Rutin melakukan servis kendaraan kantor dapat membantu aktivitas bisnis perusahaan. Sebab seluruh mobilitas dan aktivitas bisnis sehari-hari dapat berjalan lancar. Pegawai dapat melakukan mobilitas untuk mengirim barang ataupun bertemu dengan partner bisnis.

Sesuai dengan pengertiannya bahwa kendaraan dinas operasional kantor merupakan alat transportasi yang dimiliki perusahaan untuk menunjang tugas dan fungsi setiap individu dan karyawan perusahaan. 

    Sedangkan servis kendaraan merupakan kegiatan pemeliharaan dan perawatan kendaraan bermotor untuk memastikan performa kendaraan dalam keadaan baik.

    Tujuan melakukan perawatan dan servis kendaraan ini untuk memperpanjang usia pemakaian kendaraan. Idealnya usia pemakaiannya sekitar 3 tahun, akan tetapi bila Anda rutin melakukan servis secara berkala maka Anda dapat memperpanjang usia pemakaiannya hingga 5 tahun. Berikut ini jenis-jenis pemeliharaan kendaraan bermotor.

    Baca juga: Alasan Mendasar Pentingnya Perawatan Kendaraan Dinas

    1. Periksa Oli Mesin

    Fungsi oli mesin pada mobil berguna sebagai pelumasan pada komponen mesin untuk mengurangi gaya gesekan antar komponen sekaligus meredam gaya gesek, menjadi sistem pendingin pada mesin mobil, serta membersihkan endapan kotoran sehingga komponen terhindar dari karat dan korosi.

    Idealnya ganti oli mesin mobil saat mobil sudah menempuh jarak antara 5.000 sampai 10.000 kilometer dan berlaku kelipatan. 

    Tips untuk mengetahui apakah oli mesin sudah waktunya diganti, Anda bisa mengoleskan sedikit oli yang sudah dingin di telapak tangan kemudian perhatikan apakah ada serpihan halus di dalamnya. Bila ada maka sudah waktunya ganti oli mobil. Selain oli, Anda perlu memeriksa filter oli juga.

    2. Periksa Kualitas Cairan dan Pelumasan 

    Selain oli mesin mobil, ada sistem pelumasan dan cairan lainnya yang membantu proses daya serap gesekan dan membantu proses pendinginan kerja komponen. 

    Cairan dan sistem pelumasan tersebut antara lain air radiator (coolant) untuk mendinginkan mesin mobil, pelumasan power steering, cairan pelumasan pada sistem pengereman dan oli transmisi.

    Setiap cairan pelumasan memiliki aturan pakai yang berbeda. Misalnya saja oli transmisi yang diganti setiap mobil menempuh jarak 30.000 kilometer. Cari tahu bagaimana cara memeriksa dan mengganti sistem cairan pelumasan mobil melalui blog otomotif.

    3. Periksa Kondisi Kopling Mobil

    Servis kendaraan kantor ringan selanjutnya yakni memeriksa kondisi kopling kendaraan, khususnya bila kendaraan operasional perusahaan Anda bertransmisi manual.

    Tips untuk mengetahui apakah kopling sudah aus atau belum dengan merasakan tuas saat melakukan perpindahan gigi. Tuas akan terasa berat saat Anda melakukan perpindahan gigi karena komponen kopling sudah aus.

    Selain itu, persneling yang susah dipindahkan juga menjadi ciri-ciri kampas kopling sudah aus.

    Baca juga: 6 Standarisasi Perawatan Kendaraan Kantor

    4. Periksa Kondisi Aki Mobil

    Jenis servis selanjutnya adalah dengan memeriksa kondisi kesehatan aki mobil. Aki mobil berperan penting dalam memenuhi sumber listrik bagi para komponen kelistrikan pada kendaraan agar dapat bekerja dengan optimal.

    Idealnya usia penggunaan aki mobil mencapai 3-4 tahun tergantung dari penggunaan masing-masing kendaraan. 

    Saat kondisi aki mengalami penurunan, maka daya listrik yang tersalurkan dari aki ikut menurun. Sejalan dengan itu, komponen kelistrikan pada mobil ikut mengalami penurunan kinerja.

    Adapun beberapa komponen kelistrikan pada mobil antara lain lampu mobil, klakson, AC mobil, hingga mesin untuk menyalakan mesin mobil.

    Lakukan pemeriksaan secara berkala kondisi aki mobil dengan cara memperhatikan volume air aki menggunakan garis batas penanda dan memeriksa tegangan aki menggunakan voltmeter.

    5. Periksa Kabel dan Lampu

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa cara untuk mendeteksi aki mobil dengan melihat kinerja komponen kelistrikan pada kendaraan.

    Namun, saat lampu mobil redup, penyebabnya bukan hanya kondisi aki yang mengalami penurunan daya kerjanya saja, melainkan bisa karena penyebab lain seperti lampu mobil sudah harus diganti atau ada kabel yang kendur atau terputus.

    Lampu memiliki peran cukup krusial dalam menjamin keselamatan dan keamanan pegawai selama berkendara. Saat lampu mobil terlihat redup, maka segera lakukan pemeriksaan di Bengkel Otoklix.

    6. Perawatan Servis Tune Up

    Walaupun mobil tidak mengalami penurunan mesin, akan tetapi dalam keadaan normal, mobil yang telah menempuh jarak tempuh minimal 10.000 kilometer dan berlaku kelipatannya, perlu melakukan perawatan servis tune up.

    Anda dapat melihat aturan melakukan servis tune up melalui buku panduan manual mobil yang diberikan produsen mobil. Dengan rutin melakukan servis tune up, Anda dapat melakukan proses peremajaan pada komponen mesin sehingga selalu dalam performa yang maksimal.

    7. Rutin Mencuci Kendaraan

    Sebaiknya Anda rutin membersihkan dan mencuci mobil seminggu sekali. Selain itu, setelah berkendara di bawah hujan maka sebaiknya segera bersihkan kendaraan agar air hujan dan air becekan tidak menempel pada permukaan mobil.

    Pasalnya air hujan mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk permukaan cat mobil dan kaca mobil sehingga timbulnya jamur dan dapat merusakan bagian tersebut. Daripada harus membawa mobil ke bengkel body repair untuk melakukan cat ulang, lebih baik rutin mencuci mobil setelah berkendara di tengah hujan.

    Demikianlah informasi mengenai jenis-jenis servis kendaraan kantor yang berlaku juga untuk kendaraan penggunaan pribadi.

    Baca juga: Contoh Kasus Biaya Perawatan Mobil Dinas dan Solusinya

    Kini, Anda bisa bernapas lega karena kegiatan perawatan dan pemeliharaan kendaraan operasional perusahaan bisa dipercayakan langsung kepada Bengkel Otoklix.

    Bengkel Otoklix memiliki layanan unggulan yakni Otoklix for Business yang diperuntukkan bagi perusahaan, organisasi, institusi pemerintahan dan sejenisnya yang bingung bagaimana cara memelihara mobil dinas operasionalnya.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai Otoklix for Business, silakan download aplikasi Otoklix. Anda juga bisa menghubungi Tim OtoBuddy melalui WhatsApp 0811-920-025.

    Otoklix menawarkan biaya dan harga servis yang kompetitif dari bengkel-bengkel lain sehingga Anda dapat menghemat anggaran pemeliharaan kendaraan operasional dinas. Segera download aplikasi Otoklix sekarang.

    Pertanyaan Seputar Servis Kendaraan Kantor :


    Kendaraan dinas operasional kantor merupakan alat transportasi yang dimiliki perusahaan untuk menunjang tugas dan fungsi setiap individu dan karyawan perusahaan.


    servis kendaraan merupakan kegiatan pemeliharaan dan perawatan kendaraan bermotor untuk memastikan performa kendaraan dalam keadaan baik.


    Pemeliharaan kendaraan merupakan aktivitas merawat dan memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan maksimal. Adapun aktivitas pemeliharaan kendaraan antara lain memeriksa kondisi oli mesin mobil, memeriksa kualitas sistem cairan pelumasan, kondisi aki mobil, melakukan servis tune up, memeriksa kabel dan lampu mobil hingga rutin mencuci mobil.