Hydraulic lifter adalah cairan pembersih mesin mobil, aman digunakan dan mampu membersihkan kerak menempel pada sela-sela dan komponen mesin mobil. Banyak pengendara yang belum mengetahui cairan hydraulic lifter ini dan lebih memilih menggunakan air sabun seperti sunlight untuk melakukan pembersihan. 

Meski bisa digunakan, OtoFriends harus tahu bahwa air sabun atau sunlight tidak akan mampu membersihkan kerak-kerak membandel pada mesin mobil. Sebaliknya, hydraulic lifter merupakan cairan pembersih khusus yang bisa OtoFriends dapatkan di e commerce atau toko otomotif terdekat.

Baca juga: Cara Aman Membersihkan Mesin Mobil dengan Sunlight, Bikin Kinclong!

Kenapa Mesin Mobil Berkerak?

Mesin mobil berkerak biasanya disebabkan oleh proses pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Menggunakan bahan bakar kualitas buruk atau salah menggunakan bahan bakar bisa menjadi penyebab ketidaksempurnaan pembakaran bahan bakar. Alhasil, debu atau kotoran dari oli mesin menimbulkan kerak pada ruang karbon. 

Jika tidak segera di bersihkan, kerak pada ruang bakar atau mesin mobil ini dapat memberikan efek buruk seperti kerusakan komponen mesin mobil. Tanda bahwa terdapat kerak pada mesin mobil biasanya terlihat dari warna asap. Jika warna asap pada knalpot berubah putih, bisa dipastikan ada kerak-kerak yang menempel pada mesin dan sela-sela komponen ruang bakar. 

Baca juga: Mesin Mobil Terdiri dari Banyak Komponen Penting, Apa Saja?

Mengatasi masalah ini, OtoFriends hanya perlu melakukan pembongkaran dan pembersihan ruang bakar dan mesin mobil. Jika OtoFriends ragu, OtoFriends bisa membawa mobil OtoFriends ke bengkel rekanan Otoklix untuk di cek kebersihan setiap komponennya. Setelah selesai dibersihkan, jangan lupa untuk mengganti jenis dan kualitas bahan bakar yang digunakan. 

OtoFriends harus menggunakan bahan bakar lebih dari Oktan 92 agar proses pembakaran bahan bakar berjalan sempurna. Penggunaan bahan bakar dengan oktan lebih rendah dikhawatirkan dapat menjadi penyebab munculnya kerak-kerak pada ruang karbon dan mesin mobil.

Selain itu, memilih oli yang tepat juga penting dilakukan. Oli dengan kualitas yang rendah akan bergabung dengan sisa-sisa kotoran karbon di ruang pembakaran dan membentuk kerak-kerak yang menempel pada mesin mobil. Beberapa hal yang perlu OtoFriends lakukan dalam memilih oli mobil yaitu:

  • Pilih berdasarkan tujuan berkendara, apakah sering berkendara jauh atau tidak, dan sering berkendara pada kecepatan berapa
  • Jenis mesin mobil. Oli mesin injeksi berbeda dengan oli mesin non injeksi
  • Situasi berkendara, apakah sering berkendara di daerah macet atau tidak

Ketiga hal tersebut mempengaruhi kualitas oli yang harus dipilih. Pastikan OtoFriends telah menggunakan oli dan bahan bakar yang sesuai untuk mengantisipasi masalah kerak pada ruang bakar dan mesin mobil OtoFriends.

Apa Itu Hydraulic Lifter?

Mesin mobil dan ruang bakar sudah terlanjur berkerak, segera bersihkan dengan hydraulic lifter untuk hasil pembersihan maksimal. Cairan pembersih hydraulic lifter ini terbukti efektif membersihkan bagian dalam mesin dari endapan kerak. Hydraulic lifter bekerja dengan melarutkan kotoran atau cairan berbentuk lumpur yang mengendap dengan cepat, sehingga mesin mobil dapat bekerja kembali dengan lebih optimal.

Cara Menggunakan Hydraulic Lifter pada Mesin Mobil

Membersihkan kerak pada mesin mobil menggunakan hydraulic lifter bisa dilakukan dengan mudah, yaitu:

  1. Panaskan mobil terlebih dahulu kurang lebih selama 5 menit
  2. Masukan cairan hydraulic lifter ke dalam motor oli
  3. Lalu biarkan sesaat hingga kurang lebih 10 menit
  4. Setelah selesai, segera lakukan penggantian oli

Cairan hydraulic lifter ini cocok untuk semua jenis oli, bahan bakar diesel maupun bensin. Kelebihan lainnya, cairan hydraulic lifter memiliki kinerja yang tinggi untuk mengurangi kebisingan akibat kerja hidrolik, bisa membersihkan cairan yang terkontaminasi dan lengket, serta membuat suara engine mobil menjadi lebih halus dan responsif.

Harga Hydraulic Lifter

Bagi OtoFriends yang ingin mencoba menggunakan cairan pembersih mesin mobil hydraulic lifter, OtoFriends bisa mendapatkannya dengan harga Rp130 ribuan. Volume cairan 300mL dengan berat 600 g.

Cara Merawat Mesin Mobil

Mesin mobil butuh perawatan ekstra untuk bisa selalu nyaman dan aman saat digunakan. Beberapa hal yang harus OtoFriends perhatikan, antara lain:

  1. Ganti oli dan filter sesuai waktunya
  2. Rutin memanaskan mobil sebelum digunakan
  3. Isi air radiator menggunakan cairan radiator atau coolant
  4. Selalu cek kondisi ban dan kelengkapannya
  5. Tidak salah memilih jenis bahan bakar
  6. Rajin membersihkan mobil untuk menghindari karat pada mesin mobil

Baca juga: Tips Membersihkan Mesin Mobil yang Aman dan Benar

  1. Rutin melakukan tune up di bengkel tepercaya

Otoklix merupakan aplikasi booking servis mobil yang memudahkan OtoFriends dalam melakukan perawatan dan servis mobil. Tersedia layanan tune-up mobil yang dilakukan oleh tenaga ahli profesional. Tune up menjadi salah satu perawatan rutin yang harus dilakukan untuk menjaga kinerja mesin mobil tetap fit dan optimal.

Bengkel umum rekanan Otoklix telah tersedia di Jabodetabek. 20.000+ mobil telah ditangani. Harga lebih hemat hingga 50% dari harga servis di bengkel resmi. Bergaransi 30 hari untuk pengerjaan di bengkel kategori OtoSelect. Segera download app nya untuk pelayanan servis dan cek kondisi kondisi mesin lebih optimal.

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Helical Gear

Hydraulic lifter adalah cairan pembersih mesin mobil, aman digunakan dan mampu membersihkan kerak menempel pada sela-sela dan komponen mesin mobil.

Cukup dengan panaskan mobil terlebih dahulu, kurang lebih 5 menit. Masukan cairan hydraulic lifter ke dalam motor oli, biarkan hingga 10 menit, dan segera lakukan penggantian oli.

Cairan hydraulic lifter bisa didapatkan dengan harga Rp130 ribuan. Volume cairan 300mL dengan berat 600 g.