Hai, OtoFriends! Siapa nih yang lagi bingung cari velg motor yang pas? Velg motor memang jadi salah satu elemen penting buat boost tampilan sepeda motormu. Ingin coba mengganti warna velg agar motormu tampak baru? Yuk, simak tips pada artikel berikut!

Mengenal Velg dan Fungsinya

Velg bisa adalah bagian terluar dari roda sepeda motor yang fungsinya sebagai landasan ban. Biasanya, velg terbuat dari bahan logam super kuat seperti aluminium atau baja. Bentuknya pun dirancang presisi supaya ban bisa terpasang dengan mulus.

Lantas, apa fungsi velg ban motor?

Yang paling dasar, velg berfungsi untuk menopang ban yang menahan beban sepeda motor kamu. Velg juga dapat meningkatkan performa sepeda motor. Dengan velg yang tepat, sepeda motor kamu bisa jadi lebih enteng. Velg yang ringan bisa bantu akselerasi lebih cepat dan kecepatan maksimum yang lebih tinggi. Ini akan membuat sepeda motor lebih lincah dan tangguh untuk manuver di jalanan yang padat. 

Di samping itu, velg juga mendukung sistem pengereman sepeda motor dan membuat penampilan motor makin keren.

Jenis-Jenis Velg Motor

Jika dilihat dari segi desain, velg motor memiliki banyak pilihan. Namun, jika ditelaah lebih lanjut, setidaknya ada dua jenis velg motor, yaitu:

1. Velg Palang

Velg palang alias solid wheel sering dijuluki velg racing. Velg palang ini terbuat dari campuran alumunium, karbon, dan logam lainnya yang dicetak dengan presisi sehingga posisi duduk ban jadi lebih pas, terutama untuk ban jenis tubeless

  1. Velg Jari-Jari

Velg jari-Jari atau yang sering disebut spoke wheel biasanya sering kita lihat di sepeda motor. Velg ini punya jari-jari kokoh dan terbuat dari logam dengan pola tertentu yang terhubung dengan tromol. Sayangnya, velg jenis ini tidak disarankan buat sepeda motor yang menggunakan ban tubeless.

Tips Memilih Velg Motor

Meski dapat meningkatkan penampilan motor, fungsi utama velg bukanlah sebagai aksesoris saja, tetapi juga memengaruhi performa motor bahkan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, saat ingin mengganti velg, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal berikut: 

1. Pertimbangkan bahan velg

Velg motor ada yang berbahan alumunium, magnesium, dan bahkan carbon fiber. Alumunium biasanya jadi pilihan umum karena ringan dan tahan lama. Namun, jika kamu ingin velg yang lebih enteng, bisa coba yang berbahan magnesium atau carbon fiber.

2. Pilih yang ukurannya pas

Tiap motor punya ukuran velg yang berbeda. Misalnya, motor matic biasanya menggunakan velg 14, motor bebek lebih cocok velg 17, dan motor sport memilih velg 18. Jadi, pastikan ukurannya sesuai spesifikasi motormu, ya!

3. Desain velg motor

Velg dengan desain aerodinamis bisa meningkatkan stabilitas dan kecepatan motor. Ada juga velg dengan desain simpel dan elegan yang bakal membuat motormu tampil berbeda. Untuk memilihnya, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan. 

  1. Pertimbangkan merek velg

Pastikan memilih merek yang sudah terpercaya dan punya reputasi bagus di pasaran. Velg dari merek terpercaya biasanya sudah teruji dan pakai bahan berkualitas. Jadi tidak perlu khawatir soal keawetannya.

5. Pilih yang harganya sesuai kantong

Tentukan budgetmu sebelum beli velg motor. Pilih velg yang sesuai dengan kantong, tetapi tetap punya kualitas terbaik. 

7 Rekomendasi Warna Velg Sesuai Warna Motor

OtoFriends! Biar motor makin gaya, pastikan pilih warna velg yang pas. Ada beberapa rekomendasi warna velg motor yang bisa kamu pilih. Yuk, simak!

1. Velg merah buat motor warna hitam

Jika motormu hitam, coba padukan dengan velg merah untuk dapatkan tampilan yang tangguh dan sporty.

2. Velg hitam buat motor warna hijau tua

Motor hijau tua sudah memberikan kesan elegan. Namun, kamu bisa tambahkan sentuhan velg hitam untuk menambah kesan klasik yang menawan. 

3. Velg emas buat motor warna abu-abu

OtoFriends, ingin membuat motor tampak elegan dan mencuri perhatian? Kamu bisa memilih warna emas yang menonjol dan membuat motormu tampak berbeda dari  yang lain.

4. Velg emas buat motor warna biru tua

Bagi kamu yang suka tampilan classy dan stylish, kamu bisa memilih velg warna emas. Paduan warna biru tua pada motormu yang dihiasi velg emas dijamin bakal bikin kamu jadi pusat perhatian di jalan!

5. Velg emas buat motor warna merah

Merah yang mencolok bisa dipadukan dengan velg emas. Meskipun kontras, hasilnya bakal bikin motormu terlihat lebih keren. Cocok untuk yang suka tampil beda!

6. Velg kuning buat motor warna hitam

Warna kuning yang cerah pada velg-mu bakal makin menyala nih saat dikombinasikan dengan warna motor yang hitam. Selain terlihat menonjol, warna velg kuning di motor hitam bakal bikin tampilannya jadi lebih unik.

7. Samakan warna velg dengan warna motor

Tidak suka ribet? Gampang, OtoFriends! Pilih saja warna velg yang sama dengan warna motormu untuk tampilan yang simpel, minimalis, dan tetap elegan. Misalnya, motor hitam dengan velg hitam akan memberi kesan jantan dan tangguh. 

Jadi OtoFriends, sudah siap memilih velg motor yang paling pas untuk tampilan maksimal? Ingat, warna velg juga bisa jadi ekspresi gaya pribadi kamu, lho.

Jika kamu punya pertanyaan terkait kondisi motormu atau butuh saran lebih lanjut, tidak perlu sungkan-sungkan untuk menghubungi OtoBuddy pada nomor WhatsApp 0822-9837-8787. 

Tidak hanya soal velg, kamu juga boleh bertanya hal lainnya terkait motormu bersama OtoBuddy!

Pertanyaan Seputar Velg

1. Body putih bagusnya velg warna apa?

Untuk body putih, velg warna hitam atau silver seringkali memberikan tampilan yang elegan dan kontras.

2. Motor warna putih cocok dengan velg warna apa?

Motor warna putih serasi dengan velg warna hitam, silver, atau bahkan gold untuk sentuhan mewah.

3. Motor hitam cocok dengan velg warna apa?

Motor hitam bisa terlihat keren dengan velg berwarna merah atau kuning.