Ganti ban secara rutin dapat meminimalisir kerusakan. Selain itu, biaya servis juga akan lebih murah apabila ban dalam kondisi prima. Agar mobil dapat dikemudikan dengan aman dan nyaman, pemilik mobil sudah seharusnya mengganti ban mobil secara berkala. Untuk warga Jakarta Timur dan sekitarnya, berikut beberapa rekomendasi bengkel ganti ban mobil terbaik di Jakarta Timur!

Daftar bengkel ganti ban mobil Jakarta Timur

Nama Bengkel

Alamat

No. Telepon

Project Wheel

Jl. Dewi Sartika No.260, Cawang, Kec. Kramat jati, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630

  08196212479

Trijaya Ban 83

Jl. Otista Raya No.83, RW.9, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330

(021) 8198681

Formula Ban

Jl. Pramuka No.66, RT.1/RW.2, Utan Kayu Utara, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13120

(021) 8509748

Bengkel Mobil Bos Cipayung

Jl. Bina Marga No.38, RT.2/RW.3, Ceger, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820

(021) 84594896

Bridgestone One Stop Service kalimalang

 

Komp. Billy Moon, Jl. Inspeksi Kalimalang No.3A, RW.10, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

(021) 8642551

Pemuda Ban

Jl. Pemuda No.298, RT.3/RW.1, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220

(021) 4713864

Espede Ban

Jl. Pemuda No.11, RT.8/RW.4, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220

(021) 4701054

Ottoban Duren Sawit

 

Jl. Kolonel Sugiono No.30 – 31, RW.12, Duren Sawit, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13440

08118813029

Mitra Ban

Jl. Lap. Tembak No.5, RW.2, Cibubur, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13720

085213714003

Planet Lapangan Tembak Cibubur

Jl. Lap. Tembak No.39, RT.1/RW.9, Cibubur, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13420

081510398775

Tips mengganti ban mobil

1. Sesuaikan ukuran ban

Saat ingin mengganti ban mobil, pertama-tama sesuaikan dengan ukuran ban. Biasanya pabrikan mobil akan menyarankan konsumen agar tidak mengganti ukuran ban lebih dari 2 inci dari ukuran standar pabrikan. Sebab, ukuran ban yang terlalu besar bisa menyebabkan tapak ban jauh lebih lebar. Akibatnya, terjadi rolling resistance yang memberatkan beban mesin. Selain itu, performa mesin juga akan menurun dan boros bahan bakar, terutama untuk mesin kapasitas 1.500 cc ke bawah.

2. Gunakan jenis tapak sesuai kebutuhan

Tips kedua adalah menggunakan jenis tapak sesuai kebutuhan. Di pasaran ada tiga jenis bahan, yakni HT, AT, dan MT. Highway Terrain (HT) biasanya digunakan untuk kebutuhan berkendara di jalan raya yang halus, All Terrain (AT) digunakan di permukaan jalan beraspal (on road) maupun jalan tanah/kasar (off road), dan Mud Terrain (MT) digunakan di jalanan kasar atau off road.

Baca juga: Ulasan Tempat Ganti Ban Mobil Jakarta Timur

3. Gunakan ban dengan merek yang sama

Saat ingin mengganti ban, jangan membeli ban dengan merk berbeda demi keamanan dan kenyamanan. Sebab, performa setiap merk ban berbeda. Selain itu, proses desain, manufaktur, tipe ban (basah atau kering) juga berbeda. Walaupun ukuran ban sama persis, material dan konstruksi ban tidak sama.

Perbedaan ukuran ban ini tidak hanya terkait rasio tinggi ban dan lebar ban, melainkan juga ukuran velg, batas kecepatan maksimal, serta load index. Pengguna mobil juga harus memerhatikan jenis ban, apakah berjenis radial, bias, tubeless, atau tubetype. Selain itu, perhatikan pula pattern atau pola kembangan. Perbedaan pola akan mengganggu stabilitas saat mobil melaju. Performa ban juga akan terasa ketika mobil dalam kecepatan tinggi.

4. Bisa ganti satu ban saja

Banyak yang bertanya-tanya, bolehkah mengganti satu ban saja jika ban lainnya masih dalam kondisi bagus? Jawabannya, boleh-boleh saja. Pembelian ban baru tidak harus satu pasang, hal itu tergantung dari kondisi ban. Apabila kondisi ban memang sudah tidak layak, sebaiknya ganti ban sepasang agar seimbang.

Saat mengganti ban, disarankan pemasangan ban baru di bagian belakang. Hal itu untuk mencegah terjadinya oversteer saat mengemudi. Selain itu, peran ban belakang juga sangat besar saat berkendara.

Baca juga: 16 Bengkel Mobil Jakarta Timur Terdekat dari Lokasi Kamu

5. Jangan lupa lakukan balancing

Tips selanjutnya yang tidak boleh terlupakan adalah melakukan balancing roda secara rutin. Balancing ini berfungsi menyeimbangkan antara ban dan velg. Balancing ban ini tidak hanya dilakukan ketika mobil ganti ban baru, melainkan juga saat penggantian ban bekas.

Apabila OtoFriends ingin melakukan servis mobil sekaligus ganti ban, OtoFriends bisa ke bengkel terdekat. Cek di aplikasi Otoklix, lalu lakukan booking online. Dengan demikian, OtoFriends akan terbebas dari antrean panjang dan jaminan uang kembali apabila ada ketidaksesuaian harga antara di aplikasi dengan di lokasi.

Baca juga: Daftar Bengkel Ban Mobil Murah di Jabodetabek

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan seputar ganti ban mobil di Jakarta Timur

Ganti ban mobil tidak harus dua pasang sekaligus. Boleh-boleh saja bila hanya ingin mengganti salah satu ban. Namun, hal itu disesuaikan lagi dengan kondisi ban.

Idealnya, ganti ban mobil dilakukan setelah pemakaian tiga tahun. Lewat tiga tahun, segera ganti ban meskipun kembangnya masih tebal karena mobil jarang dikendarai. Ganti ban mobil adalah hal yang penting agar pengendara maupun penumpang senantiasa aman dan nyaman dalam berkendara.

Pada umumnya ban mobil boleh digunakan sampai 5 tahun. Namun, pastikan ban dalam kondisi baik, cara penyimpanannya benar, dan tidak ada kerusakan pada ban.