Gearset atau biasa dikenal dengan istilah gearbox merupakan sistem yang mengatur pemindah tenaga. Gearset bekerja dengan menyalurkan tenaga atau daya ke bagian mesin lainnya. Dalam penggunaannya, gearset bekerja menyesuaikan daya torsi dari gerak putar mesin. Daya ini yang kemudian diubah menjadi lebih besar sehingga tenaga dapat dipindahkan. 

Baca juga: Bevel Gears: Karakteristik, Perawatan, dan Peranannya

Berperan penting dalam kinerja mesin mobil, OtoFriends perlu mengetahui komponen dan cara kerja gearset lebih dalam sehingga dapat melakukan perawatan gearset secara tepat. Berikut Otoklix rangkum informasi lengkapnya.

Fungsi Gearset

Secara umum, gearset berperan untuk mengatur cepat lambat tenaga yang dihasilkan oleh mesin kendaraan. Pengaturan ini bertujuan agar setiap komponen bisa menghasilkan gerak atau gaya putar yang sesuai. Gearset bekerja menyesuaikan torsi gerak kendaraan sehingga dapat mengatur laju mobil ketika bergerak maju mundur. Selain itu, ada beberapa fungsi gearset lainnya, yaitu:

Baca juga: Mengenal Jenis Sistem Kemudi, Cara Kerja, dan Komponennya

  1. Menyesuaikan rasio gigi dengan beban kendaraan
  2. Memproduksi dan mengubah tenaga sehingga feeding dari komponen bisa akurat
  3. Menghasilkan gerakkan putaran balik yang teratur pada mesin kendaraan
  4. dan mengubah momen puntir untuk menyesuaikan poros saat diam atau bergerak

Adapun gearset pasti tersedia pada mobil manual dan juga matic. Perbedaannya hanya terletak pada cara pengoperasiannya. Pada mobil manual, gearset bekerja secara manual yaitu menggunakan tuas persneling dan bisa diatur sesuai kebutuhan OtoFriends. Namun pada mobil matic, gearset memiliki sistem otomatis, sehingga perubahan gear berlangsung dengan sendirinya, sesuai gerakan kendaraan atau mobil yang OtoFriends kemudikan.

Baca juga: Apa Itu Transmisi Mobil Manual dan Otomatis? Kenali Perbedaanya Berikut Ini

Dalam menjalankan tugasnya, gearset bekerja sama dengan berbagai komponen pendukung lainnya. Jika salah satu komponen mengalami aus atau kerusakan, bisa dipastikan gearset tidak akan berfungsi dengan baik. Mengatasi hal ini, OtoFriends disarankan menggunakan oli yang sesuai dengan jenis transmisi mobil sehingga membantu gearset untuk bekerja optimal. OtoFriends dapat membawa mobil OtoFriends ke bengkel untuk melakukan pengecekkan apabila ada tanda-tanda kemacetan atau kerusakan pada gearset. 

Komponen Gearset

Ingin melakukan perawatan ekstra untuk menjaga gearset selalu bekerja maksimal, OtoFriends harus tahu setiap komponen pendukung geraser, antara lain:

  1. Gear Shift Housing

Bagi OtoFriends yang belum tahu, gear shift housing berperan sebagai pengatur ketepatan transisi gigi. Gear shift housing bertugas untuk mengunci lever sehingga ketika spindel berputar, lever tidak bergerak sendiri.

  1. Main Shaft

Sebagai poros utama, main shaft berperan sebagai dudukan gear dan berbagai komponen gearset lainnya. Main shaft juga berfungsi sebagai komponen yang meneruskan putaran dari input shaft ke spindel.

  1. Input Shaft

Input Shaft berperan sebagai komponen yang menerima daya dari output unit kopling. Input Shaft ini juga berperan untuk meneruskan putaran ke main shaft yang merupakan poros utama dari gearset.

  1. Planetary Gear Section

Melalui komponen planetary gear section, gearset dapat mengubah rpm menjadi suatu rage tertentu sesuai dengan kinerja mesin mobil.

  1. Oil Pipe

Merupakan saluran oli berbentuk batang yang berfungsi untuk menyalurkan pemuas dari transmisi case ke planetary gear.

  1. Oil Filter

Sesuai namanya, komponen satu ini berperan untuk menyaring oli sehingga bersih dari kotoran. Kotoran yang menempel terbawa oleh oli rentan mengganggu kinerja gearset karena efektivitasnya sebagai pelumas telah berkurang.

  1. Piston Ring

Komponen gearset yang satu ini berbentuk seperti cincin dan berperan sebagai sekat, menjaga agar oli tidak bocor dan masuk ke bagian komponen lainnya.

  1. Sun Gear

Sun gear berperan untuk meneruskan putaran ke planetary gear. Adapun planetary gear  juga berfungsi untuk meneruskan putaran momen dan transmisi. 

  1. Bearing

Bearing adalah komponen dalam gearset yang berperan untuk menjaga kerenggangan poros. Sehingga ketika unit beroperasi, komponen terjaga, dan transmisi bekerja dengan halus.

  1. Transmisi Gear (Roda Gigi Transmisi)

Roda transmisi menjadi komponen gearset yang penting untuk mengkonversi input dari mesin menjadi output gaya torsi sehingga dapat disalurkan ke transmisi sesuai dengan kebutuhan mesin.

  1. Oil Pump Assy

Berperan untuk memompa oli sehingga dapat melumasi setiap komponen dalam sistem gearset.

  1. Clutch Housing

Sesuai dengan namanya, clutch housing berperan sebagai rumah dari clutch kopling. Selain itu, clutch housing juga berperan sebagai dudukan dari oli pump dan input shaft.

Cara Kerja Gearset

Sudah tahu setiap komponen penting dari gearset, cara kerja gearset dimulai dari penerimaan daya putar yang ada di mesin. Daya putar ini bertujuan untuk menggerakkan roda mobil. Poros roda menerima daya dari gearset. Input shaft cover yang juga berperan untuk menahan oli sehingga tidak terjadi kebocoran meneruskan putaran tersebut dari kendaraan ke oli hole cover yang merupakan saluran pipa oli. Putaran ini kemudian diteruskan menuju ke output shaft yang bekerja sama dengan berbagai komponen lainnya untuk menjaga kondisi oli tetap baik dan tidak bocor ke komponen lainnya sehingga kinerja gearset sebagai pengatur cepat lambat gerak kendaraan dapat beroperasi dengan maksimal.

Ciri Kerusakan Gearset

Beberapa ciri kerusakan gearset yang harus diwaspadai antara lain:

  • Terdapat suara aneh yang tidak biasa muncul ketika mobil dinyalakan
  • Muncul bau dari cairan transmisi yang bocor, hal ini bisa menandakan bahwa ada salah satu komponen gearset yang rusak
  • Kesulitan dalam memindahkan atau mempertahankan posisi gigi mobil

Masa Pakai Gearset

Menghitung masa pakai gearset, OtoFriends perlu memperhatikan beberapa hal yaitu berdasarkan jumlah tahun pemakaian dan hitungan KM mobil. Gearset akan wajar bermasalah ketika jumlah tahun pemakaian mobil sudah mencapai 5 tahun dan masa pakai 100.000-250.000km. 

Perawatan Gearset

Meski masa pakai gearset adalah sekitar 5 tahunan, namun OtoFriends tetap dapat melakukan perawatan untuk memperpanjang usia gearset dengan beberapa cara, yaitu:

  • Rutin membawa mobil ke bengkel rekanan Otoklix untuk melakukan penggantian oli dan filter.
  • Menggunakan cairan sintetis untuk menjaga ketahanan suhu mesin yang tinggi
  • Menggunakan pendingin gearset
  • Tidak melakukan akselerasi atau perpindahan gigi yang kasar
  • Rutin melakukan perawatan dan pengecekkan komponen mobil setidaknya setiap 6 bulan sekali

Memperhatikan kondisi gearset mobil membantu OtoFriends terhindar dari berbagai masalah seperti gearset rusak dan mobil mogok saat sedang diperjalanan. Otoklix dapat membantu OtoFriends untuk menemukan fasilitas dan pelayanan bengkel umum terbaik hanya dengan sekali klik pada aplikasi Otoklix. Segera download app nya di PlayStore atau AppStore Smartphone OtoFriends!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Gearset

Gearset atau biasa dikenal dengan istilah gearbox merupakan sistem yang mengatur pemindah tenaga. Gearset bekerja dengan menyalurkan tenaga atau daya ke bagian mesin lainnya. Dalam penggunaannya, gearset bekerja menyesuaikan daya torsi dari gerak putar mesin. Daya ini yang kemudian diubah menjadi lebih besar sehingga tenaga dapat dipindahkan.

Gearbox biasa juga dikenal dengan istilah gearset.

Menghitung masa pakai gearset, beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu jumlah tahun pemakaian dan hitungan KM mobil. Gearset akan wajar bermasalah ketika jumlah tahun pemakaian mobil sudah mencapai 5 tahun dan masa pakai 100.000-250.000km.