Cover plat nomor mobil merupakan kerangka khusus yang dibuat sebagai dudukan atau tempat untuk meletakkan plat nomor pada mobil agar tidak terjatuh. Mengingat peran plat nomor cukup krusial sebagai salah satu dokumen sah kendaraan, maka saat plat nomor terjatuh OtoFriends beresiko mendapatkan sanksi tilang.

Sementara bila plat nomor mobil menggunakan cover plat nomor mobil maka plat tetap dalam kondisi aman dan tidak terjatuh. Cara memasang cover plat nomor tergantung dari bahan cover apa yang kita gunakan. 

Banner

Meskipun begitu, hal paling mendasar agar plat nomor tersimpan rapi di tempatnya adalah dengan mengencangkan baut di setiap sisi. Secara lengkap berikut ini bahan-bahan cover plat nomor mobil, cara memasangnya hingga tips memilih dudukan plat untuk kendaraan.

Baca juga: Harga Plat Nomor Cantik, Cara Membuat dan Peraturannya

Harga Cover Plat Nomor Mobil

Mengutip dari berbagai e-commerce, berikut ini harga dudukan plat nomor mobil variasi untuk berbagai jenis, tipe dan merek mobil.

Cover Plat Nomor MobilHarga Cover Plat Nomor Mobil
Tatakan dudukan plat nomor mobil Astra 46 cm baru frame bracket importMulai dari Rp5 ribuan
Frame cover plat mobil Astra One WayMulai dari Rp15 ribuan
DCS Frame Plate – dudukan plat nomor mobil AcrylicMulai dari Rp21 ribuan
Cover tempat plat nomor mobil dudukan mika Acrylic tanpa lampuMulai dari Rp25 ribuan
Dudukan plat nomor mobil universalMulai dari Rp26 ribuan
MBL Plat Nomor – dudukan bracket lampu LED tembak braket tanduk bumper plat nomor mobilMulai dari Rp35 ribuan
Cover tempat dudukan frame plat nomor mobil terbaru 2015 46 cmMulai dari Rp40 ribuan
Cover tatakan dudukan plat nomor mobil model Astra Izy dengan AcrylicMulai dari Rp47 ribuan
Argento tatakan dudukan plat nomor mobil OEM XeniaMulai dari Rp89 ribuan
Harga tempat plat nomor mobil Avanza 2021 – 2022 On tatakan dudukan plat nomor mobil AgentoMulai dari Rp89 ribuan
Argento tatakan dudukan plat nomor mobil OEM panjang 46 cmMulai dari Rp89 ribuan
Nemo tempat dudukan plat nomor mobil carbonMulai dari Rp149 ribuan

Baca juga: Plat Nomor Palsu, Kenali Ciri-Ciri hingga Dendanya

Pertimbangkan Aspek-aspek Penting Ini Saat Membeli Cover Plat Mobil

Beragam jenis, tipe dan bahan cover plat nomor mobil membuat OtoFriends bingung cover plat seperti apa yang terbaik. Apakah cover dengan harga murah atau sebaliknya yang harganya mahal. 

Bukan tidak mungkin kita dapat membeli cover plat mobil dengan harga miring di bawah Rp20 ribuan. Namun itu semua tergantung dari beberapa aspek berikut ini.

Langkah awal adalah memastikan ukuran plat nomor mobil dan covernya telah sesuai. Sebagai contoh untuk plat nomor mobil yang belum diganti sejak tahun 2011 umumnya berukuran panjang 43 cm dan lebar 13,5 cm. Setelah mengetahui dimensi plat nomor mobil, maka beli cover plat mobil sesuai dengan ukuran tersebut.

Adapun untuk mobil dengan plat nomor yang telah tercetak setelah tahun 2018, biasanya ukuran plat nomornya memiliki panjang 46 cm dan lebar 13,5 cm. 

Setelah memastikan cover plat mobil sesuai, baru OtoFriends bisa mempertimbangkan materialnya. Otoklix sarankan untuk memilih cover plat nomor mobil dengan bahan yang kuat, tidak mudah patah, dan tidak mudah berkarat.

Kenali Material Cover Plat Nomor Mobil

Terdapat 4 pilihan material pembuat cover plat nomor untuk kendaraan, antara lain cover berbahan acrylic, plastik, bahan metal dan cover model JDM. berikut ini ulasan untuk masing-masing jenis bahan dan model.

1. Bahan dan Model Acrylic

Model dudukan plat nomor yang paling sering dicari adalah model acrylic. Material yang digunakan adalah kombinasi antara material acrylic pada bagian penutup plat nomor, sedangkan bagian dudukannya terbuat dari plastik.

Alasan model acrylic banyak peminatnya karena model dan bahan ini meningkatkan kesan mewah pada desain eksterior mobil. Harga cover plat nomor mobil acrylic beragam mulai dari Ro25 ribuan sampai Rp50 ribuan.

2. Bahan dan Model Metal

Cover plat nomor mobil yang terbuat dari material metal terkenal lebih kokoh dari jenis bahan lainnya. 

Walaupun lebih kokoh, namun cara pemasangannya justru mudah karena jenis bahan metal umumnya cover platnya bermodel slot. Kita dapat menyelipkan plat nomor setelah bagian penutup plat terpasang.

Keuntungan bahan metal lainnya yakni terdapat engsel yang berfungsi untuk menempatkan plat nomor bagian belakang. Sayangnya, harga plat menggunakan bahan dan model metal cukup mahal yakni mulai dari Rp150 ribuan.

3. Bahan dan Model Plastik

Cover plat nomor mobil berbahan plastik menjadi cover plat kendaraan yang dijual dengan harga murah yakni mulai dari Rp10 ribuan. Tak heran bila OtoFriends sering menemukan cover plan kendaraan berbahan plastik.

Keunggulan model plastik daripada model lainnya adalah terdapat lubang pada dudukan platnya sehingga kita tidak perlu melubanginya lagi. Plat nomor yang tersimpan di dalamnya akan tertahan dengan bingkai penutup dan terkunci dengan sekrup penahan.

4. Model Japanese Domestic Market (JDM)

Sementara itu, model dudukan plat nomor untuk mobil-mobil bergaya sporty menggunakan model japanese domestic market (JDM). Model JDM ini memiliki ciri khusus bentuk dudukan yang lebih menonjol, sedangkan desain engsel yang mengarahkan plat nomor menghadap ke bawah.

Kesan sporty semakin kental terlihat dengan tambahan motif karbon pada dudukan plat nomor tersebut. Kendati memiliki kesan yang begitu sporty dan mewah, namun harganya relatif masih terjangkau yakni mulai dari Rp20 ribuan.

Baca juga: Arti Kode dan Aturan Plat Mobil Dinas

Cara Menemukan Bengkel Mobil Bintang Lima Harga Kaki Lima

Setelah memutuskan untuk memiliki mobil, sebagai pemilik, OtoFriends juga perlu mengetahui bagaimana cara merawat mobil agar selalu dalam kondisi prima saat akan digunakan. 

Misalnya saja kapan waktu yang tepat mengganti oli mobil, ciri-ciri aki mobil sudah harus diganti atau kapan waktu terbaik melakukan servis tune up.

Selanjutnya adalah menentukan apakah kita akan membawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel spesialis. Kedua jenis bengkel ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. 

Bengkel resmi terkenal dengan biaya servis yang mahal, sedangkan bengkel spesialis dapat menawarkan biaya servis lebih murah namun terkadang kelengkapan spare part dan aksesorisnya tidak selengkap bengkel resmi.

Daripada bingung, lebih baik percayakan mobil OtoFriends dengan Bengkel Otoklix. Sebelum datang ke bengkel, kita bisa melakukan konsultasi secara online mengenai kerusakan atau perawatan mobil serta melakukan booking service melalui aplikasinya.

Mobilitas semakin tinggi tentu saja hidup gak mau yang ribet-ribet. Tinggal download aplikasi Otoklix, menghubungi admin, dan mobil segera diservis dalam waktu singkat.

Pertanyaan Seputar Cover Jok Mobil

Dudukan plat atau cover plat nomor mobil merupakan kerangka khusus yang dibuat sebagai dudukan atau tempat untuk meletakkan plat nomor pada mobil agar tidak terjatuh.

Terdapat 4 jenis bahan dan model cover plat mobil, antara lain model yang menggunakan bahan Acrylic, bahan Metal, bahan Plastik, dan Model Japanese Domestic Market (JDM).

Harga dudukan plat nomor mobil bervariasi mulai dari Rp5 ribuan untuk cover berukuran 46 cm, harga cover plat nomor mobil acrylic mulai dari Rp20 ribuan, harga tempat plat nomor mobil Avanza mulai dari Rp89 ribuan, hingga dudukan plat mobil carbon yang dijual mulai dari Rp149 ribuan.