Suspensi yang bagus pada kendaraan bisa meningkatkan kenyamanan berkendara. Salah satu komponen penting pada suspensi adalah multileaf spring. Multileaf spring sering juga disebut sebagai pegas daun. Fungsinya sangat penting pada sistem suspensi mobil. Komponen ini tidak cuma dipakai di mobil penumpang, tetapi juga pada truk bahkan sampai gerbong kereta api.

Apa itu multileaf spring atau pegas daun? Apa fungsi dan kelebihan serta kekurangannya? Kita bahas lebih dalam pada artikel berikut ini.

Apa Itu Multileaf Spring?

Multileaf spring adalah serangkaian pelat datar yang terbuat dari baja, berbentuk semi elips dalam berbagai ukuran. Pelat-pelan ini disusun di atas satu sama lain membentuk satu bagian bagian melengkung. Lengkungan lapisan baja ini bakal menyerap berat kendaraan dan benturan, memberikan stabilitas dan keamanan pada mobil. Setiap daunnya dirancang untuk menerima beban dan tekanan secara proporsional. 

Bentuk elips dimaksudkan untuk mempertinggi elastisitasnya. Materialnya juga terbuat dari spring steel yang bisa melentur saat ada tekanan di kedua ujungnya, tetapi bakal kembali ke posisi semula saat sudah melalui proses redaman.

Pegas daun memiliki antara 3 sampai 10 lembar lapisan pelat baja dengan tebal 3-6 mm. Pelan ini disusun dengan bagian terpendek pada bagian bawah. Pegas terpanjang (daun induk atau pegas utama) diletakkan pada bagian atas. Panjangnya berangsur memendek dari bagian atas sampai bawah. Lalu ada juga daun ekstra panjang untuk mendukung kekuatan melintang.

Bagian tengahnya disatukan dengan baut-U dan klip tengah. Supaya daun tetap sejajar selama beroperasi, maka digunakan klip rebound. Kemudian, kedua ujungnya dibentuk jadi mata pegas sehingga bisa dipasang pada rangka menggunakan baut. 

Penempatan pegas daun ini dipasang memanjang searah dengan kendaraan. Dua titik ujung-ujungnya dipasang pada roda depan dan belakang. Akan tetapi, beberapa desain memasang pegas daun tunggal pada tiap sisi.

Baca juga: Fungsi dan Prinsip kerja Active Suspension pada Mobil

Fungsi Leaf Spring

Fungsi utama multileaf spring adalah sebagai penopang beban mobil dan juga menyerap benturan saat mobil bergerak. Sebab, mobil bisa terasa naik turun saat melintasi jalanan yang tidak rata. Jadi, butuh pegas untuk meredam guncangan tersebut.

Fungsi multileaf spring adalah sebagai berikut.

  1. Memberikan kenyamanan berkendara

Untuk menempuh perjalanan jauh, misalnya pergi ke luar kota, tentu kita lebih nyaman menggunakan mobil. Dengan adanya pegas daun pada sistem suspensi mobil, maka mobil terasa lebih nyaman. Leaf spring ini akan mengurangi getaran dari kendaraan, sehingga pengemudi juga lebih fokus saat menyetir mobil. Selain itu, leaf spring tetap berfungsi maksimal saat mobil dikenai beban yang berat.

  1. Meneruskan getaran ke rangka mobil

Pegas daun akan meneruskan beban kendaraan ke rangka mobil. Beban ini disalurkan dari rangka mobil ke rumah aksel dan roda-roda mobil. Hal ini bikin mobil bisa mudah dikendalikan meskipun kondisi jalan buruk.

  1. Menahan tekanan berlebih

Saat melaju, mobil akan mendapatkan tekanan yang berubah-ubah, sehingga ada gaya perlawanan yang juga berubah. Dengan adanya pegas daun, gerakannya tidak terlalu dirasakan oleh penumpang.

  1. Mencegah tekanan dari samping

Tidak hanya tekanan dari bawah, pegas daun juga membantu mengurangi tekanan dari samping. Yaitu setir mobil yang mungkin bergerak ke kiri dan kanan. Sehingga mobil akan melaju dengan lebih stabil dan lurus. 

Fungsi multileaf spring ini terasa lebih bermanfaat untuk mobil-mobil besar yang sering membawa muatan. Oleh sebab itu, komponen ini sangat penting bagi mobil truk. Pegas daun juga sangat bermanfaat untuk kendaraan dengan area yang besar agar bebannya terdistribusi secara lebih merata.

Baca juga: Apa Itu Anti Squat dan Anti Dive pada Suspensi Mobil?

Kelebihan dan Kekurangan Leaf Spring

Melihat fungsinya yang penting dan sangat bermanfaat pada kendaraan, ada kelebihan dan kekurangan yang tidak bisa dilepaskan dari penggunaan leaf spring. Berikut ini keunggulan dan kelemahan pegas daun.

Kelebihan Leaf Spring

  • Sederhana

Dibandingkan dengan tipe pegas lainnya, konstruksi multileaf spring sangat sederhana. Tidak banyak komponen pendukung yang perlu dipasang sebab pegas daun juga berfungsi sebagai lengan ayun.

  • Kuat

Konstruksi pegas daun terkenal kuat dan lebih rigid, sehingga banyak digunakan pada mobil-mobil yang sering mengangkut beban cukup tinggi.

  • Mudah dimodifikasi

Pegas daun juga mudah dimodifikasi. Pegas ini bisa dibuat lebih tinggi atau lebih pendek, lebih empuk atau lebih keras. Contohnya kalau ingin meninggikan mobil maka bisa menambah panjang anting per daun ini. Kalau ingin dibuat lebih empuk, bisa melepas salah satu lembaran pegas.

Kekurangan Leaf Spring

Akan tetapi, di antara kelebihan multileaf spring, ada juga kekurangannya seperti di bawah ini.

  • Makan tempat

Bentuknya yang panjang dianggap makan tempat pada ruang di kolong mobil. Peletakannya juga harus agak ke tengah sehingga saat roda membelok tidak membentur lembaran pegas daun.

  • Sumbu roda berubah

Gerakan dari pegas daun bisa membuat jarak sumbu roda depan dan belakang jadi berubah, meskipun perubahannya hanya beberapa milimeter saja.

  • Bisa terdeformasi

Pegas daun juga rawan berubah bentuk saat menerima beban yang melebihi kapasitas. Bahkan, komponen ini bisa berubah menjadi bentuk S karena beban yang lebih ketika pengereman atau saat mobil berakselerasi.

Baca juga: Anti Dive pada Mobil dan Komponennya

Cara Merawat Pegas Daun

Pembahasan terakhir adalah tentang cara merawat pegas daun. Tentu saja sebagai pemilik mobil kita ingin semua komponen berada dalam kondisi prima. Begitu juga dengan pegas daun. Perlu ada pemeliharaan agar fungsinya tetap optimal. Berikut ini adalah cara merawat pegas daun.

  1. Rutin mengecek karet bushing

Di bagian ujung dari pegas daun terdapat karet yang berfungsi menghubungkan pegas dengan rangka mobil. Kalau karet ini rusak, komponen jadi tidak seimbang. Segera ganti karet bushing dengan yang baru saat yang lama sudah rusak atau sobek. Kalau tidak diganti, akan terdengar bunyi decitan saat mobil berguncang.

  1. Hindari membawa beban berlebih

Meskipun pegas ini bisa bertahan dengan beban berat, tetapi kalau terlalu sering diberi tekanan di luar batas maksimum, maka bisa membuat pegas daun ini jadi patah. 

  1. Menjaga kebersihan

Posisinya yang berada di bagian bawah mobil membuat pegas daun jadi lebih rawan kotor. Sebaiknya jaga kebersihan pegas dari lumpur maupun kotoran lain.

  1. Berikan pelumasan

Terakhir, berikan pelumasan di semua bagian yang diperlukan.

Demi menjaga supaya kondisi mobil tetap prima, baik multileaf spring, suspensi maupun semuanya, maka mobil perlu mendapatkan perawatan rutin. Dengan melakukan servis rutin secara berkala, mobil akan makin nyaman dikendarai.

Temukan berbagai layanan perawatan mobil di aplikasi Otoklix. Ada lebih dari 2.000 bengkel umum yang tersedia. Aplikasi akan melacak lokasimu dan menemukan bengkel terbaik dan terdekat dari lokasimu.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Multileaf Spring

Fungsi multileaf spring adalah sebagai penopang beban mobil dan juga menyerap benturan saat mobil bergerak. Sehingga, penumpang lebih nyaman saat berkendara. Selain itu, fungsi pegas daun juga menahan tekanan dari arah samping sehingga mobil tetap melaju lurus.

Multileaf spring adalah serangkaian pelat datar yang terbuat dari baja, berbentuk semi elips dalam berbagai ukuran. Pelat-pelan ini disusun di atas satu sama lain membentuk satu bagian bagian melengkung. Lengkungan lapisan baja ini bakal menyerap berat kendaraan dan benturan, memberikan stabilitas dan keamanan pada mobil. Setiap daunnya dirancang untuk menerima beban dan tekanan secara proporsional.

Secara umum, fungsi dari pegas adalah menahan kejutan dari jalanan yang tidak rata. Guncangan dari jalan itu ditahan oleh pegas supaya tidak langsung terasa ke bodi dan kabin mobil.