Ruang pembakaran atau yang biasa disebut combustion chamber pada mesin mobil ada beberapa jenis. Salah satunya adalah pent roof yang bentuknya seperti atap rumah. 

Masing-masing ruang pembakaran ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Semuanya saling bekerja dan berkaitan untuk menghasilkan proses pembakaran yang optimal pada mesin mobil, sehingga mobil bisa melaju dengan baik tanpa hambatan. 

Untuk memahami lebih lanjut peran pent roof pada mesin mobil, berikut ini ulasan lengkap terkait pengertian pent roof, fungsi, hingga cara kerjanya. 

Apa Itu Pent Roof?

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, pent roof merupakan jenis ruang pembakaran yang bentuknya seperti atap rumah. Lebih detailnya, bentuk pent roof ini segi empat, ada yang tegak dan juga mendatar. Ketika dihubungkan, maka bentuknya akan seperti atap rumah. 

Pent roof sendiri biasanya digunakan untuk mesin mobil yang jumlah katupnya lebih dari dua pada setiap silindernya. 

Pada pent roof, busi diletakkan di posisi sentral. Hal ini membuat pembakaran bisa menyebar dengan jarak minimum ke segala arah, sehingga proses pembakaran jadi bersih dari campuran bahan bakar yang ada di dalam ruang pembakaran.

Adanya pent roof juga bisa membuat proses penghisapan bahan bakar, udara yang masuk, serta pembuangan gas buang jadi lebih maksimal dan efektif.  

Baca juga: Boost Pressure: Sensor Penting Injeksi Bahan Bakar

Fungsi Pent Roof pada Mobil

Secara umum, fungsi dari semua ruang pembakaran adalah sama, yakni untuk melakukan proses pembakaran campuran udara dan bahan bakar yang akan menghasilkan energi agar mobil bisa melaju dengan baik. 

Yang membedakan adalah dari bentuknya, di mana pent roof memiliki bentuk seperti atap rumah. Dari bentuknya yang seperti atap rumah ini, penempatan businya pun ada di posisi sentral ruang pembakaran, sehingga membantu proses pembakaran jadi lebih cepat dan penghisapan bahan bakar dan udara juga lebih banyak. 

Untuk proses pembuangan gas pembakaran pada pent roof juga lebih baik dibandingkan dengan model ruang pembakaran lainnya.  

Bentuk Ruang Bakar Pent Roof

Sumber: teknisimobil.com

Seperti yang dilihat pada gambar, bentuk ruang pembakaran pent roof adalah segi empat. Kemudian, jika dihubungkan maka akan membentuk seperti atap rumah. 

Pent roof biasanya digunakan untuk mesin mobil yang jumlah katupnya lebih dari dua pada setiap bagian silindernya.

Jenis Ruang Bakar Lainnya

Selian pent roof, masih ada tiga jenis ruang pembakaran lainnya dengan fungsinya masing-masing. Berikut ini ulasannya untuk OtoFriends. 

1. Hemispherical Combustion Chamber

Jika bentuk pent roof seperti atap rumah, lain halnya pada ruang bakar hemispherical combustion chamber yang bentuknya setengah bulat. 

Dibandingkan dengan jenis ruang pembakaran lainnya, jenis hemispherical combustion chamber ini memiliki permukaan yang lebih kecil. 

Meskipun permukaannya lebih kecil, namun jenis ruang pembakaran ini memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya yakni efisiensi panas jadi lebih optimal karena kehilangan panas kecil. Selain itu, konstruksi ruang bakar ini juga lebih baik. 

Kelemahan dari ruang bakar hemispherical combustion chamber adalah penempatan katupnya yang lebih rumit dibandingkan dengan yang lain. 

2. Wedge Type Combustion Chamber

Jenis ruang pembakaran lainnya adalah wedge type combustion chamber yang berbentuk model baji. Konstruksi dari ruang pembakaran wedge type combustion chamber ini lebih sederhana dan penempatan katupnya pun lebih mudah. 

Kelebihan ruang bakar wedge type combustion chamber ini yakni efisiensi panas yang optimal. Model ruang bakar ini juga cukup populer karena konstruksinya yang sederhana. 

3. Bathtub Type Combustion Chamber

Jenis ruang pembakaran lainnya yakni bathtub type combustion chamber yang bentuknya seperti bak mandi. Diameter kepala katup pada jenis pembakaran ini kecil yang membuat konstruksinya jadi lebih mudah. 

Kelebihan dari bathtub type combustion chamber ini yakni proses pembakaran lebih maksimal karena terjadi pusaran gas pada proses hisap.

Untuk kelemahannya, ruang pembakaran ini kurang optimal dalam hal hisap dan buang. Hal ini lantaran diameter katup yang kecil. 

Nah, itu dia informasi terkait ruang pembakaran pent roof, fungsi, serta kelebihannya yang perlu OtoFriends ketahui. Apabila ada masalah pada ruang pembakaran di mobil OtoFriends, sebaiknya segera bawa ke bengkel terdekat atau buka aplikasi Otoklix untuk mencari tahu solusinya. 

Pertanyaan Seputar Pent Roof

Pent roof merupakan jenis ruang pembakaran yang bentuknya seperti atap rumah. Penempatan businya di posisi sentral sehingga proses pembakaran jadi maksimal.

Pent roof sendiri biasanya digunakan untuk mesin mobil yang jumlah katupnya lebih dari dua pada setiap silindernya.

Pent roof juga bisa membuat proses penghisapan bahan bakar, udara yang masuk, serta pembuangan gas buang jadi lebih maksimal dan efektif.