Konsumsi BBM Mobilio terbukti paling irit berdasarkan tes pengujian. Sayangnya, ketatnya persaingan di segmen MPV membuat mobil Mobilio masih kalah unggul ketimbang mobil MPV lainnya. Lantas, bagaimana performa dan spesifikasi mesin mobil Mobilio? Berikut ulasannya:

Baca juga: 15 Mobil MPV Terbaik Lengkap dengan Harganya

    Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
    Aplikasi bengkel

    Keunggulan Mobil MPV Mobilio

    Konsumsi BBM Mobilio menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta mobil MPV. Cocok dijadikan sebagai mobil keluarga, mobil Mobilio ternyata juga menawarkan berbagai kenyamanan dan keistimewaan tersendiri. Beberapa keunggulan yang membuat mobil Mobilio diminati, antara lain:

    1. Irit Bahan Bakar Hingga 31,5 Km/Liter

    Konsumsi BBM Mobilio menjadi yang paling irit. Terbukti ketika mobil mobilio melewati serangkaian tes di jalan tol dan perkotaan. Hasil kedua tes tersebut menyatakan mobil mobilio menyandang sebagai status mobil teririt di kalangan mobil MPV lainnya. Berdasarkan pengujian tercatat konsumsi BBM Mobilio mencapai 31,5 km/liter. Hasil tersebut dapat dilihat pada rata-rata konsumsi bahan bakar yang tertera di layar MID.

    1. Biaya Perawatan Ringan

    Selain unggul dalam konsumsi BBM Mobilio, biaya perawatan yang ringan menjadi keunggulan dari mobil Mobilio ini. Kabarnya, tersedia gratis biaya jasa perawatan hingga 4 tahun atau hingga mobil mencapai 50.000 km. Keuntungan lainnya, terdapat paket hemat suku cadang dan perawatan berkala sehingga dapat membantu OtoFriends menekan harga perawatan jika ingin melakukan servis atau ganti suku cadang.

    1. Kapasitas Bagasi Lega

    Mobil mobilio memiliki kapasitas bagasi hingga 223 L. Cocok jika OtoFriends sering bepergian bersama keluarga, liburan membawa sepeda lipat atau koper dan barang belanjaan. Tersedia juga cup holder dan charging port, sehingga dapat menambah kenyamanan OtoFriends dan keluarga saat melakukan perjalanan jauh. 

    Baca juga: Mobil Keluarga Terbaik 2022 Harga Ro100 Jutaan Irit BBM

    Mesin dan Spesifikasi Mobil Mobilio

    Mobil Mobilio memiliki spesifikasi tertinggi di kelas MPV. Menggunakan mesin 1.5L i-VTEC, mobil Mobilio mampu menghasilkan tenaga hingga 118 PS pada 6.600 rpm. Mesinnya Memiliki 4 silinder dan mampu menghasilkan tenaga 116,3 Hp dengan torsi 145 Nm. Mempunyai pilihan transmisi manual 5 kecepatan dan otomatis Continuously Variable Transmission (CVT). Ini lah yang membuat mobil Mobilio nyaman untuk digunakan berkendara di jalan luar dan dalam kota. Pengendara tidak perlu mengeluarkan energi banyak untuk menginjak pedal gas saat ingin membawa mobil melaju, sehingga dapat membuat konsumsi BBM Mobilio semakin hemat untuk digunakan.

    Cara Irit Konsumsi BBM Mobilio

    Meski dibekali performa mesin bertenaga tinggi, berdasarkan hasil pengujian, ternyata ada beberapa hal yang menjadi kunci atau rahasia jika OtoFriends ingin menghemat konsumsi BBM Mobilio, antara lain:

    Baca juga: 17 Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil, Terbukti Tambah Hemat

    1. Menggunakan metode berkendara konstan, yaitu tidak menggunakan rem atau gas secara tiba-tiba. Biasakan berkendara dengan halus dan tenang. Cara ini terbukti dapat membantu OtoFriends melakukan penghematan konsumsi BBM Mobilio.
    2. Menjaga kecepatan direntang 40-60 km/jam. Gunakan maps untuk menghindari kemacetan.
    3. Tidak boros menggunakan AC
    4. Menjaga berat atau beban kendaraan. Uji konsumsi BBM Mobilio dilakukan menggunakan beban 2 orang penumpang. Berat atau beban berlebih akan mempengaruhi penggunaan bahan bakar.
    5. Perhatikan kondisi mesin. Kondisi mesin mobil Mobilio harus dalam kondisi baik sehingga tidak mempengaruhi proses pembakaran bahan bakar mobil.
    6. Gunakan bahan bakar berkualitas. OtoFriends dapat menggunakan pertamax turbo sebagai alternatif
    7. Memperhatikan tekanan ban. Jika tekanan ban tidak sesuai dengan berat beban, maka gesekan ban dengan aspal dapat membuat mesin pembakaran bekerja ekstra, alhasil mobil membutuhkan konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih banyak.
    8. Rutin melakukan perawatan. Perhatikan pelumas dan kualitas bahan bakar yang digunakan. Menjaga kondisi mesin tetap bersih dan terhindar dari karat atau kotoran menempel dapat membuat mesin mobil bekerja maksimal.

    Kelemahan Mobil Mobilio

    Jika OtoFriends ingin memiliki mobil tanpa memperhatikan tampilan dan desain, mobil Mobilio ini adalah pilihan mobil keluarga yang tepat untuk OtoFriends miliki. Karena, meski memiliki beberapa keunggulan dan terkenal dengan mobil keluarga teririt, namun nyatanya mobil Mobilio ini masih kalah laris dengan beberapa mobil MPV lainnya. Kelemahannya adalah harga yang lumayan tinggi serta desain dan build quality yang terbilang sudah ketinggalan zaman. 

    Harga Mobil Mobilio

    Tertarik memiliki mobil Mobilio ini, OtoFriends bisa menyiapkan budget berkisar dari Rp180 jutaan hingga Rp250 jutaan. Tergantung pada tipe mobil Mobilio yang OtoFriends inginkan. Jika tertarik untuk membeli mobil Mobilio secara bekas, OtoFriends hanya perlu menyiapkan rentang budget Rp110 jutaan hingga 160 jutaan. Lakukan survey terlebih dahulu untuk mendapatkan mobil dengan harga dan kualitas terbaik.

    Ingatlah untuk selalu memperhatikan cara berkendara dan melakukan perawatan rutin mobil Mobilio OtoFriends. Cara berkendara dan kinerja mesin memberikan pengaruh besar pada konsumsi BBM Mobilio. Rutin melakukan servis dan perawatan di bengkel rekanan Otoklix setidaknya 6 bulan sekali dapat menjadi cara tepat menjaga mesin mobil Mobilio tetap bekerja maksimal. Otoklix, Your Trusted Automotive Partner.

    Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

    Pertanyaan Seputar Konsumsi BBM Mobilio

    Isi full tank mobil Mobilio mencapai 42 liter. Jika diisi penuh setara dengan Rp378 ribu.

    Berdasarkan hasil uji, konsumsi BBM Mobilio bisa tembus hingga 31,5 km/liter.

    Penggunaan Mobilio 2014 membutuhkan konsumsi BBM sekitar 26,7 km/liter. Sehingga dapat dikatakan bahwa mobil Mobilio 2014 memegang rekor irit di kelasnya.