Dudukan plat nomor mobil adalah kerangka yang digunakan untuk meletakkan plat nomor supaya tidak mudah jatuh. Ada beragam jenis dudukan plat nomor mobil yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, dari yang berbahan plastik hingga besi.

Berikut informasi terkait dudukan plat nomor mobil, daftar harga, beserta tips memilih tempat plat nomor mobil. Simak, ya!

Estimasi harga dudukan plat nomor mobil Juni 2022

Harga tempat plat nomor mobil beragam, bergantung bahan dan kualitas. Berikut estimasi harga dudukan plat nomor mobil yang bisa OtoFriends jadikan pertimbangan.

  • Dudukan Cover Plat Nomor Motor TGP ICON Black Chrome Universal: Rp78 ribu
  • Cover Plat Nomor Mobil Universal Izy Slim Series Tatakan Dudukan Izy No Lamp: Rp63 ribu
  • Tempat Dudukan Frame Cover Bingkai Plat Nomor Mobil Plastik ABS Keras: Rp12 ribu
  • Tempat Frame Plat Nomor Mobil ACRYLIC SLIM DESIGN Dudukan Plat Akrilik: Rp48 ribu
  • Rumah Plat Nomor Stainless Motor Grade A++: Rp56 ribu
  • Plat Nomor Akrilik Acrylic Mika Tatakan Plat Nomor Mobil Mika: Rp50 ribu
  • ARGENTO Tatakan Plat Nomor Mobil Dudukan Nomor Polisi Qulitas ASTRA: Rp89 ribu
  • Frameless Plate Dudukan Plat (CLEAN LOOK) – Half Set: Rp149 ribu

Dudukan plat nomor mobil bisa custom

Seiring dengan perkembangan dunia otomotif, saat ini OtoFriends bisa mendesain produk otomotif sendiri. Cover plat nomor motor bisa ditempel macam-macam stiker motor dan aksesoris lainnya. OtoFriends juga bisa mengkreasikan tampilan plat mobil sesuai  keinginan, misalnya memasang lampu LED.

Namun demikian, jangan sampai melanggar aturan dalam memodifikasi plat nomor. Misalnya, larangan menggunakan huruf miring dan huruf timbul. Selain itu, OtoFriends juga tidak boleh menggunakan huruf angka yang sebagian ditebalkan dan sebagian lain dihapus cat piloks. Hal itu mengakibatkan nomor asli tersamar warna cat sehingga sulit untuk dibaca.

Baca juga: Daftar Plat Nomor Mobil se-Indonesia dan Jenis Kodenya

Model dudukan plat nomor mobil

Harga dudukan plat nomor mobil biasanya tergantung pada modelnya. Ada yang model dudukan meniru mobil-mobil JDM, namun ada juga yang modelnya seperti plat nomor mobil pejabat. Berikut penjelasannya.

1.       Dudukan plat nomor mobil JDM

JDM merupakan singkatan dari Japanese Domestic Market. Sehingga, model dudukan plat nomor mobil seperti ini biasanya terinspirasi dari mobil-mobil yang ada di Jepang. Selain itu, tipe dudukan plat nomor mobil ini cukup khas apabila dibandingkan dengan plat nomor mobil yang standar dari dealer.

Plat nomor yang kemiringannya bisa diatur menjadi salah satu ciri khas dudukan plat nomor mobil JDM. Posisi plat nomor yang bisa diatur kemiringannya itu dapat berfungsi sebagai pelindung bagian intercooler mobil.

Hal yang perlu diperhatikan ketika memasang dudukan plat nomor mobil JDM adalah jangan sampai arah plat nomor terlalu ke bawah. Sebab, hal itu akan membuat plat nomor sulit terbaca. Akibatnya, saat berkendara, polisi akan memberhentikan mobilmu karena dianggap tidak memasang Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sesuai peraturan lalu lintas. Tak hanya itu, polisi juga akan memberlakukan denda tilang.

Di pasaran, harga dudukan plat nomor JDM dibanderol mulai dari Rp25 ribu hingga Rp150 ribu. Hal itu bergantung pada kualitas yang ditawarkan.

2.       Dudukan plat nomor mobil pejabat

Model kedua dari dudukan plat nomor mobil adalah dudukan ala pejabat. Dudukan plat nomor mobil tersebut meniru penempatan plat nomor di mobil dinas pejabat pemerintah, anggota TNI, maupun polisi. Ciri-cirinya adalah dudukan plat nomor mobil tegak lurus menghadap ke arah depan. Namun, masih dibuat jarak antara posisi plat nomor dengan bodi mobil. Selain itu, rumah plat nomor menggunakan sistem dijepit yang plat nomor dimasukkan dari bagian atas atau dari bagian sisi.

Banyak yang menyukai tipe dudukan plat nomor pejabat karena tidak perlu melubangi plat nomor saat memasangnya. Dibandingkan dudukan plat nomor mobil JDM, harga tipe dudukan plat nomor mobil pejabat lebih mahal. Di pasaran, harganya dibanderol mulai Rp140 ribu hingga Rp300 ribu. Hal itu bergantung pada kualitas bahan plat yang digunakan.  

Model dudukan plat nomor mobil pejabat relatif lebih aman dari tilang polisi. Sebab, penempatan TNKB dudukan plat nomor mobil tersebut masih sesuai dengan peraturan lalu lintas yang berlaku.

Baca juga: Lebih Untung Booking Bengkel di Otoklix

Tips memilih dudukan plat nomor mobil

Ada beberapa hal yang perlu OtoFriends perhatikan sebelum memutuskan mengganti dudukan plat nomor mobil:

  • Pastikan ukuran plat nomor mobil yang ada di mobil sudah sesuai dengan panjang rumah plat nomor yang akan dibeli
  • Untuk plat nomor mobil yang belum diganti sejak tahun 2011, misalnya, plat nomor memiliki panjang 43 cm dengan lebar 13,5 cm
  • Untuk plat nomor polisi yang dicetak setelah tahun 2018, ukuran panjangnya 46 cm dan lebar 13,5 cm
  • Pastikan dudukan plat nomor mobil sudah cocok untuk tipe mobil yang dimiliki
  • Pilih bahan yang tidak mudah berkarat maupun patah. Besi bisa menjadi bahan yang tepat.

Itulah penjelasan mengenai dudukan plat nomor mobil. Apabila OtoFriends ingin melakukan perawatan mobil, jangan lupa lakukan booking online di aplikasi Otoklix, ya. Sebab, OtoFriends bisa mendapatkan harga yang lebih hemat hingga 50% dari harga servis di bengkel resmi. Selain itu, service di bengkel kategori OtoSelect juga bergaransi 30 hari setelah pengerjaan, lho!