Cara daftar BLT BBM (Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak) bisa dilakukan secara online melalui smartphone atau gadget apapun. Besaran bantuan BLT BBM 2023 sebesar Rp300 ribu untuk satu kartu keluarga (KK).

Melihat riwayat BLT BBM di tahun 2022 kemarin, pemerintah mengeluarkan dana sebesar Rp12,39 triliun. Di tahun ini, anggaran yang dipersiapkan cukup besar karena jumlah KK yang akan mendapatkan BLT BBM ini sekitar 20,6 juta KK.

Banyak yang mempertanyakan, tahap 3 BLT BBM 2023 kapan cair? Bantuan tahap 3 ini akan jair sekitar bulan Juli-September secara bertahap. Berikut ini cek daftar bantuan pemerintah dan cara daftar BLT BBM 2023.

Baca juga: Nggak Punya Waktu ke Bengkel? Tenang, Otoklix Siap Datang ke Rumah

Cara Daftar BLM BBM

Tujuan program BLT BBM dari pemerintah ini untuk membantu mengurangi beban perekonomian masyarakat yang berdampak dari kenaikan harga BBM secara bertahap selama pandemi covid-19 kemarin. Berikut ini cara daftar BLT online.

1. Syarat Penerima BLT BBM 600 ribu

Umumnya, untuk mendapatkan bantuan langsung dari pemerintah kita harus memenuhi beberapa persyaratan agar masuk ke dalam daftar bantuan pemerintah. Beberapa persyaratan umum, antara lain:

  • Calon penerima memiliki KK dan KTP yang masih berlaku.
  • Calon penerima telah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial dari Dinas Sosial setempat.
  • Calon penerima memiliki surat keterangan tidak mampu (SKTM) atau surat keterangan penerima bantuan sosial (SKPBS) dari institusi yang berwenang.
  • Calon penerima memenuhi kriterai pendapatan dan kondisi perekonomian yang telah ditetapkan pemerintah.

Adapun aturan yang telah dirilis oleh Kementerian Ketenagakerjaan untuk mengatur syarat dan kriteria penerima BLT BBM. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022 menjelaskan masyarakat yang berhak menjadi penerima BLT BBM apabila sudah memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Calon penerima merupakan warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki KTP aktif.
  • Calon penerima bisa dari seluruh kalangan masyarakat kecuali aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri.
  • Calon penerima BLT mengikuti program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Calon penerima BLT memiliki penghasilan atau gaji maksimal sebesar Rp3,5 juta.
  • Calon penerima yang belum memiliki pekerjaan tetap, makan calon penerima tersebut termasuk ke dalam kategori miskin namun telah tercatat datanya sebagai penerima manfaat bantuan Desa Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

2. Daftar BLT Online

Setelah OtoFriends telah memenuhi persyaratannya, selanjutnya download dan instal aplikasi Cek Bansos di smartphone atau gadget kita untuk melakukan pendaftaran sebagai salah satu penerima dalam daftar bantuan pemerintah ini. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Membuat akun baru pada aplikasi Cek Bansos.
  • Memasukkan data dan informasi pribadi meliputi nomor KK, NIK, nama lengkap sesuai KTP, provinsi kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan, alamat sesuai KTP, nomor HP, email, username, password, melampirkan swafoto dengan memegang KTP dan foto KTP.
  • Memastikan seluruh data dan informasi yang diinput telah benar, kemudian pilih button “Buat Akun Baru” kemudian melakukan aktivasi melalui email yang terdaftar.
  • Setelah proses verifikasi telah berhasil, segera lakukan Login pada aplikasi Cek Bansos melalui username dan password yang telah terdaftar tersebut.
  • Selanjutnya pilih menu “Daftar Usulan”, lalu pilih “Tambah Usulan”.
  • Memasukkan data dan informasi seperti nomor KK, nama lengkap sesuai KTP, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan kelurahan, alamat sesuai KTP, nama lengkap ibu kandung, nomor telepon aktif, melampirkan foto KTP dan foto tampak depan rumah.
  • Memastikan seluruh informasi yang telah diisi benar lalu klik button “Tambah Usulan”.
  • Tunggu beberapa saat agar tim khusus dari Kemensos dapat melakukan verifikasi. Bila OtoFriends memenuhi kriteria, maka akan ada tim yang segera menghubungi.

3. Tahapan Daftar BLT Online

Ketahui pula tahapan-tahapan dalam proses pengajuan calon penerima BLT BBM 2023 sebagai berikut:

  • Verifikasi kelayakan, cari tahu kriteria dan persyaratan yang ditetapkan pemerintah bagi para calon penerima BLT BBM, misalnya seperti status sosial ekonomi dan kondisi perekonomian.
  • Pengajuan dokumen dan data diri, bagi masyarakat yang telah memenuhi kriteria bisa segera daftar BLT online dengan melampirkan dokumen dan data diri seperti KTP, KK, dan beberapa dokumen penting lainnya.
  • Proses verifikasi, kemudian pemerintah melalui Kemensos akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang masuk sebagai calon penerima BLT BBM. Proses verifikasi dilakukan dengan aturan yang ketat agar penerima bantuan tepat sasaran.
  • Pencairan bantuan, tim akan menghubungi penerima BLT dan menginformasikan bagaimana proses pencairannya, ada 2 tahap yang bisa kita pilih yakni ditransfer ke rekening pribadi atau melalui penyalur langsung.
  • Pemantauan dan evaluasi, tahapan terakhir yakni pemerintah akan melakukan pengawasan yang ketat terhadap penerima BLT tersebut agar tepat sasaran dan efisien.

Baca juga: Program Subsidi Mobil Listrik, Solusi Tepat Mengurangi Emisi?

Tujuan dan Manfaat Program BLT BBM

BLT BBM adalah salah satu program bantuan sosial dari pemerintah yang diberikan kepada masyarakat yang memiliki penghasilan atau pendapatan rendah. Adanya program ini dimaksudkan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak langsung dari kenaikan harga bahan bakar minyak.

Jadi, meskipun harga minyak dunia sedang mengalami fluktuasi, kemudian harga BBM di negeri sendiri sedang meningkat akan tetapi diharapkan tingkat daya beli masyarakat tetap stabil. Secara terperinci, berikut ini manfaat BLT BBM, antara lain:

  • Sebagai penunjang beban biaya hidup masyarakat agar terbantukan secara finansial melalui pemberian kompensasi kenaikan BBM sehingga tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  • Sebagai pendukung akomodasi perekonomian rumah tangga karena masyarakat menerima dana tambahan.
  • Menekan dampak negatif terhadap kenaikan harga BBM.

Baca juga: Ketok Palu! Ini Harga BBM Shell Per September 2023

Demikianlah informasi tentang cara daftar BLT BBM 2023. Segera lakukan pengecekan secara berkala apabila OtoFriends telah dinyatakan lulus proses verifikasi sebagai penerima bantuan BBM ini.

Namun, bila OtoFriends belum lulus verifikasi maka kita tetap dapat menghemat biaya operasional kendaraan dengan rutin melakukan servis mobil berkala seperti ganti oli mobil, memeriksa kondisi aki mobil, dan aktivitas servis ringan berkala lainnya.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Otoklix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan Seputar Cara Daftar BLT BBM :


Cara daftar BLT BBM (Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak) bisa dilakukan secara online melalui smartphone atau gadget apapun. Besaran bantuan BLT BBM 2023 sebesar Rp300 ribu untuk satu kartu keluarga (KK).


Setelah OtoFriends telah memenuhi persyaratannya, selanjutnya download dan instal aplikasi Cek Bansos di smartphone atau gadget kita untuk melakukan pendaftaran sebagai salah satu penerima dalam daftar bantuan pemerintah ini.


Cara daftar BLT BBM 2023 cukup mudah, instal aplikasi Cek Bansos, persiapkan beberapa persyaratan dan kriteria yang dibutuhkan seperti dokumen KK, KTP, dan dokumen penting lainnya.