringan, kaki-kaki, dan engsel pintu.

  • Jenis asam

Sabun dengan keasaman yang tinggi lebih bisa membersihkan noda yang membandel. Hanya saja, sampo dengan bahan kandungan berjenis asam akan mudah merusak pelindung atau cat mobil. Jadi, hati-hati ketika menggunakan ya.

  • Jenis netral

Dapat dikatakan bahwa jenis ini yang paling cocok untuk membersihkan karena risiko cat mobil mengelupas lebih kecil. Tetapi direkomendasikan untuk kotoran yang mudah dibersihkan saja.

5. Ramah lingkungan

Saat ini sudah banyak produk beredar di pasaran yang sudah menggunakan bahan atau zat yang ramah lingkungan. Termasuk sabun cuci mobil. Oleh karena itu, untuk membantu menjaga bumi dari dampak global warming, sebaiknya kamu memilih produk sabun yang ramah lingkungan ya. 

6. Sabun dengan kandungan wax

Sabun cuci mobil juga ada yang mengandung wax ataupun tidak. Perbedaannya, shampo mobil dengan kandungan wax akan memberikan hasil akhir mobil menjadi bersih dan mengkilat. Cat mobil pun menjadi lebih awet. Hanya saja, lapisan pelindung yang diberikan oleh wax mobil tidak setebal wax mobil yang khusus.

7. Memilih produk sesuai frekuensi cuci mobil

Ternyata frekuensi mencuci mobil juga berpengaruh terhadap pemilihan sampo mobil lho.Bagi kamu yang sering mencuci mobil sendiri di rumah, disarankan untuk menggunakan sampo mobil yang perlu diencerkan sebelum dipakai. Jadi, lebih hemat penggunaan sampo mobil.

Nah, itu tadi 7 hal yang bisa dijadikan pertimbangan ketika memilih sampo mobil.

Rekomendasi Merek Sabun Cuci Mobil Terbaik

Setelah mengetahui tips memilih produk sabun mobil, mari kita simak rekomendasi merek sabun mobil terbaik. 

1. Meguiars G17748 Ultimate Wash & Wax Shampoo

Meguiar’s Ultimate Wash & Wax Shampoo ini cocok bagi kamu yang ingin membuat cat mobil awet, terlindungi, dan tentunya terlihat mengkilap. Terdapat kandungan hybrid carnauba yang memberikan kilau lebih lama. Serta terdapat juga polymer wax. Kedua bahan tersebut berfungsi untuk melindungi cat mobil setelah busanya dibersihkan.

Produk ini dapat menghilangkan kotoran dengan cepat tanpa tenaga ekstra untuk menggosok. Tingkat keasaman produk ini memiliki pH yang seimbang sehingga tidak merusak cat dan tidak meninggalkan bekas noda di bodi mobil. 

Hanya saja, belum ada kemasan sachet untuk produk ini. Sehingga kamu perlu membeli yang kemasan botol besar dan tentu harganya cukup mahal.

2. KIT Car Wax Metallic

Siapa yang tidak kenal merek sabun cuci mobil dari KIT? Sesuai namanya, sabun ini dapat membuat cat mobil menjadi metalik berkilau. Terdapat juga kandungan carnauba yang dapat membuat cat mobil lebih awet dan juga memberikan lapisan pelindung cat mobil.

Dari segi harga, KIT Car Wax Metallic ini memiliki harga yang sangat terjangkau dibandingkan merek lainnya. Produk ini juga mudah ditemukan karena banyak tersedia di toko-toko aksesoris mobil maupun supermarket.

Kekurangan dari produk ini adalah jumlah busa yang tidak terlalu banyak serta daya kilaunya tidak bertahan lama.

3. Turtle Wax Ice Car Wash

Mobil juga bisa terlihat mengkilap apabila menggunakan Turtle Wax Ice Car Wash. Selain itu, terdapat kandungan kondisioner yang membuat tampilan mobil terlihat lebih istimewa.

4. Bullsone First Class Car Shampoo

Sabun cuci mobil ini terbilang unik karena terdapat minyak jeruk esensial yang dapat lebih mudah membersihkan kotoran. Selain itu aroma jeruknya juga segar sehingga mencuci mobil menjadi lebih menyenangkan. Kamu bisa mendapatkan satu botol sampo mobil Bullsone dengan harga Rp80 ribuan.

5. KIT Wash and Glow

Kembali lagi dengan merek KIT yang memiliki banyak jenis sabun cuci mobil. Produk yang satu ini juga dapat membersihkan sekaligus membuat cat mobil tampak berkilau.

6. Sonax Car Gloss Shampoo Concentrate

Selain untuk membersihkan exterior mobil, Sonax Car Gloss Shampoo juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian mobil. Produk ini sudah terbukti tidak meninggalkan bekas ketika mobil kering, alias spotless.

7. Turtle Wax T-43 Headlight Cleaner & Sealant

Kelebihan dari produk satu ini adalah dapat menghilangkan oksidasi warna. Sehingga mobil yang tadinya terlihat kusam bisa kembali bersinar dan mengkilap.

Jadi, sudah menentukan akan menggunakan sabun cuci mobil yang mana? Jika kamu tidak sempat untuk cuci mobil sendiri di rumah dan bingung memilih produk yang bagus, datang saja ke bengkel cuci mobil terdekat.

Temukan bengkel cuci mobil terdekat dan juga promonya di aplikasi Otoklix ya!