Sempat beredar unggalan di media sosial yang mengatakan bahwa dua mobil dinas Gubernur DKI, yaitu Lexus dan Land Cruiser, menghilang. Namun, berita tersebut diklarifikasi oleh Kementerian Kominfo bahwa berita tersebut hoaks (tidak benar).

Kenyataannya, kedua mobil tersebut masih ada. Satu mobil dinas Gubernur DKI disimpan di Pemprov DKI Jakarta di Pulomas, Jakarta Timur. Sedangkan satu mobil lagi saat ini ada di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta.

Lantas, apa mobil dinas Gubernur DKI saat ini? Simak selengkapnya.

Mobil Dinas Gubernur DKI, Diberikan ke Anies Baswedan

Heru Budi hartono adalah pejabat (Pj) Gubernur DKI yang menggantikan Anies setelah habis masa tugasnya. Namun, sebagai Kepala Sekretariat Presiden, Heru masih memakai kendaraan dinasnya dari Sekretariat Negara, yaitu Toyota Innova.

Lalu, ke mana mobil dinas yang sebelumnya dipakai oleh Anies? Mobil dinas Gubernur DKI yang lama sedang dalam proses peralihan kepemilikan kepada Anies Baswedan selaku Gubernur DKI 2017-2022. Ada aturan bahwa mobil dinas bisa dialihkan kepemilikan kepada kepala daerah yang sudah menjabat lebih dari empat tahun dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Pengalihan kendaraan ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 tahun 2022. Pada pasal 18 ayat 2a disebutkan bahwa mobil yang sudah dipakai empat sampai tujuh tahun memiliki nilai jual 40 persen dari hasil penilaian mobil sesuai dengan peraturan bidang pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah.

Dengan dialihkannya mobil dinas tersebut, maka Pemprov DKI Jakarta bakal beli dua unit mobil lagi untuk kendaraan operasional. Dua mobil yang dibeli adalah mobil listrik Hyundai Ioniq Signature dan mobil berjenis SUV seharga Rp2,3 miliar.

Heru Budi Dapat 2 Mobil, Sedan dan SUV

Pengadaan mobil dinas juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 7 tahun 2006 tentang Standarisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintah Daerah.

Peraturan tersebut menyebutkan bahwa ada dua mobil dinas Gubernur DKI, yaitu sedan dengan kapasitas maksimal 3.000 cc dan juga jip/SUV dengan kapasitas maksimal 4.200 cc. Anggaran kendaraan dinas mobil Gubernur DKI adalah Rp2,37 miliar untuk jenis kendaraan SUV.

Pengadaan mobil dinas tersebut dilakukan pada Februari-Maret 2023. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Persiapkan dan Kelola Biaya Servis Mobil Dinas

Aturan Elektrifikasi Kendaraan Dinas

Selain itu, Pemprov DKI juga bakal melakukan pembelian 23 kendaraan dinas berbasis listrik. Anggarannya mencapai kisaran Rp20,3 miliar atau kira-kira Rp884 juta per unit. Mobil yang dibeli adalah Hyundai Ioniq 5 Signature.

Pengadaan mobil dinas bertenaga listrik ini dijadwalkan pada Oktober 2023 hingga November 2023. Pengadaan ini juga menunggu revisi peraturan kepala daerah untuk pembelian kendaraan ramah lingkungan.

Pembelian mobil listrik ini sesuai dengan Peraturan Presiden bahwa kita semua harus zero emisi. Pengembangan sarana transportasi adalah upaya konkret untuk menjaga lingkungan dari polusi. Namun, mengingat terbatasnya anggaran dan harga mobil listrik yang masih tinggi, maka pengadaan baru bisa dilakukan sebanyak 23 unit.

Anggaran Pemprov DKI diprioritaskan untuk penanganan banjir, kemacetan, maupun pengamanan aset DKI. Rencana penggunaan kendaraan listrik untuk mobil dinas Gubernur DKI sebelumnya sempat disampaikan oleh Anies Baswedan sebelum lengser. Namun, prioritas Anies pada sektor transportasi umum terlebih dahulu, yaitu elektrifikasi Bus TransJakarta.

Heru Budi Pilih Mobil Hybrid

Kendatipun diberikan pilihan untuk menggunakan mobil mewah, tetapi Pj Gubernur DKI hanya meminta mobil dinas Gubernur DKI yang standar saja, yaitu Kijang Innova Zenix Hybrid. Harga mobil ini tentu lebih murah daripada mobil-mobil yang ditawarkan.

Mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid baru diterima oleh Heru Budi setelah sembilan bulan menjabat sebagai Pj Gubernur. Mobil ini dirasa cukup untuk mobilitas dalam menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur DKI.

Meskipun mobil hybrid dan bukan mobil listrik murni, tetapi mobil ini sama nyamannya dengan kendaraan berbahan bakar minyak biasa. Salah satu keuntungan mobil hybrid memang tenaganya lebih besar sebab gabungan mesin BBM dan motor listrik. 

Spesifikasi Kijang Innova Zenix

Sebagai salah satu mobil yang populer dengan tingkat kenyamanan yang tinggi, Kijang Innova kembali melakukan upgrade dengan meluncurkan perpaduan MPV dan crossover. Apalagi performanya juga makin meningkat dengan menggunakan teknologi hybrid.

All New Toyota Kijang Innova Zenix dibanderol dengan harga muai dari Rp464 juta hingga Rp620 juta. 

Baca juga: Alasan Mendasar Pentingnya Perawatan Kendaraan Dinas

Mesin Toyota All New Kijang Innova Zenix

Kijang generasi keenam versi hybrid ini dibekali dengan mesin berkode M20A-FXS. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 186 ps pada 6.000 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 187,3 Nm dengan torsi 4.400 – 5.200 rpm. Motor listrik memberikan tambahan tenaga sebesar 113 ps.

Tenaga yang dihasilkan dari kedua mesin tersebut disalurkan ke transmisi CVT 10 percepatan. Pada versi hybridnya, sudah tidak ada pilihan transmisi manual. Penggeraknya juga berubah, yaitu jadi penggerak roda depan.

Baterai Ni-MH dengan ukuran kompak disimpan pada bawah kedua jok depan, sehingga baterai tersebut tidak bikin kabin mobil jadi sempit. Sebagai informasi, All New Kijang Innova Zenix tidak menyediakan pilihan mesin diesel.

Namun, konsumsi BBM All New Kijang Innova Zenix lebih irit 20-40 persen dibandingkan dengan Innova Reborn. Sebab, mesin bensin baru akan bekerja saat mobil melaju lebih dari 50 km/jam.

Eksterior Toyota All New Kijang Innova Zenix

Tampilan luar Innova Zenix ini terlihat lebih tangguh daripada generasi sebelumnya. Dimensinya yaitu panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm, dan jarak sumbu rodanya 2.850 mm. Mobil hybrid ini lebih bongsor dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Mobil ini juga sudah menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) GA-C dengan struktur monokok. Platform ini konon bisa mengurangi bobot mobil, tetapi lebih rigid. Suara dan getaran yang dihasilkan juga lebih rendah. Sehingga lebih stabil dan nyaman.

Dari sisi depan, Kijang Innova Zenix ini memakai gril dengan ukuran besar dan juga terdapat headlamp LED. Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan panoramic sunroof yang bikin mobil ini kelihatan makin modern.

Baca juga: 4 Tips Pengelolaan Kendaraan Dinas dan Aturannya

Fitur Toyota All New Kijang Innova Zenix

Selain panoramic sunroof, mobil dinas Gubernur DKI ini juga dibekali dengan fitur keamanan dan keselamatan yang canggih. Terdapat fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang mencakup pre-collision system, dynamic radar cruise control (adaptive), lane departure alert, lane tracing assist, dan automatic high beam.

Selain itu ada juga adaptive cruise control, airbag pada depan dan samping, vehicle stability control, serta blind spot monitor dan hill start assist. Terakhir, captain seat ottoman dengan sandaran kaki yang bikin Heru Budi duduk dengan rileks saat menjalankan tugas.

Meskipun tidak semahal mobil mewah yang dipakai Anies Baswedan, tetapi mobil dinas Gubernur DKI ini juga tetap nyaman dan aman, sehingga bisa menunjang fungsi dan tugasnya.

Itu dia informasi tentang mobil dinas Gubernur DKI.

Mengingat pentingnya mobil dinas tersebut, maka perlu melakukan servis mobil operasional secara rutin. Otoklix for Business membantu Anda untuk merawat kendaraan operasional. Pelayanannya responsif dan ada pengingat supaya tidak lupa jadwal servis.

Selain itu, ada sejumlah keuntungan lain yang bisa perusahaan dapatkan, antara lain harga hemat hingga 30%, layanan antar jemput gratis, hingga garansi 14 hari setelah pengerjaan. Jadi, servis mobil operasional dengan Otoklix for Business membuat anggaran kantor lebih terkontrol.

Install aplikasi Otoklix di PlayStore untuk kemudahan booking servis, mengetahui lokasi bengkel terdekat, dan servis tanpa antri. Selain via aplikasi, bisa juga booking via Whatsapp OtoBuddy di nomor 0811-9200-25.

Pertanyaan Seputar Mobil Dinas Gubernur DKI


Pj Gubernur DKI setelah lengsernya Anies Baswedan adalah Heru Budi Hartono. Menurut Koalisi Rakyat Pemerhati Jakarta Baru (KATAR), kinerja Pj Gubernur tersebut dinilai cukup baik hingga saat ini.


Pejabat Gubernur atau yang disingkat Pj adalah ASN yang menduduki jabatan pimpinan tinggi madya yang ditetapkan Presiden. Pj wajib melaksanakan tugas dan wewenang gubernur karena sedang dalam kondisi kekosongan jabatan gubernur dan wakil gubernur.


Mobil dinas yang dipakai oleh Gubernur Jawa Barat dan istri antara lain Toyota Crown, Toyota Land Cruiser, dan Toyota Alphard.