Exhaust manifold atau biasa dikenal dengan header knalpot merupakan saluran penting dalam ruang pembakaran mobil. Exhaust manifold berperan mengumpulkan gas buang dari berbagai saluran pembuangan serta mengarahkannya ke katalis dan muffler knalpot mobil untuk disaring. 

Cek lokasi dan fasilitas bengkel terdekat di Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios dan lakukan booking secara online untuk mempermudah OtoFriends saat melakukan service mobil.
Aplikasi bengkel

Penyaringan ini berfungsi untuk meminimalisir kandungan CO2 dan gas berbahaya lainnya,  sehingga ketika knalpot mengeluarkan gas buang, gas yang dilepas dapat mengurangi penyebab terjadinya polusi udara. 

Baca juga: 6 Komponen Knalpot mobil, Fungsi, dan Cara Kerja

Sayangnya, masih banyak pengendara atau pecinta otomotif yang belum menyadari kehadiran komponen exhaust manifold ini. Sehingga, banyak kasus exhaust manifold rusak dan retak terjadi. Alhasil, bukan hanya merusak udara dan lingkungan, performa mesin mobil juga menjadi berkurang. Berikut Otoklix rangkum informasi seputar fungsi, cara kerja, dan perawatan exhaust manifold yang harus OtoFriends ketahui.

3 Fungsi Exhaust Manifold

Exhaust manifold dirancang untuk tahan terhadap suhu panas mesin mobil. Beberapa fungsinya antara lain:

  1. Mengumpulkan dan menyalurkan gas buang dari mesin pembakaran

Secara umum, tugas utama dari exhaust manifold atau header knalpot ini adalah sebagai saluran gas buang sisa pembakaran mesin. Exhaust manifold mengumpulkan gas hasil pembakaran dari setiap silinder mesin dan disalurkan ke exhaust system dan berakhir di muffler mobil. 

Jumlah saluran exhaust manifold bergantung pada jumlah silinder mesin mobil, semakin banyak jumlah silinder maka saluran exhaust manifold juga akan semakin banyak. Gas yang disaring akan membuat mobil menjadi ramah lingkungan karena kandungan gas buang yang dilepas ke udara bebas sudah minim gas berbahaya. 

Baca juga: Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih dan Penyebabnya

  1. Meredam suara ledakan mesin

Perlu OtoFriends ketahui, saat mesin mobil sedang melakukan proses pembakaran, terdapat ledakan-ledakan yang apabila tidak diredam oleh exhaust manifold akan nyaring terdengar oleh telinga. Tugas Exhaust manifold adalah meredam suara ledakan mesin pembakaran sehingga tidak menyebabkan polusi udara. Exhaust manifold terus bekerja meredam suara selama ruang pembakaran mesin mobil juga aktif bekerja.

  1. Membuat mesin bekerja lebih efisien

Exhaust manifold juga dirancang untuk membantu mesin mobil bekerja lebih efisien. Bisa dibayangkan jika aliran gas buang mobil tidak lancar, maka tenaga mesin mobil yang dihasilkan juga akan kecil dan menghambat laju mobil saat digunakan. Hal ini bergantung pada kondisi saluran exhaust manifold mobil. 

Saluran exhaust manifold yang kecil akan menyebabkan penyaringan gas buang menjadi tertekan, sebaliknya saluran exhaust manifold yang berdiameter besar akan menyebabkan mesin mobil menjadi boros bahan bakar. Kebersihan saluran exhaust manifold juga harus dijaga agar proses penyaringan gas buang bisa berjalan lancar. 

Terdapat sensor oxygen pada exhaust manifold yang dapat mendeteksi kandungan oksigen pada gas buang. ECU akan mengoreksi jumlah oksigen untuk memastikan kerja mesin tetap optimal dan hemat bahan bakar. 

Cara Kerja Exhaust Manifold

Exhaust manifold memiliki cara kerja sederhana. Melalui saluran, gas buang hasil pembakaran dari tiap silinder mesin mobil dialirkan ke saluran exhaust manifold untuk dijadikan satu dan dialirkan ke catalytic converter dan muffler. Jika komponen atau saluran exhaust manifold ini mengalami kerusakan atau kebocoran, bisa dibayangkan bahwa akan ada gas berbahaya yang terhirup dan merusak lingkungan. 

Oleh sebab itu, OtoFriends harus selalu menjaga kondisi exhaust manifold ini dalam kondisi baik dan tidak retak. Pengecekkan dapat dilakukan saat OtoFriends melakukan servis rutin di bengkel rekanan Otoklix. Rutin melakukan servis mobil setidaknya 6 bulan sekali akan membantu OtoFriends menjaga kondisi mesin mobil dapat tetap bekerja optimal

Baca juga: Cari Bengkel Knalpot mobil? Simak Dampak Knalpot Bocor

Penyebab Exhaust Manifold Rusak 

Memiliki peran krusial dalam mengalirkan gas buang hasil pembakaran, exhaust manifold dihadapkan dengan masalah perubahan suhu yang rentan membuat exhaust manifold mengalami keretakkan. Keretakkan ini diakibatkan adanya proses pemuaian dan penyusutan. Alhasil, kemungkinan kebocoran saluran exhaust manifold dapat terjadi. 

Dampak Buruk Exhaust Manifold Rusak

Perlu diketahui, jika exhaust manifold mengalami kerusakan, tidak hanya akan menimbulkan polusi udara dan suara saja melainkan dapat mengakibatkan busi menjadi kotor tertutup karbon. Istilah ini biasa disebut dengan carbon fouling. Hal ini terjadi karena, pada saat exhaust manifold retak, akan ada udara yang masuk ke dalam saluran tersebut. Menyebabkan banyak kadar oksigen terdeteksi oleh ECU. ECU yang salah membaca kadar oksigen di saluran gas buang akan menambahkan jumlah campuran bahan bakar, hasil campuran menjadi rich dan membuat busi kotor. Alhasil kinerja mesin mobil akan memburuk.

Tips Perawatan Exhaust Manifold

Menjaga kinerja mesin mobil tetap prima, perawatan exhaust manifold harus dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu:

  1. Rutin membersihkan saluran exhaust manifold dan komponen saluran gas buang lainnya setidaknya setiap 10.000 kilometer. OtoFriends dapat melakukan pembersihan dengan menyemprotkan cairan carbon cleaner untuk merontokkan kotoran menempel. Lakukan pembersihan dengan cara yang tepat. Jika melakukan dengan cara yang salah, kotoran yang menempel justru bisa masuk ke ruang silinder. Alhasil, silinder menjadi kotor dan baret. 
  2. Lap dengan kain majun jika OtoFriends merasa bahwa saluran sudah bersih. Mengelap kembali berfungsi untuk memastikan saluran benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang menempel.

Harga Exhaust Manifold

Harga exhaust manifold saat ini cukup bervariasi. Tergantung dari jumlah saluran dan kualitasnya. Harga paling murah saat ini mulai dari Rp150 ribuan.

Itulah informasi penting terkait fungsi, cara kerja, dan perawatan exhaust manifold yang perlu OtoFriends ketahui. Mengingat perawatan exhaust manifold perlu ditangani oleh tenaga ahli profesional, membawa ke bengkel untuk cek komponen exhaust manifold lebih baik untuk dilakukan, ketimbang melakukan pembersihan saluran exhaust manifold sendiri dirumah. 

Otoklix akan siap membantu OtoFriends apabila ada masalah terkait keretakan atau kebocoran saluran exhaust manifold. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Jangan lupa download Aplikasi Otoklix Android atau Aplikasi Otoklix Ios supaya memudahkan OtoFriends melakukan booking servis mobil ya.

Pertanyaan Seputar EPA Fuel Economy

Exhaust manifold atau biasa dikenal dengan header knalpot merupakan saluran penting dalam ruang pembakaran mobil. Exhaust manifold berperan mengumpulkan gas buang dari berbagai saluran pembuangan serta mengarahkannya ke katalis dan muffler knalpot mobil untuk disaring.

Exhaust manifold memiliki tiga fungsi, berperan dalam mengumpulkan dan mengalirkan gas buang ke katalis dan muffler untuk disaring, meredam suara ledakan mesin, dan membuat mesin mobil bekerja lebih efisien.

Exhaust manifold dihadapkan dengan masalah perubahan suhu yang rentan membuat exhaust manifold mengalami keretakkan. Keretakkan ini diakibatkan adanya proses pemuaian dan penyusutan. Alhasil, kemungkinan kebocoran saluran exhaust manifold dapat terjadi.