Cylinder liner merupakan salah satu komponen yang ada di dalam blok silinder mesin yang memiliki fungsi utama sebagai dudukan piston agar bisa bergerak. Cylinder liner terbuat dari bahan khusus yang mampu bertahan saat terjadi gesekan sewaktu piston bekerja.

Kendati demikian, dalam waktu yang panjang mungkin saja cylinder liner mengalami kerusakan atau baret. Dampak yang akan terjadi saat cylinder liner baret adalah terjadinya kebocoran pada sistem kompresi, piston goyang, hingga oli mesin masuk ke dalam ruang pembakaran dan menyebabkan asap mobil menjadi berwarna putih.

Ada banyak hal yang perlu kita ketahui mengenai cylinder liner seperti fungsi cylinder liner, tipe dan bahan pembuatnya, penyebab cylinder liner baret sampai harga cylinder liner mobil.

Pengertian, Fungsi, dan Tpe Cylinder Liner

Cylinder liner atau tabung silinder merupakan komponen mobil di dalam blok mesin yang memiliki tugas utama sebagai dudukan piston. Komponen ini bersifat combustion chamber yang terkoneksi dengan tekanan tinggi akibat beban gesek yang besar dari gerakan naik turun piston.

Selain itu, mekanisme kerja yang ada pada cylinder liner lainnya yakni mekanisme hisap, kompresi, kerja dan buang. Bentuk tabung atau selubung air guna menyekat antara air pendingin dan piston dengan ukuran yang sama dengan piston dan ring piston.

Umumnya, cylinder liner terbuat dari bahan yang mampu tahan terhadap suhu tinggi, tidak mudah aus dan dapat menerima beban besar dari gerakan naik turun piston. 

Cylinder liner memiliki daya serap panas yang bagus dan bisa menyalurkan suhu panas ke seluruh komponen mulai dari permukaan dalam liner sampai ke permukaan luar.

Idealnya cylinder liner memiliki ketebalan kurang lebih 5 sampai 10 mm sehingga tidak mudah karat sekalipun bagian luarnya terhubung langsung dengan air pendingin.

Ada 2 tipe cylinder liner, yang pertama wet type liner atau tipe liner basah dan dry type atau tipe kering. Pada cylinder liner tipe basah terdapat o-ring yang menjadi pembatas selubung air sehingga bisa terhindar dari kebocoran sistem pendingin.

Adapun tipe keringnya biasa disebut sleeve bisa digunakan untuk memperbaiki parent bore saat rusak. Dry type sangat rapat dengan dinding lubang silinder pada blok mesin.

Baca juga: Blok Mesin Mobil: Fungsi, Komponen, dan Cara Membersihkan

5 Bahan Pembuatan Cylinder Liner

Mengingat perannya yang cukup penting sebagai dudukan sekaligus lapisan dinding silinder yang bersentuhan langsung dengan piston, maka material pembuatnya harus memiliki kriteria ideal tertentu. 

Hampir kebanyakan bahan pembuat cylinder liner hampir sama dengan bahan pembuat blok silinder mesin. Kendati demikian, ada 5 bahan pembuat cylinder liner khusus.

1. Blok silinder mesin terbuat dari besi tuang

Secara umum, kebanyakan cylinder liner terbuat dari bahan besi tuang yang sama dengan bahan pembuat blok silinder mesin. Terdapat komposisi metal yang ditabur dengan graphit atau timah hitam di dalam perlit. Dikarenakan graphit dan karbon ini mudah aus maka cylinder oli memiliki lubang oli khusus untuk melumasi bagian tersebut.

Cylinder liner yang terbuat dari besi tuang memiliki biaya produksi cukup murah karena bisa diproduksi secara massal menggunakan cara dicor. Akan tetapi, liner silinder jenis ini memiliki kelemahan daya tahan terhadap korosi yang kurang dan ekspansi panas tinggi.

Baca juga: Pengertian Blok Silinder, Fungsi sampai Komponen Blok Silinder

2. Berbahan monichro liner atau besi tuang spesial

Monichro liner atau besi tuang spesial ini merupakan besi campuran yang mengandung nikel, chrome, dan molybdenum. Kandungan nikel dan chrome mampu meningkatkan daya tahan keausan komponen dan korosi serta daya tahan panas. Sedangkan kandungan molybdenum berfungsi untuk meningkatkan keuletan.

3. Besi tuang super tarkalloy

Super tarkalloy merupakan campuran besi tuang dengan silicon, boron, dan manganese. Keunggulan dari jenis ini antara lain:

  • Daya tahan aus tinggi,
  • Mampu meminimalisir keausan pada piston ring,
  • Biaya produk lebih rendah dibandingkan chrome plated liner,
  • Terbebas dari piston ring scuffing dan piston seizure,
  • Meningkatkan produktivitas komponen hingga menghasilkan kualitas yang tinggi.

4. Liner porous chrome plated

Keunggulan jenis ini adalah volume komponen yang padat, meningkatkan daya tahan aus  dan korosi, meminimalisir koefisien aus, serta meningkatkan daya tahan suhu panas tinggi. Pada jenis ini, kita tidak akan menemukan lubang oli yang berfungsi sebagai pelumas karena permukaan liner porous chrome plated sangat halus.

Untuk mengatasinya, chrome plated ini memiliki lekukan pada permukaan liner untuk menahan oli pelumas. Rasio daya tahan aus chrome plated cukup tinggi yakni 2 sampai 3 kalinya liner besi tuang. Kekurangannya adalah harganya yang mahal dan kurang cocok digunakan pada chrome plated piston ring,

5. Cromard liner

Jenis cromard liner merupakan jenis terbaiknya dari chrome plated liner yang memiliki banyak kekurangan. Keunggulan cromard liner, antara lain:

  • Daya tahan korosi, konduksi panas dan ketahanan aus yang sangat baik.
  • Ketidakrataan permukaan chromard ini ternyata memberikan untung yakni oli akan terpelihara secara merata.
  • Ketebalan dinding yang tipis dapat menghasilkan lubang yang lebih besar meskipun ukuran blok silinder sama.

Harga Cylinder Liner Mobil

Apabila cylinder liner mengalami baret dan kerusakan yang cukup parah sehingga harus diganti dengan yang baru, maka OtoFriends bisa membawanya ke bengkel servis tune up.

Tips menekan biaya servis mobil adalah dengan membeli komponen cylinder liner di tempat lain dengan harga yang lebih murah. Sehingga kita hanya perlu membayar biaya jasa teknisinya saja.

Dirangkum dari berbagai e-commerce dan marketplace, berikut harga cylinder liner mobil.

Komponen Cylinder LinerHarga Cylinder Liner
Harga S1115 CYLINDER LINERRp210 ribu
Harga Cylinder Liner Weichai 226B WP4 WP6 13056682 13024173 ORIGINALRp300 ribu
Harga CYLINDER LINER BORING HINO DYNA DUTRO HT 130 HT130 STDRp310 ribu
Harga Cylinder Liner Boring Fuso PS110 PS 110 PS120 PS125 PS 125 4D32 CanterRp325 ribu
Harga Cylinder Liner (Boring) Toyota Corolla Altis 1ZZ-FERp357 ribu
Harga CYLINDER LINER ONLY – LINER 4D34 4D34T PS120 PS125 CANTERRp565 ribu
Harga liner cylinder boring daihatsu taft gt/delta V83 DL kode 11461-87305Rp575 ribu
Harga liner cylinder boring daihatsu taft gt F70/delta V83 DL ( FINIS )Rp700 ribu
Mobil Liner boring buring Set Toyota avanza avanza Xenia Gran Max GranMaxRp753 ribu
Harga CYLINDER LINER ONLY – LINER FORING C223 PANTHER 2.3Rp775 ribu
Harga CYLINDER LINER BURING BORING DYNA DUTRO 130 HTRp985 ribu
Mobil boring buring Set Cylinder cylinder Cylinder Liner 4D31 Ps100 Semi FinishRp1 juta
Liner set pregio/travello boring set mobil kia travello/pregioRp1,4 juta
Liner kit atau boring set mobil L300D 4D56 dijamin baru dan bagusRp2 juta
Mobil Cylinder cylinder Cylinder Liner Buring Boring Set Mobil Mitsubishi Colt L300 DieselRp2,5 juta
Mobil Cylinder cylinder Cylinder Liner Buring Boring Set Panther 2 5Rp3 juta
Mobil Cylinder cylinder Cylinder Liner Boring Boring Set Isuzu Elf Ps77Rp5 juta

Baca juga: Hati-hati, Bagian Bagian Mesin Mobil ini Rentan Rusak

Penyebab Cylinder Liner Mesin Mobil Bekas Baret

Saat pemilik mobil kurang memperhatikan cylinder liner mobil yang menyebabkan singkatnya usia pakai komponen yang satu ini. Kerusakan yang terjadi pada cylinder liner biasanya dikarenakan gesekan antara piston dengan ring sehingga menyebabkan baret.

Meskipun cuma baret, tetapi memberikan dampak yang cukup fatal khususnya terhadap kinerja dan performa mobil.

Gejala cylinder liner baret di antaranya turunnya performa mobil, asap yang keluar jadi lebih tebal dan penurunan tekanan kompresi. Apa yang menjadi penyebab cylinder liner baret? Ini jawabannya.

1. Oli pelumasan mesin

Penyebab cylinder liner baret yang paling pertama adalah masalah pada sistem pelumasan mesin yakni oli. 

Pasalnya, piston yang bergerak naik turun ini membutuhkan pelumas yang baik untuk memperingan kinerjanya. Saat oli pelumasan menurun kualitasnya, maka gesekan antar piston tersebut akan semakin tinggi dan menyebabkan liner silinder baret.

Oleh karena itu, jangan sampai oli mesin kosong. Disarankan ganti oli mesin saat usia pakainya ingin habis. Misalnya saja kita menggunakan oli dengan daya tahan 4.000 kilometer, maka sebaiknya segera ganti oli saat kendaraan telah menempuh jarak 4.000.

2. Kendaraan mengalami overheat

Saat mesin mobil memiliki suhu panas yang begitu tinggi, maka suhu ini bisa menyebabkan pemuaian sehingga gesekan antar piston jadi semakin tinggi. Gesekan yang tinggi tersebut bisa merusak liner silinder jadi baret. Solusinya adalah dengan mengawasi sistem pendinginan mesin.

3. Filter udara

Penyebab selanjutnya adalah filter atau saringan udara. Saat filter udara kotor, maka debu dan kotoran halus bisa ikut masuk ke dalam ruang pembakaran bersama udara. Saat debu atau kotoran halus tersebut ikut terbakar, maka ampasnya akan tertahan di atas piston dan menumpuk.

Efek dari kerusakan pada cylinder liner ini adalah terjadinya kebocoran pada sistem kompresi dan piston yang oblak atau goyang. 

Pada kasus terparahnya, oli mesin bisa masuk ke dalam ruang pembakaran sehingga asap mobil jadi ngebul dan berwarna putih. Oli mesin jadi cepat habis dan mesin mobil bisa macet.

Karenanya, penting untuk selalu memperhatikan kondisi dan performa mobil dengan rutin melakukan servis mobil secara berkala. Mulai dari ganti oli mobil, servis tune up, ganti ban mobil, sampai body repair bila diperlukan.

Pertanyaan Seputar Cylinder Liner

Cylinder liner merupakan salah satu komponen yang ada di dalam blok silinder mesin yang memiliki fungsi utama sebagai dudukan piston agar bisa bergerak.

Fungsi cylinder liner adalah sebagai dudukan piston agar bisa bergerak naik turun

Penyebab cylinder liner baret di antaranya karena kurangnya oli pelumas, overheat atau filter udara yang kotor.