Kenyamanan mengemudi bisa dinilai dari handling mobil. Belum tentu mobil mahal memiliki handling yang nyaman dan sebaliknya. Jika memang kurang nyaman, handling pada mobil bisa ditingkatkan dengan mengganti beberapa komponen mobil.

Handling menjadi salah satu hal yang perlu OtoFriends perhatikan terutama untuk pemilik mobil. Tidak sekedar berhubungan dengan kenyaman saja, melainkan sampai masalah keselamatan. Yuk sebelum terlambat, mari kita cari tahu tentang handling dan bagaimana tips meningkatkan handling pada mobil. 

Apa Itu Handling

Handling adalah respon dari mobil terhadap tindakan yang dilakukan pengemudi seperti berbelok, akselerasi dan pengereman. Bagus tidaknya handling pada mobil bisa ditentukan dari berbagai komponen pada mobil, bukan hanya dari merk saja. Mobil yang memiliki handling bagus adalah mobil yang memiliki respon bagus dan tepat pada berbagai situasi.

Seiring berjalannya waktu, kualitas handling mobil bisa saja mengalami penurunan tidak seperti saat baru. Pemilik mobil harusnya bisa lebih peka dengan penurunan kenyamanan mobil seperti ini. Karena jika dibiarkan lama-lama bisa berakibat semakin parah. 

Ciri-Ciri Handling Bermasalah

Jika kamu menemui beberapa ciri-ciri berikut ini, berarti handling mobil sudah mulai bermasalah. Cara merawat mobil paling mudah adalah dengan melakukan service berkala di bengkel langganan. Dengan begini, kamu bisa lebih aman tidak sampai mengalami beberapa masalah handling pada mobil seperti berikut ini:

  1. Kemudi terasa berat dari biasanya

Ciri-ciri handling yang enak pada mobil adalah ringan saat di belokan dan presisi. Dengan handling mobil yang lebih berat tentunya tingkat presisinya akan berkurang dan membuat pengemudi tidak nyaman.

  1. Getaran kuat pada kemudi

Saat melewati jalanan yang tidak rata, seharusnya getaran dari roda tidak sampai tersalur ke roda kemudi. Getaran ini bisa muncul saat kecepatan sedang dan tinggi. Jika sudah menjumpai hal ini, berarti handling sudah bermasalah.

  1. Mobil bisa berbelok sendiri saat jalanan lurus

Saat melewati jalanan yang lurus, coba kamu lepaskan stir mobil. Kemudian lihat apakah mobil tetap lurus pada jalannya atau malah berbelok. Jika berbelok, berarti bisa jadi ciri-ciri handling bermasalah.

Jika kamu menemukan salah satu ciri-ciri diatas, ada baiknya bisa langsung memperbaikinya secara mandiri atau ke bengkel. Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba pada tips meningkatkan handling pada mobil berikut ini.

Baca juga: Modifikasi Mobil Ceper? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Tips Meningkatkan Handling Mobil

Kondisi setiap mobil pastinya tidak akan sama satu dengan lainnya. Untuk itu silahkan kamu mencoba beberapa tips meningkatkan handling pada mobil berikut dari tim Otoklix ya:

1. Ganti Ban

Cara pertama untuk meningkatkan handling pada mobil adalah dengan mengganti ban. Kamu bisa mencari bengkel ban terbaik yang memiliki banyak merek dan ukuran ban. Perlu OtoFriends ketahui bahwa ban memiliki beberapa jenis yaitu performance, eco dan comfort.

Untuk handling yang lebih nyaman, banyak yang merekomendasikan menggunakan ban jenis performance. Ban bertipe performance memiliki grip dan traksi ke aspal yang sangat bagus, sehingga handling bisa lebih enak. Ban eco memiliki bahan yang lebih keras sehingga lebih awet tetapi traksi kurang dan licin saat hujan. Ban comfort lebih untuk kenyamanan dengan dinding tebal dan empuk, namun handling masih kalah dengan tipe performance.

2. Ganti Velg

Ganti velg mobil dengan ukuran yang berbeda bisa jadi solusi. Saat ganti velg, alangkah baiknya sekalian membeli ban baru. Karena beda ukuran velg tentunya membutuhkan ban dengan ukuran dan profil yang berbeda pula.

Ganti velg direkomendasikan hanya naik 1 atau 2 inchi dari velg standar. Dengan mengganti velg yang lebih besar, ukuran ban akan lebih lebar sehingga akan banyak area ban yang bersentuhan dengan jalan. Dengan begini grip dan traksi yang didapatkan oleh ban akan meningkat sehingga handling menjadi lebih nyaman.

3. Ganti Bushing

Bushing adalah merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk meredam getaran yang berasal dari mesin dan jalanan. Bentuknya mirip dengan tabung besi dengan karet ada di tengahnya. Karet inilah yang berfungsi sebagai peredaman getaran.

Walaupun jika kita lihat bentuknya kecil, jika sudah rusak bushing bisa mempengaruhi kenyamanan berkendara. Contohnya saat melewati jalanan yang rusak, stir mobil akan sulit dikendalikan seperti berubah arah dengan sendirinya. Karena peredaman dari bushing sudah tidak bekerja dengan baik sehingga energi dari getaran jalan akan tersalur sampai lingkar kemudi.

4. Ganti Shockbreaker dan Per

Jika ban dan velg sudah diganti serta bushing sudah diganti dengan yang baru mobil handlingnya masih tidak enak, coba ganti shockbreaker serta per. Ganti shockbreaker dan per mobil dengan yang lebih pendek dari standarnya. Prinsipnya, semakin rendah mobil maka semakin enak dan mudah pengendaliannya.

Sisi positifnya handling akan lebih nyaman dan gejala limbung pada mobil akan berkurang. Minusnya paling pada suspensi yang terasa lebih keras dari sebelumnya. Kamu bisa mencari shockbreaker dan per aftermarket yang banyak dijual di pasaran. 

Baca juga: Service Shockbreaker Mobil, Rekondisi atau Ganti Baru?

5. Memasang Strut Bar

Strut bar merupakan salah satu komponen yang digunakan untuk balapan. Biasanya terletak pada atas bagian mesin berbentuk memanjang dari sisi kanan ke kiri. Ada juga strut bar yang berlokasi pada kaki-kaki mobil. 

Belakangan ini sudah banyak dijual strut bar aftermarket yang bisa anda aplikasikan ke mobil penumpang biasa. Tujuan alat ini dipasang untuk mengurangi peregangan dan menyeimbangkan perbedaan beban saat menikung. Inilah kenapa banyak mobil balap yang memasang perangkat ini, tujuannya handling agar lebih stabil.

6. Melakukan Spooring 

Mobil yang sering digunakan setiap hari dengan kontur jalan yang beragam tentu bisa membuat setingan pabrik berubah. Dengan melakukan spooring, setingan roda bisa dikembalikan seperti sediakala. Mudahnya, spooring ini berfungsi membuat handling mobil kembali nyaman.

Baca juga: Komponen Shockbreaker Mobil, Fungsinya, dan Cara Perawatan

Bagaimana OtoFriends, handling mobil sudah kembali normal dan nyaman lagi? Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi mobil kamu agar tetap prima. Untuk informasi mengenai tips otomotif lainnya bisa buka artikel kami di Blog Otoklix ya. 

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Handling adalah respon dari mobil terhadap tindakan yang dilakukan pengemudi seperti berbelok, akselerasi dan pengereman.

Fun to drive merupakan istilah yang berarti mobil sangat menyenangkan saat dikendarai.

Mobil paling nyaman pilihan banyak orang di Indonesia adalah Toyota Alphard.