Half shaft merupakan bagian dari komponen sistem penggerak roda pada mobil. Perlu diketahui jika kamu menemukan istilah Half Shaft atau Axle Shaft, keduanya memiliki arti yang sama. Tugas utama komponen ini adalah meneruskan putaran dari side gear gardan menuju kedua roda.

Half shaft posisinya berada di bawah kolong mobil, untuk bisa melihatnya kamu perlu masuk ke kolong mobil. Untuk lebih jelasnya mengenai half shaft, Otoklix akan bahas pada artikel berikut. Simak sampai akhir artikel ya!

Apa Itu Half Shaft

Half shaft adalah komponen yang berfungsi untuk memindahkan daya dari transaxle ke masing-masing roda. Kenapa bisa disebut “Half” karena terdapat dua komponen lokasinya berada di kanan dan kiri. Keduanya akan menyalurkan tenaga ke masing-masing roda. 

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini:

Ilustrasi dari howacarworks.com

Pada bagian ujung half shaft digerakan oleh differential dan pada bagian luarnya terdapat bearing, letaknya diantara shaft dan axle housing. Jika kamu menggunakan mobil secara normal tidak overload, komponen penggerak roda ini aman tidak banyak masalah. Cara mudah mengenali half shaft rusak adalah ketika roda belakang tidak bisa digerakan sama sekali. 

Baca juga: Suspensi Beam Axle: Jenis, Cara Kerja, dan Karakter

Jenis Half Shaft

Half shaft terbuat dari material yang kuat agar tidak mudah retak atau patah saat menerima beban berat. Setiap kendaraan memiliki jenis shaft yang berbeda-beda tergantung jenis kendaraanya. Untuk jenis penggerak roda depan, half shaft terhubung ke transaxle, sedangkan untuk penggerak roda belakang, half shaft langsung terhubung ke diferensial.

Berikut jenis half shaft/axle shaft beserta kelebihan dan kekurangannya: 

  1. Axle Shaft Type Floating (Setengah Memikul)

Gambar half shaft floating

Axle shaft tipe floating bearing terletak diantara axle housing dan axle shaft. Untuk posisi roda langsung dipasang pada ujung axle shaft. Jenis axle shaft floating kebanyakan digunakan untuk mobil yang mempunyai beban ringan seperti mobil sedan.

Kelebihan Axle Shaft Floating

  • Desain dan konstruksinya lebih sederhana sehingga lebih mudah saat terjadi kerusakan komponen.
  • Biaya produksi komponen yang lebih murah karena sederhana.
  • Harga komponen lebih murah

Kekurangan Axle Shaft Floating

  • Axle shaft mudah bengkok karena beban dipikul langsung oleh poros.
  • Jika axle shaft sampai patah, roda mobil tidak ada yang menahan.
  • Tidak cocok untuk membawa beban berat karena rawan patah.
  1. Axle Shaft Type Three Quarter Floating (¾ Memikul Beban)

Gambar half shaft 3/4 floating

Axle shaft ¾ floating tidak menopang keseluruhan beban kendaraan. Bantalan lokasinya berada diantara axle housing, axle shaft dan wheel hub. Beban sebagian akan diarahkan ke axle housing. Axle shaft three quarter ini kebanyakan digunakan untuk kendaraan niaga dengan beban sedang.

Kelebihan Axle 3/4 Floating

  • Berat kendaraan tidak semuanya ditanggung axle shaft sehingga lebih aman dari bengkok.
  • Bila axle shaft patah, beban masih tertahan oleh bantalan.

Kekurangan Axle 3/4 Floating

  • Axle shaft masih berpotensi bengkok karena ada gaya kesamping.
  1. Axle Shaft Type Full Floating (Memikul Beban Penuh)

Gambar half full shaft floating

Jenis half shaft terakhir adalah tipe full floating, axle shaft tipe ini bantalan langsung menempel pada axle housing. Axle shaft memiliki fungsi utama untuk menggerakan roda tanpa perlu menahan beban. Jenis shaft seperti ini biasa digunakan untuk kendaraan beban berat. Saat axle shaft patah, kendaraan tetap berdiri kokoh sehingga tidak membahayakan.

Kelebihan Axle Shaft Full Floating

  • Beban kendaraan sepenuhnya ditanggung oleh axle housing sehingga axle shaft aman.
  • Gaya ke samping tidak diteruskan langsung ke axle shaft.
  • Keamanan lebih terjaga.
  • Sanggup membawa beban berat.

Kekurangan Axle Shaft Full Floating

  • Harga komponen lebih mahal
  • Saat terjadi kerusakan, biayanya perbaikan mahal.

Jika saat ini mobil yang kamu gunakan sejenis sedan atau MPV, bisa dipastikan menggunakan jenis axle shaft floating. Untuk kendaraan penumpang atau pengangkut beban, bisa menggunakan ¾ floating atau full floating.

Baca juga: Axle Tramp: Pengertian, Penyebab, hingga Cara Memperbaikinya

Komponen Half Shaft

Secara garis besar, half shaft atau axle shaft dibagi menjadi dua. Keduanya memiliki perbedaan dalam komponen penyusunnya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasannya berikut ini.

  1. Komponen Front Axle

Front axle menjadi komponen yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda kepada knuckle agar roda dapat dibelokan. Komponen-komponen penyusunnya terdiri dari berikut ini:

  • Front axle housing
  • Front axle inner shaft
  • Front axle outer shaft
  • Tapered roller bearing
  1. Komponen Rear Axle

Sedangkan rear axle merupakan komponen yang berfungsi meneruskan putaran dari side gear ke roda kendaraan. Komponen-komponen penyusunnya terdiri dari:

  • Axle shaft
  • Gasket
  • Axle shim
  • Axle retainer plate
  • Axle flange

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang

Fungsi Half Shaft

Dapat kami simpulkan dari semua pembahasan diatas, fungsi dari half shaft dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Penerus putaran ke roda

Half shaft/axle shaft berfungsi untuk meneruskan energi putaran dari gardan/differential yang dihasilkan oleh mesin. Putaran ini nantinya akan disalurkan pada masing-masing roda. Putaran inilah nantinya yang akan menggerakan roda sehingga kendaraan bisa berjalan.

  1. Penahan beban

Selain chasis mobil, beban kendaraan baik dari sisi vertikal dan horizontal juga ditahan oleh axle shaft. Apalagi untuk kendaraan berjenis pengangkut beban berat. Material yang digunakan menggunakan bahan yang kuat sehingga tidak rawan patah dan bengkok.

Demikian pembahasan mengenai half shaft atau lebih dikenal dengan axle shaft. Agar komponen ini awet, selalu lakukan service rutin dan ganti oli secara berkala. Secara umum, oli gardan harus diganti setiap 40.000 km atau 2 tahun sekali. Tujuannya agar komponen axle shaft dan lainnya tetap awet. Untuk mencari rekomendasi bengkel terbaik, bisa coba lewat aplikasi Otoklix. Kamu bisa booking bengkel lewat handphone dan harganya transparan.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Bengkel Mobil Terdekat

Axle shaft merupakan komponen yang berfungsi meneruskan putaran dari gardan atau differential mobil.

Half shaft tipe floating merupakan axle shaft yang tidak menopang beban kendaraan, biasanya ada pada mobil sedan dan kecil lainnya.

Axle adalah berarti gandar atau as roda pada mobil.