Jenis-jenis motor listrik saat ini semakin bervariasi. Mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2000an, kini penggunaannya semakin menyebar seiring dengan penggalakan pemerintah untuk mencegah peningkatan emisi karbondioksida. 

Baca juga: Fakta-fakta Mobil Hybrid yang Jarang Orang Tahu!

Jika OtoFriends masuk dalam golongan yang ingin beralih ke motor listrik, penting untuk mengetahui berbagai jenis dan varian yang sudah beredar, karena Jenis-jenis motor listrik memiliki kualitasnya masing-masing. Lantas seperti apa jenis-jenis motor listrik yang ada di Indonesia? Bagaimana harga dan perawatannya? Berikut Otoklix rangkum informasi lengkapnya.

Jenis-jenis Motor Listrik

  1. Jenis-jenis Motor Listrik Skuter

Jenis-jenis motor listrik skuter paling banyak dijumpai di Indonesia. Variannya tersedia mulai dari produksi dalam negeri hingga produksi luar negeri. Jika OtoFriends lebih sering beraktivitas dalam jarak yang dekat, memilih jenis-jenis motor listrik skuter bisa jadi pilihan yang tepat. Motor listrik jenis skuter ini memiliki body yang ramping, mungil, dan cocok untuk digunakan melakukan mobilitas sehari-hari. Keunggulannya terletak pada kenyamanan berkendara di tengah kepadatan jalanan. Beberapa pilihan dan jenis-jenis motor listrik skuter antara lain:

  • Viar Q1, berkisar mulai dari Rp16 jutaan
  • Gesits, berkisar mulai dari Rp25 jutaan
  • Segway N90C, berkisar Rp27 jutaan
  • dan United T1800, berkisar mulai dari Rp27 jutaan
  1. Jenis-jenis Motor Listrik Sport

Berbeda dengan tujuan dan kelebihan penggunaan motor listrik skuter, jenis motor listrik sport akan memberikan banyak kemudahan untuk OtoFriends dari segi tenaga. Tenaga listriknya full, performanya maksimal, sehingga cocok digunakan untuk berkendara dengan kecepatan tinggi. Namun sesuai dengan performa yang ditawarkan, harga motor listrik sport juga gak main-main. Beberapa jenis motor listrik sport yang bisa jadi pilihan antara lain:

  • Rakata Nx8, dibanderol mulai dari harga Rp54 jutaan
  • Zero SR, dibanderol mulai dari Rp300 jutaan
  • Nusa Khatulistiwa, dibanderol mulai dari Rp140 jutaan
  • Lightning LS-218, dibanderol mulai dari Rp546 jutaan
  1. Jenis-jenis Motor Listrik Klasik

Jika OtoFriends ingin mencoba sensasi berkendara dengan motor tua namun memiliki teknologi modern, tidak ada salahnya menjadikan jenis motor listrik klasik sebagai pilihan yang tepat. Beberapa pilihan jenis motor listrik klasik yang bisa di coba antara lain:

  • BF Goodrich V7, dibanderol mulai dari Rp17 jutaan
  • Elders Elettrico, dibanderol mulai dari Rp18 jutaan
  • BF Goodrich BF-CG, dibanderol mulai dari Rp19 jutaan
  • SM E-Classic, dibanderol mulai dari Rp31 jutaan

Berbagai jenis-jenis motor listrik semakin bervariasi. Tidak terbatas pada rekomendasi jenis motor listrik di atas,OtoFriends juga bisa mencoba membeli varian motor listrik lainnya. Sesuaikan dengan tujuan penggunaan, kapasitas yang dibutuhkan, dan budget yang dimiliki.

Jenis Motor Listrik Lainnya

Ingin mencoba varian motor listrik yang lebih ringan, lincah, irit tapi desain futuristik? OtoFriends bisa mencoba varian jenis-jenis motor listrik lainnya seperti otoped, skuter, dan juga segway. Berikut ulasan lengkapnya:

Baca juga: Mengenal Mobil Hybrid, Fakta Penting dan Daftar Mobilnya

  1. Otoped Listrik

Berbeda dengan otoped biasanya, OtoFriends tidak perlu lagi bersusah payah untuk mendorong tanah dengan kaki agar otoped bergerak maju. Sensasi mengendarai otoped listrik bisa OtoFriends dapatkan hanya dengan memutar tuas gas, lebih simpel dan ringan untuk digunakan. Namun, sama halnya dengan mengendarai motor listrik, OtoFriends tidak boleh lupa mengurus STNK dan mengenakan helm saat sedang berkendara otoped listrik di jalan raya. Lengkapi juga dengan pelindung siku, lutut, dan sarung tangan untuk mencegah cedera apabila terjadi kecelakaan.

  1. Skuter Listrik

Skuter listrik juga masuk dalam golongan jenis-jenis motor listrik lainnya. Namun, berbeda dengan skuter biasanya, kendaraan dengan satu roda dibelakang ini sama sekali tidak menimbulkan suara bising dan juga asap. Sayangnya, skuter listrik hanya bisa dikendarai satu orang saja. OtoFriends perlu merogoh kocek lebih dalam apabila ingin mendapatkan skuter listrik varian dua orang penumpang.

  1. Segway

Tidak kalah menarik dengan skuter dan juga otoped listrik, jenis motor listrik Segway saat ini juga sedang populer di Indonesia. Segway biasanya banyak digunakan di area bandara atau fasilitas umum. Namin, OtoFriends juga bisa membelinya untuk transportasi pribadi. Cukup keluarkan kocek mulai dari Rp25 jutaan, maka OtoFriends sudah bisa berkendara dengan Segway kece di jalanan.

Harga Motor Listrik di Indonesia

Bergantung pada jenis-jenis motor listrik, harga motor listrik di Indonesia bervariasi. Namun biasanya harga termurah dibanderol mulai dari Rp 13 jutaan. Sesuaikan kebutuhan dan pemilihan jenis-jenis motor listrik dengan spesifikasi dan mobilitas, sehingga OtoFriends bisa menggunakan motor listrik untuk beraktivitas dengan maksimal.

Perawatan Motor Listrik di Otoklix

Perawatan motor listrik terbilang cukup simpel dan ekonomis ketimbang motor konvensional. Namun perawatan dan pengecekan tetap tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Menjawab kebutuhan OtoFriends sebagai pengguna motor listrik, Otoklix hadir memberikan perawatan motor listrik Segway di Bengkel Otoklix Plus Simprug.

Baca juga: Servis Motor Listrik Segway Kini Bisa di Otoklix

Perawatan motor listrik OtoFriends akan ditangani langsung oleh tenaga profesional. Otoklix telah menjalin kerjasama langsung dengan Segway Motors Indonesia untuk memastikan setiap konsumen dan pengendara bisa menggunakan dan melakukan perawatan Segway dengan lebih mudah. Layanan yang diberikan meliputi servis kendaraan, pemeriksaan berkala, penyediaan spare parts ORI Segway dengan penanganan teknisi profesional dan jaminan transparansi harga. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Pertanyaan Seputar Jenis-jenis Motor Listrik

Ada berbagai jenis-jenis motor listrik yang beredar di Indonesia, mulai dari jenis motor listrik skuter, sport, klasik, hingga varian motor listrik lainnya seperti Otoped, Skuter, dan juga Segway.

Namun, sama halnya dengan mengendarai motor listrik, OtoFriends tidak boleh lupa mengurus STNK dan mengenakan helm saat sedang berkendara otoped listrik di jalan raya. Lengkapi juga dengan pelindung siku, lutut, dan sarung tangan untuk mencegah cedera apabila terjadi kecelakaan.

Jenis-jenis motor listrik saat ini semakin bervariasi. Mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2000an, kini penggunaannya semakin menyebar seiring dengan penggalakan pemerintah untuk mencegah peningkatan emisi karbondioksida.