Kaca spion mobil memiliki peran penting sebagai salah satu fitur keamanan dan keselamatan mobil. Khususnya saat kita akan melakukan manuver berbelok maupun memutar balik kendaraan. Saat rusak, maka kita perlu mencari tahu penyebab spion elektrik tidak berfungsi.

Kaca spion membantu memudahkan kita saat akan berpindah jalur atau saat akan berbelok dan berputar di mana titik blind spot sulit sekali terjangkau. 

Namun dengan menggunakan kaca spion mobil, maka titik blind spot tersebut jadi mudah terjangkau. Karena perannya yang cukup krusial, para produsen mobil terus melakukan penyegaran yakni dengan membuat spion mobil elektrik.

Sekalipun teknologi yang disematkan pada spion mobil elektrik tersebut canggih, namun letaknya yang berada di luar bagian luar mobil yang membuat komponen ini rentan rusak. Saat elektrik mirror rusak, maka sulit bagi kita untuk meraih titik blind spot. Untuk itu ketahui penyebab spion elektrik tidak berfungsi dan cara memperbaiki kaca spion elektrik mobil.

Baca juga: Cara Mengatur Kaca Spion, Jenis dan Cara Merawatnya

Penyebab spion elektrik tidak berfungsi

Sebelum melakukan perbaikan spion mobil, sebaiknya kita mencari tahu penyebab spion elektrik tidak berfungsi. Dengan begitu, kita dapat mengetahui cara memperbaikinya dengan tepat.

1. Melipat spion elektrik secara manual dan benturan

Kebiasaan buruk melipat spion elektrik secara manual dapat membuat komponen gear di dalamnya jadi patah karena adanya paksaan untuk menutup. 

Selain itu, saat terjadi benturan atau tersenggol kendaraan lain juga bisa menyebabkan spion elektrik rusak dan tidak dapat berfungsi dengan normal. Cara untuk memperbaikinya dengan mengganti dinamo elektrik spion supaya dapat berfungsi normal.

2. Air dan kotoran masuk ke dalam sela spion

Disarankan untuk menutup spion mobil saat hujan turun atau sedang parkir di area terbuka, termasuk juga saat kita cuci mobil maka disarankan untuk menutup kaca spion elektrik supaya air tidak mudah masuk ke dalam sela-sela spion. Selain air, kotoran dan debut juga rentan masuk ke dalam sela-sela spion. Hal ini yang membuat elektrik mirror rusak.

3. Saklar elektrik tak layak pakai

Sama seperti komponen mobil lain yang memiliki batas masa usia pakai, saklar kaca spion elektrik mobil pun demikian. Saat kita menemukan saklar tersebut rusak, maka penyebabnya adalah usia pakai yang sudah terlalu lama dan butuh diganti dengan saklar elektrik baru.

4. Gear mobil rusak

Penyebab spion elektrik tidak berfungsi selanjutnya adalah gear di dalamnya telah rusak karena digunakan dalam waktu yang cukup lama. Biasanya gear jadi aus dan perlu diganti dengan gear yang baru.

Baca juga: Gearset: Fungsi, Cara Kerja, dan Ciri Kerusakannya

5. Sekring spion elektrik putus

Spion elektrik tidak dapat berfungsi dengan normal saat sekring mobil putus. sekring memiliki peran sebagai pengaman saat terjadi peningkatan arus listrik dari kondisi normal.

Cara mengatasinya cukup mengganti sekring dengan yang baru. Namun perlu diperhatikan setelah mengganti sekring, apakah ada sistem kelistrikan yang tidak berfungsi normal. Bila ada segera perbaiki terlebih dulu untuk menghindari terjadinya korsleting.

6. Motor dinamo penggerak rusak

Penyebab spion elektrik tidak berfungsi yang terakhir adalah kerusakan di bagian motor dinamo penggerak mobil. Komponen ini memiliki peran untuk menggerakkan kaca spion agar bisa terbuka dan tertutup. Saat motor dinamo penggerak rusak, maka spion elektrik tidak dapat bergerak dengan normal.

Baca juga: Cari Service Spion Mobil Patah? Ini Biayanya

Biaya perbaikan spion elektrik mobil

Biaya perbaikan spion elektrik mobil beragam mulai dari Rp250 ribu untuk satu unit spion hingga jutaan rupiah. Besaran biayanya tergantung dari merk mobil dan tingkat kerusakannya. Berikut ini estimasi biaya perbaikan spion mobil berdasarkan merk dan tipe mobilnya, di antaranya:

Biaya perbaikan spion mobil Avanza mulai dari Rp1,5 juta untuk satu unit spion yang akan diganti.

  • Biaya perbaikan spion mobil Suzuki Ertiga GL dan Ertiga GX mulai dari Rp1,2 jutaan.
  • Biaya perbaikan spion mobil Honda Mobilio mulai dari Rp1,1 jutaan.
  • Biaya perbaikan spion mobil Daihatsu Xenia mulai dari Rp1,4 juta.
  • Biaya perbaikan spion mobil Alphard mulai dari Rp3 juta sampai Rp3,5 jutaan untuk seluruh biaya layanan servisnya.

Sementara itu, berdasarkan tingkat kerusakannya, berikut ini biaya perbaikan spion mobil yang perlu dipersiapkan di antaranya sebagai berikut:

  • Kerusakan pada gigi penggerak, biaya perbaikannya mulai dari Rp200 ribu sampai Rp600 ribu, tergantung dari taraf kerusakan.
  • Kerusakan pada bagian motor elektrik, biaya perbaikannya mulai dari Rp250 ribu sampai Rp400 ribu.
  • Kerusakan pada bagian motor lipatnya, maka biaya perbaikannya mulai dari Rp300 ribu sampai Rp500 ribu.

Tips merawat kaca spion mobil elektrik

Sebelum elektrik mirror rusak, ada baiknya kita melakukan langkah pencegahan. Berikut ini tips merawat kaca spion elektrik mobil.

Membersihkan bagian ruang gerak spion

Rutin memeriksa bagian ruang gerak spion untuk mengetahui apakah terdapat kotoran di sana yang dapat menyebabkan motor elektrik dan engsel spion karat. Apabila terdapat kotoran di sana maka OtoFriends bisa membersihkannya menggunakan spray cairan pelindung karat.

Membersihkan spion setelah hujan

Sehabis berkendara di bawah hujan, jangan biarkan kaca spion mengering begitu saja karena dapat menyebabkan karat. Sebaiknya segera membersihkan kaca spion yang basah tersebut. 

Akan tetapi, bila sudah terlanjur ada bagian yang berkarat maka kita bisa membersihkannya dengan cara melepas spion elektrik dan membersihkan rongganya menggunakan kuas kecil atau menggunakan campuran vinegar dan air dengan rasio perbandingan 2:1.

Membersihkan spion elektrik dari lumpur

Disarankan untuk menghindari lumpur masuk ke dalam spion elektrik. Hal tersebut karena lumpur dapat mengering dan menyebabkan kerusakan yang cukup fatal sampai spion elektrik rusak.

Kendati demikian, bila ternyata lumpur sudah masuk maka kita dapat membersihkannya menggunakan campuran air dan sabun. Lap dan basuh bagian spion yang terkena lumpur mengering.

Rutin memberikan pelumas

Cara merawat kaca spion elektrik mobil yang terakhir adalah dengan rutin memberikan pelumas di beberapa bagian, khususnya di bagian gigi penggeraknya untuk membantu gigi penggerak tersebut dapat bergerak dengan normal dan ringan.

Selain merawat kaca spion elektrik, kita juga perlu memperhatikan kinerja komponen mobil lainnya dan mengetahui kondisi komponen tersebut dengan rutin melakukan servis mobil secara berkala.

Beberapa komponen yang penting perlu diperiksa di antaranya keseimbangan ban mobil, sistem pelumasan mobil, hingga kondisi aki mobil. Dengan begitu, kita dapat berkendara dengan tenang tanpa perlu takut mobil mati tiba-tiba.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Penyebab Spion Elektrik Tidak Berfungsi :


Kebiasaan buruk melipat spion elektrik secara manual dapat membuat komponen gear di dalamnya jadi patah karena adanya paksaan untuk menutup. Kalau sudah begitu, maka spion elektrik mobil jadi rusak.


Penyebab spion elektrik tidak berfungsi adalah kebiasaan menutup paksa spion elektrik, adanya benturan, saklar elektrik sudah tak layak pakai, gear mobil rusak, sekring spion elektrik putus, motor dinamo penggerak rusak, hingga masuknya air dan kotoran.


Biaya perbaikan spion elektrik mobil beragam mulai dari Rp250 ribu untuk satu unit spion hingga jutaan rupiah. Besaran biayanya tergantung dari merk mobil dan tingkat kerusakannya.