Sasis space frame umumnya digunakan oleh kendaraan-kendaraan besar seperti bus karena bisa membuat bagasi jadi semakin luas. Selain sasis space frame, bus juga biasanya menggunakan sasis ladder frame. 

Pada artikel kali ini, Otoklix akan membahas mengenai sasis space frame dan keunggulannya, serta perbedaannya dengan model sasis yang lain. Simak, ya!

Apa Itu Sasis Space Frame?

Mengutip dari laman geraiteknologi.com, diberi nama sasis space frame karena desain sasis ini memiliki dua bagian rangka, yakni pada mesin belakang dan kemudi depan. Di antara rangka tersebut, terdapat space di tengah-tengah, sehingga disebut space frame. 

Kemudian, dibuatlah sambungan sasis untuk menghubungkan dua kompartemen tadi dengan bahan besi siku yang kualitas dan standarnya sudah ditentukan dengan baik. Sehingga, bagian rangka depan dan belakang bisa tersambung dengan baik.

Sasis space frame dibuat dari bahan utama aluminium. Bahan aluminium ini terkenal kuat dan juga memiliki bobot yang ringan. 

Pada beberapa bus, sasis space frame membuat bagasi jadi lebih lega karena tidak ada kerangka yang menghalangi seperti pada sasis ladder frame.

Baca juga: Rekomendasi Bengkel Mobil 24 Jam Terdekat di Jakarta Timur, Bisa Panggilan

Keunggulan Sasis Space Frame

Ada banyak keunggulan dari space frame. Salah satu keunggulan yang ditonjolkan yakni bisa membuat kapasitas bagasi lebih besar karena tidak ada tiang pembatas. Otomatis, muatannya jadi lebih banyak. 

Selain itu, sasis space frame juga memiliki kemampuan untuk bisa menahan gaya puntir dibandingkan jenis sasis ladder frame. Hal ini karena sasis space frame memiliki bahan yang lebih kaku. 

Keunggulan lain dari sasis ini yakni mudah didesain, bobotnya lebih ringan, serta mampu membuat efisiensi bahan bakar meningkat.

Jenis-Jenis Sasis Mobil Lainnya

Selain sasis space frame, ada juga jenis-jenis sasis mobil lainnya yang perlu kamu ketahui. Berikut ini daftarnya.

Backbone Chassis

Sasis backbone ini memiliki desain seperti tulang rangka utama tunggal, di mana rangka mobil akan ditempatkan di tengah-tengah bodi mobil. 

Jadi, bentuknya nanti akan melintang di mana semua rangka mobil dari depan hingga belakang akan saling terhubung.

Keunggulan dari sasis model ini adalah mudah dimodifikasi dan biayanya juga cukup terjangkau. Kekurangannya yakni tidak adanya dukungan untuk fitur keselamatan.

Ladder Frame

Sasis jenis ini merupakan sasis tertua yang ada di dunia otomotif. Desain dari sasis ladder frame ini seperti tangga, dengan material yang berat dan kokoh, sehingga cocok diaplikasikan untuk kendaraan berat seperti bus, truk, atau kendaraan angkutan lainnya. 

Keunggulan dari sasis jenis ini yakni mampu mengangkut banyak muatan, serta lebih kuat ketika melewati jalanan yang tidak rata. Sasis ladder frame juga cukup kuat dari tekanan akselerasi dan pengereman.

Dari segi harga, sasis ladder frame ini juga cukup terjangkau, sehingga lebih sering digunakan pada bus antar kota dan provinsi.

Baca juga: 12 Penyebab AC Mobil Bau dan Cara Mengatasinya

Tubular Space Frame

Sasis tubular space frame ini memiliki rangka pipa baja yang dibentuk sesuai dengan konstruksi mobil. 

Dari sisi ketahanan, kekuatan, impact dan perlindungan kekakuan, jenis sasis ini adalah yang paling bagus. Oleh sebab itu, sasis tubular space frame banyak digunakan untuk mobil balap.

Monocoque Chassis

Jenis sasis ini terkenal dengan desainnya yang menyatu dengan body mobil, sehingga bisa menopang mesin mobil dan komponen lainnya dengan baik. Sasis ini dibuat dari bahan baja komposit.

Kelebihan dari sasis ini yakni biaya proses produksi jadi lebih efisien karena tidak lagi membuat bodi mobil untuk menyambungkan sasis.

Selain itu, sasis jenis ini pun memiliki bobot yang ringan, sehingga mobil jadi lebih hemat bahan bakar. Ruang pada kabin juga jadi lebih maksimal.

Baca juga: Monocoque: Jenis Sasis pada Mobil Sport dan SUV

Bagus Mana, Sasis Space Frame atau Ladder Frame untuk Bus?

Mengutip dari Kompas.com, dari segi kekuatan, sasis ladder frame lebih unggul untuk model kendaraan bus atau truk. Selain itu, sasis ladder frame juga terbukti mampu melewati jalanan di Indonesia yang umumnya tidak rata. 

Sedangkan sasis space frame unggul untuk pemanfaatan bagasi yang lebih luas. Jadi, untuk membawa muatan bisa lebih banyak.

Untuk beberapa bus antar kota dan provinsi masih ada yang menggunakan sasis ladder frame, ada juga yang menggunakan sasis space frame. Jadi, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar Space Frame

Sasis space frame memiliki desain rangka yang ada di depan dan belakang. Bagian tengahnya kosong, sehingga membuat bagasi pada bus jadi lebih lega dan luas.

  • Space frame
  • Backbone chassis
  • Ladder frame
  • Tubular space frame
  • Monocoque chassis.

Sasis ladder frame cocok digunakan untuk kendaraan besar seperti bus karena memiliki rangka yang kuat dan kokoh, sehingga bisa untuk mengangkut muatan yang besar serta tahan terhadap berbagai tekanan di jalanan yang tidak rata.