Faktor fundamental dalam rumus dan cara menyusun budget pemeliharaan kendaraan terletak pada jadwal penggantian suku cadang atau spare part kendaraan dan memilih jasa otomotif atau bengkel terbaik dengan harga jasa sesuai pelayanan.

Perusahaan yang memiliki kendaraan operasional perusahaan perlu memberikan pos keuangan khusus untuk merawat dan memperbaiki kendaraan tersebut. Hal ini lantaran kendaraan perusahaan termasuk ke dalam aset perusahaan yang diharapkan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Sebelum membahas lebih lanjut Anda perlu mengetahui bahwa biaya pemeliharaan dan biaya perawatan kendaraan ternyata 2 jenis pengeluaran yang berbeda. Mari simak penjelasan selengkapnya di Blog Otoklix.

Banner

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda

Baca juga: Tips Pemeliharaan Kendaraan Dinas, Pastikan Selalu Prima

Kategori Biaya Pemeliharaan Perusahaan

Secara garis besar, biaya pemeliharaan perusahaan diklasifikasikan ke dalam 3 kategori yakni kategori biaya pemeliharaan tetap, biaya pemeliharaan variabel dan biaya pemeliharaan semi variabel.

Sesuai dengan namanya, biaya pemeliharaan tetap merupakan biaya pemeliharaan yang rutin dikeluarkan perusahaan untuk memelihara fasilitas, peralatan atau aset perusahaan dalam bentuk benda mati.

Biaya pemeliharaan variabel merupakan biaya pemeliharaan yang sering berubah tergantung produktivitas perusahaan. Semakin tinggi produktivitas maka semakin besar biayanya, begitu juga sebaliknya. Biaya pemeliharaan semi variabel adalah gabungan biaya antara biaya tetap dan variabel.

Baca juga: Contoh Kasus Biaya Perawatan Mobil Dinas dan Solusinya

Cara Menyusun Budget Pemeliharaan Kendaraan

Biaya pemeliharaan kendaraan adalah biaya yang dipersiapkan pemilik kendaraan untuk memelihara dan merawat kendaraan yang dimilikinya. Adapun aktivitas memelihara dan merawat yang dimaksud meliputi servis rutin bulanan secara berkala dan ganti spare part bila dibutuhkan.

Unsur krusial dalam perhitungan biaya pemeliharaan kendaraan adalah unsur jasa pemeliharaan, harga spare part apabila perlu untuk mengganti spare part mobil dan biaya lainnya. Adapun rumus untuk mengetahui total biaya pemeliharaan antara lain:

Biaya Pemeliharaan = Biaya jasa pemeliharaan + harga spare part + biaya tambahan lainnya

Keterangan lebih lanjut mengenai unsur-unsur tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Biaya jasa pemeliharaan, durasi pemeliharaan dikalikan biaya jasa teknisi per jam. Beberapa bengkel sudah menetapkan biaya jasa untuk satu kali pemeliharaan
  • Harga spare part, spare part kendaraan memiliki usia pakai. Saat usia pakainya sudah habis maka pemilik perlu menggantinya dengan yang baru
  • Biaya tambahan lainnya, biaya ini meliputi pajak pembelian atau biaya kontrak kerja sama dengan pihak ketiga untuk memelihara fasilitas dan aset perusahaan

Untuk beberapa kasus misalnya saja Anda memiliki asuransi kendaraan maka bisa dimasukkan ke dalam perhitungan biaya pemeliharaan kendaraan.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis.

Baca juga: Rincian Biaya Perawatan Mobil Dinas Terlengkap

Perbedaan Biaya Perawatan dan Biaya Perbaikan

Dalam perhitungan biaya pemeliharaan kendaraan terdapat 2 jenis biaya yakni biaya perawatan dan biaya perbaikan kendaraan. Sekilas kedua istilah ini memiliki makna yang sama, namun ternyata kedua jenis biaya ini berbeda. Berikut ini tabel perbedaan biaya perawatan dan perbaikan.

Biaya PerawatanBiaya Perbaikan
TujuanMemelihara kendaraan sebagai aset perusahaan supaya dapat digunakan dengan optimalMembetulkan yang rusak sehingga nilai aset tersebut kembali serta dapat bermanfaat lagi untuk kegiatan perusahaan
Waktu PemeliharaanMerawat kendaraan rutin secara berkala sesuai jadwal yang telah ditetapkanMelakukan perbaikan saat kendaraan rusak untuk kemudian dikembalikan lagi nilai dan manfaat aset tersebut
Manfaat PembiayaanManfaat yang dirasakan tidak lebih dari 12 bulan, tergantung jadwal pemeliharaan setiap komponenManfaat akan dirasakan lebih dari 12 bulan tergantung pemakaian kendaraan
Posisi Pembiayaan dalam Laporan KeuanganTercatat sebagai beban pada laporan laba rugiTercatat sebagai aset atau bagian dari aset pada laporan neraca keuangan

Tips mempermudah Anda untuk mencatat pengeluaran biaya pemeliharaan kendaraan operasional perusahaan adalah dengan memanfaatkan layanan khusus yang tersedia di bengkel. Lakukan riset mendalam untuk mengetahui bengkel mana yang memiliki layanan khusus memelihara dan merawat mobil operasional perusahaan.

Otoklix For Business adalah partner terpercaya dalam perawatan kendaraan operasional dan manajemen fleet.

Dengan 600+ bengkel mitra di seluruh Indonesia, garansi 14 hari, layanan pelanggan yang responsif, dan harga kompetitif, Otoklix berfokus pada efisiensi dan keandalan operasional kendaraan bisnis Anda di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat layanan unggulannya seperti, Home Service, Layanan Antar Jemput Gratis, dan Emergency Handling.

Percayakan mobil operasional dan fleet Anda pada layanan Otoklix For Business. Informasi lebih lanjut dan penawaran, Whatsapp 0811-920-025 atau kunjungi halaman otoklix.com/bisnis. Otoklix For Business: Partner Terpercaya Kendaraan Operasional Anda

Pertanyaan Seputar Cara Menyusun Budget Pemeliharaan Kendaraan :


Biaya pemeliharaan kendaraan adalah biaya yang dipersiapkan pemilik kendaraan untuk memelihara dan merawat kendaraan yang dimilikinya. Adapun aktivitas memelihara dan merawat yang dimaksud meliputi servis rutin bulanan secara berkala dan ganti spare part bila dibutuhkan.


Unsur krusial dalam perhitungan biaya pemeliharaan kendaraan adalah unsur jasa pemeliharaan, harga spare part apabila perlu untuk mengganti spare part mobil dan biaya lainnya. Adapun rumus untuk mengetahui total biaya pemeliharaan dengan menjumlah ketiga unsur tersebut.


Biaya pemeliharaan tetap merupakan biaya pemeliharaan yang rutin dikeluarkan perusahaan untuk memelihara fasilitas, peralatan atau aset perusahaan dalam bentuk benda mati.