Intake manifold masih jadi istilah asing bagi mereka yang awam otomotif. Jika OtoFriends masuk dalam golongan ini, pastikan OtoFriends membaca informasi terkait intake manifold dari Otoklix ini hingga selesai agar bisa melakukan perawatan yang tepat untuk menjaga intake manifold tetap berfungsi maksimal. 

Apa Itu Intake Manifold?

Intake manifold memiliki peran penting dalam kinerja ruang bakar mesin mobil. Perlu diketahui, intake manifold berperan sebagai tempat meletakkan injektor bahan bakar. Intake manifold terletak di dekat exhaust manifold yang merupakan sumber panas mesin. Adapun sebenarnya, intake manifold memiliki fungsi dan peran yang beragam, tergantung dari jenis mobil dan mesin yang digunakan. 

Baca juga: Boost Pressure: Sensor Penting Injeksi Bahan Bakar

Fungsi Intake Manifold

Secara umum intake manifold memiliki 4 fungsi, antara lain:

  1. Sebagai Saluran Udara

Selain berfungsi sebagai tempat meletakkan injektor bahan bakar, intake manifold memiliki peran penting sebagai tempat berkumpulnya udara yang akan masuk ke dalam ruang mesin. Udara yang ada di dalam intake manifold ini sudah bersih tersaring, sehingga siap untuk dialirkan ke silinder mesin sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

  1. Mengatur Aliran dan Volume Silinder Mesin

Selain itu intake manifold juga memiliki peran untuk mengatur aliran dan volume udara agar udara yang masuk sesuai dengan kebutuhan mesin mobil. Ketahuilah, setiap mobil memiliki jenis dan spesifikasi yang berbeda-beda sehingga perlu  intake manifold yang sesuai untuk dapat membuka tutup katup udara yang ada pada ruang mesin mobil.

  1. Menciptakan Turbulensi Udara

Fungsi intake manifold selanjutnya adalah sebagai pencipta turbulensi udara.  Turbulensi udara berfungsi untuk memperlancar proses pembakaran bahan bakar, sehingga tenaga mesin yang dihasilkan lebih maksimal.

  1. Membuat Homogen dari Campuran Udara dan Bahan Bakar 

Dalam proses pengubahan bahan bakar menjadi tenaga mesin, udara dan bahan bakar yang masuk menuju intake manifold akan diubah menjadi bentuk homogen. Pengubahan ini diperlukan untuk mengoptimalkan tenaga mesin mobil yang akan dihasilkan.

Tanda Intake Manifold Bocor

Sudah tahu fungsi utama dari intake manifold, tentu bisa dibayangkan jika terjadi kerusakan atau kebocoran pada komponen penting ini. Rutin melakukan perawatan di bengkel setiap 6 bulan sekali bisa jadi solusi tepat untuk mengantisipasi intake manifold bocor atau rusak. Lantas apa saja tanda-tanda yang dapat terlihat? Berikut ulasannya:

  1. Muncul suara mendesis dari intake manifold

Jika saat mobil dihidupkan terdengar suara desis dari arah intake manifold, maka bisa dipastikan ada masalah pada intake manifold mobil OtoFriends. Suara mendesis ini bisa menjadi tanda adanya kebocoran pada saluran intake manifold. Cobalah cek kondisinya mulai dari bagian penyaring udara hingga ke komponen intake manifold.

  1. Mesin mobil Ngadat saat di Gas

Tidak hanya terdengar suara desis dari arah intake manifold. Jika saat mobil di gas mesin mobil terlihat ngadat, maka OtoFriends wajib waspada karena bisa saja itu adalah pertanda adanya kebocoran pada komponen intake manifold. Segera bawa ke bengkel rekanan Otoklix tepercaya untuk penanganan lebih lanjut. 

  1. Mesin mobil bergetar ketika idling dan RPM rendah

Mesin mobil yang bergetar ketika idling dan RPM rendah menandakan bahwa campuran udara dan bahan bakar pada intake manifold tidak seimbang. Alhasil proses pembakaran bahan bakar tidak berjalan normal sehingga tenaga yang dihasilkan untuk menggerakkan mobil tidak maksimal.

Baca juga: 8 Komponen Mesin Mobil yang Berperan Menggerakkan Mobil

Harga Intake Manifold

Tertarik untuk meningkatkan efisiensi pembakaran dan kinerja mesin mobil OtoFriends, melakukan perbaikan atau upgrade intake manifold bisa di jadikan salah satu solusi tepat. Harga intake manifold di setiap jenis mobil berbeda, sesuai dengan jenisnya masing-masing. Adapun harga intake manifold di patok mulai dari harga Rp400 ribuan hingga Rp4 jutaan. 

Sebelum membeli, pastikan bahwa OtoFriends telah membeli intake manifold dengan kualitas terjamin dan cocok digunakan untuk ruang bakar mesin mobil OtoFriends. Biasanya pabrikan membuat intake manifold dengan kontur yang kurang halus. Hal ini berfungsi untuk mengkarburasi aliran udara yang masuk ke intake manifold. Itulah hal penting yang harus OtoFriends ketahui sebelum memutuskan untuk membeli intake manifold. Salah membeli dapat memberikan risiko kebocoran yang lebih parah dan tentu membahayakan OtoFriends jika mobil bermasalah saat sedang digunakan di jalan raya. Lakukan konsultasi untuk pembelian dan pemasangan intake manifold mobil OtoFriends. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Perawatan Intake Manifold Mobil

Sama halnya dengan komponen mobil lainnya, intake manifold juga perlu perawatan tepat. Jangan lupa lakukan servis mesin mobil secara berkala, setidaknya setiap 6 bulan sekali. 

Baca juga: Ini Nama-nama Komponen Mesin Mobil dan Gambarnya

Otoklix punya rekomendasi bengkel umum yang bisa jadi bengkel andalan OtoFriends dalam melakukan servis rutin. Otoklix bermitra dengan 2000+ bengkel umum mobil pilihan di Jabodetabek dan 20.000+ mobil telah ditangani. Harga transparan karena diberi tahu di awal booking. 100% refund jika harga di lokasi berbeda dengan harga booking. Download appsnya sekarang dan dapatkan perawatan terbaik dari bengkel rekanan terbaik kami!

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Intake Manifold

Secara umum intake manifold memiliki 4 fungsi, yaitu sebagai saluran udara, mengatur aliran dan volume silinder mesin, menciptakan turbulensi udara dan membuat homogen dari campuran udara dan bahan bakar.

Intake manifold memiliki peran penting dalam kinerja ruang bakar mesin mobil. Perlu diketahui, intake manifold berperan sebagai tempat meletakkan injektor bahan bakar. Intake manifold terletak di dekat exhaust manifold yang merupakan sumber panas mesin. Adapun sebenarnya, intake manifold memiliki fungsi dan peran yang beragam, tergantung dari jenis mobil dan mesin yang digunakan.

Beberapa tanda yang akan terlihat jika intake manifold bocor adalah adanya suara desis dari intake manifold mobil, mesin mobil ngadat saat di gas, dan mesin mobil bergetar ketika idling dan RPM rendah.