Temukan contoh slip gaji karyawan toko yang tepat sesuai lini bisnis Anda. Sekalipun toko biasa, Anda yang sedang menjalankan bisnis sederhana tersebut tetap harus melengkapi pembayaran gaji karyawan dengan dokumen slip gaji.

Slip gaji merupakan dokumen penting berisikan informasi tentang rincian pembayaran gaji atau upah yang diterima karyawan. Dalam skala bisnis besar seperti perusahaan, penggunaan slip gaji sudah lazim. 

Namun, jarang sekali bisnis sederhana skala Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang membuat slip gaji bagi karyawannya. Artikel ini akan mengupas tentang apa itu slip gaji, fungsi, dan unsur-unsur yang ada pada slip gaji hingga referensi contoh slip gaji karyawan toko dan profesi lainnya.

Baca juga: Mengenal Prima Armada Raya, Perusahaan Sewa Mobil Terbaik!

Pengertian dan Fungsi Slip Gaji

Slip gaji merupakan dokumen resmi yang bersifat krusial yang diterbitkan perusahaan untuk karyawan berisikan informasi tentang rincian pembayaran gaji atau upah tiap bulan atau pada periode pembayaran gaji. 

Umumnya informasi yang tertulis dalam dokumen tersebut selain besaran gaji pokok karyawan, ada juga informasi tentang pajak, potongan lainnya atau tunjangan yang diterima karyawan.

Dengan adanya slip gaji ini akan membantu perusahaan dalam mengelola data keuangannya, sedangkan bagi karyawan dengan adanya slip gaji maka pembayaran upah jadi lebih transparansi khususnya bila ada pemotongan tertentu.

Pemerintah ikut mengatur ketentuan slip gaji bagi para pekerja di Indonesia di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Di dalam Pasal 53 undang-undang tersebut dijelaskan bahwa pengusaha atau pemilik usaha harus menerbitkan slip gaji kepada karyawan atau buruh sebagai bukti pembayaran upah atau gaji dengan informasi terperinci mengenai upah yang akan dibayarkan.

Secara lebih terperinci, adapun fungsi dan manfaat diterbitkan slip gaji, antara lain:

  • Karyawan mengetahui dengan detail unsur apa saja yang mengurangi atau menambah penghasilan bulanan, misalnya pajak atau uang lembur.
  • Karyawan dapat mengetahui rincian apa saja yang mesti mereka bayarkan sehingga gaji mereka dipotong. Sebagai contoh yakni biaya jaminan hari tua, iuran asuransi kesehatan hingga setoran koperasi.
  • Perusahaan dapat meminimalisir kecurangan atau risiko salah hitung besaran gaji karyawan.
  • Bukti sistem transparansi perusahaan pada karyawan.
  • Dokumen lampiran penting yang dibutuhkan saat karyawan mengajukan kredit atau cicilan tertentu.
  • Sebagai alat bukti sah pengeluaran perusahaan sehingga setiap pemasukan dan pengeluaran perusahaan tercatat dengan rapi.
  • Sebagai alat bukti yang sah bila terjadi kesalahan pengiriman gaji atau upah kepada karyawan.
  • Sebagai alat negosiasi karyawan saat melamar perusahaan baru.

Poin-Poin Ini Harus Tercantum dalam Slip Gaji

Umumnya slip gaji memuat informasi tentang besaran gaji pokok karyawan yang dilengkapi dengan beberapa unsur tambahan bersifat additional seperti besaran tunjangan, besaran potongan seperti pajak penghasilan atau iuran asuransi kesehatan, hingga nominal penghasilan bersih.

Sementara itu, berdasarkan teknis ada beberapa poin yang mesti ada di dalam slip gaji seperti identitas perusahaan dan karyawan, waktu dan periode pembayaran gaji, rincian perhitungan, dan pernyataan formal lainnya.

1. Identitas Perusahaan

Contoh slip gaji karyawan toko yang benar adalah yang menyertakan identitas perusahaan seperti nama perusahaan, logo perusahaan, alamat dan nomor telepon. Bahkan pada bisnis tertentu disertakan pula alamat email perusahaan.

Kendati demikian, format ini dapat menyesuaikan tergantung perusahaan atau bisnis Anda. Misalnya Anda hanya mencantumkan nama perusahaan atau toko dan nomor telepon pun boleh saja asalkan tetap ada identitas perusahaan atau bisnis.

2. Identitas Karyawan

Selain identitas perusahaan, identitas karyawan penerima slip gaji juga perlu ditulis dengan rinci dan lengkap untuk menghindari kemungkinan salah input data gaji.

Identitas karyawan yang dimaksud mulai dari nama lengkap, jabatan atau posisi, nomor induk kepegawaian dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

3. Keterangan Waktu dan Periode Pembayaran Gaji

Kemudian poin penting yang perlu Anda tulis di dalam slip gaji adalah keterangan waktu pembayaran gaji dan periode pembayaran gaji. Periode pembayaran gaji yang dimaksud adalah periode karyawan tersebut bekerja. 

Sebagai contoh bila pembayaran gaji setiap bulan maka periode bulan yang ditulis. Namun, bila karyawan dibayar harian atau mingguan maka Anda bisa mencantumkan periodenya seperti 11-20 Juli 2023.

Sedangkan waktu pembayaran gaji adalah waktu pada saat Anda membayarkan gaji dan menerbitkan slip gaji. Waktu pembayaran gaji juga penting Anda tulis agar sewaktu-waktu membutuhkan data keuangan, Anda memiliki kelengkapan laporan keuangan yang akurat.

4. Rincian Perhitungan Pembayaran Gaji

Informasi paling penting dari slip gaji adalah nominal besaran gaji pokok karyawan dan gaji yang diterima. Pada beberapa kasus mungkin saja karyawan mendapatkan pemotongan gaji karena beberapa alasan, misalnya karyawan tersebut melakukan kasbon atau meminjam uang di koperasi perusahaan.

Oleh karena itu, selain menuliskan besaran gaji pokok dan gaji bersih yang diterima karyawan, Anda juga perlu merinci setiap hak dan kewajiban karyawan seperti tunjangan, komisi, uang lembur dan transportasi, hingga besaran potongan dan pajak.

5. Pernyataan Formal Lainnya

Format terakhir yang cukup krusial yakni pernyataan formal yang menyatakan kelengkapan pembayaran gaji seperti istilah paid. Pernyataan formal lainnya yang perlu dicantumkan dalam slip gaji adalah kerahasiaan dokumen.

Baca juga: Aplikasi Bengkel Mobil Otoklix, Ini 15 Keunggulannya

Contoh Slip Gaji

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini contoh slip gaji karyawan toko dan contoh slip gaji karyawan lainnya yang bisa Anda jadikan referensi untuk menentukan format slip gaji bisnis.

1. Contoh Slip Gaji Karyawan Toko

2. Contoh Slip Gaji Guru

3. Contoh Slip Gaji Sederhana

4. Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta

5. Contoh Slip Gaji CV atau Perusahaan

Baca juga: Manfaat Servis Mobil Operasional dengan Otoklix for Business

Manfaat Fleksibilitas Pembayaran Biaya Servis di Otoklix

Dalam mengelola bisnis, sistem finansial dan keuangan perusahaan harus dibuat lebih detail dan transparan agar terhindar dari kecurangan dan kesalahpahaman. Khususnya dalam mengelola arus kas bisnis, seluruh pemasukan dan pengeluaran bisnis harus tercatat dengan detail.

Beruntungnya saat ini ada bengkel mobil yang menyediakan fasilitas fleksibilitas pembayaran sehingga Anda dapat mencatat seluruh pengeluaran uang terkait perawatan mobil sejelas dan terperinci serta dapat meninjau langsung riwayat pembayarannya.

Selain itu, terdapat pula fasilitas dasbor service online sehingga Anda dapat merawat mobil tepat waktu. Di dalam dasbor service online tersebut tertulis seluruh riwayat servis mobil operasional perusahaan yang bisa Anda akses secara online melalui aplikasi Otoklix.

Temukan berbagai layanan dan fasilitas unggulan melalui program Otoklix for Business dari Otoklix. Biaya servis lebih murah 30% dari bengkel resmi. Segera download aplikasi Otoklix sekarang juga.

Khusus untuk karyawan, Anda berkesempatan mendapatkan harga khusus dan promo menarik. Tak perlu khawatir sulit mencari bengkel sebab Otoklix telah bekerja sama dengan lebih dari 200 bengkel mobil yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pertanyaan Seputar Contoh Slip Gaji Karyawan Toko

Setiap perusahaan, baik skala UMKM maupun skala besar, dapat membuat slip gaji karyawan sendiri dengan format yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Untuk menemukan referensi dan contoh slip gaji karyawan toko, Anda dapat menemukannya di internet.

Umumnya slip gaji memuat informasi tentang besaran gaji pokok karyawan yang dilengkapi dengan beberapa unsur tambahan bersifat additional seperti besaran tunjangan, besaran potongan seperti pajak penghasilan atau iuran asuransi kesehatan, hingga nominal penghasilan bersih.

Pemerintah mengatur ketentuan slip gaji dalam Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, Pasal 53 dijelaskan bahwa pengusaha atau pemilik usaha harus menerbitkan slip gaji kepada karyawan atau buruh sebagai bukti pembayaran upah atau gaji dengan informasi terperinci mengenai upah yang akan dibayarkan.