Kamu pasti pernah mendengar tentang aki basah dan aki kering. Tetapi, apakah kamu juga pernah mendengar aki hybrid? Apa itu aki hybrid dan bagaimana spesifikasi aki GS hybrid?

Ini dia informasi tentang aki hybrid serta perbedaannya dengan aki basah dan aki kering. Yuk, simak selengkapnya.

Apa Itu Aki GS Hybrid?

Aki GS Hybrid diklaim memiliki penguapan air aki yang lebih rendah, sehingga tidak perlu menambahkan air aki 4 sampai 5 kali dibandingkan aki konvensional atau aki basah. Saat pertama kali membeli aki GS hybrid, sudah tersedia air zuur standar pabrik di dalamnya. Selain itu juga aki hybrid GS sudah terisi setrum, sehingga sudah siap pakai.

Terdapat pula indikator elektrolit pada wadah aki GS hybrid. Indikator ini berfungsi untuk mengetahui kondisi permukaan air aki, isi air aki, juga daya setrum pada aki.

Penjelasan Aki Hybrid secara Umum

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jenis aki ada aki kering, aki basah, dan juga aku hybrid. Aki ini memiliki keunggulan tersendiri. Dapat dikatakan bahwa aki hybrid adalah pengembangan paling baru dari jenis aki.

Lalu apa maksudnya aki hybrid? Apakah digunakan pada mobil mesin hybrid?

Seperti namanya, aki ini menggunakan teknologi hasil penggabungan sifat aki konvensional atau aki basah dengan aki kering atau juga disebut aki MF (maintenance free). Penggabungan ini menghasilkan keunggulan yang dapat menjadi pilihan pengguna mobil. 

Jika aki kering disebut dengan maintenance free, maka aki hybrid dikenal sebagai aki low maintenance.

Jadi, aki hybrid bisa digunakan pada segala jenis mesin mobil, tidak hanya mobil dengan mesin hybrid.

Apa Aki Hybrid GS Astra Menggunakan Air Aki?

Jawabannya, ya. Cairan aki yang digunakan merupakan cairan elektrolit yang sama pada aki basah. Tetapi kadar penguapannya sangat rendah. Sehingga air aki tidak cepat menguap dan usia pakai air aki lebih panjang dari aki basah.

Apa Kandungan Kimiawi pada Aki Hybrid?

Kandungan kimiawi pada aki hybrid adalah kombinasi aki biasa dan aki kalsium. Hal ini juga membuat cairan aki tidak mudah menguap dan perawatannya pun lebih praktis daripada aki konvensional. 

Apa Kekurangan Aki Hybrid GS Astra

Aki hybrid GS Astra agak jarang ditemukan di toko-toko biasa. Tetapi jangan khawatir. Kamu bisa menemukan aki hybrid GS Astra di bengkel-bengkel yang bermitra dengan Otoklix.

Perawatan Aki Hybrid 

Aki konvensional membutuhkan perawatan rutin. Kadar aki harus dicek paling tidak sebulan sekali. Jika air sudah mencapai batas terendah, maka harus ditambah dengan air accu. Apabila air terlambat ditambahkan, maka bisa menimbulkan masalah.

Sementara itu aki kering tidak butuh penambahan air. Meskipun ada aki kering yang bisa dibuka dan ditambah air, tetapi hal itu hanya dilakukan pada kondisi tertentu. Perawatan aki kering cukup dengan cara memanaskan mobil secara berkala dan membersihkan kedua kutub terminal agar listrik tetap mengalir dengan lancar.

Nah ini dia keunikan perawatan aki hybrid. Hal ini sangat menguntungkan bagi kamu yang malas mengecek kadar air aki setiap sebulan sekali, tetapi tetap bisa memiliki usia aki yang panjang dan tidak terbatas seperti aki kering.

Aki hybrid GS Astra tetap perlu ditambahkan air accu jika kadar air dalam aki telah berkurang. Tetapi kamu hanya perlu mengeceknya setiap 3 atau 4 bulan sekali. Jadi, perawatan aki hybrid lebih jarang dibandingkan aki konvensional.

Berapa Harga Aki GS Hybrid?

Ini dia daftar lengkap harga aki GS hybrid. Umumnya harga aki hybrid lebih mahal dari aki basah, tetapi lebih murah daripada aki kering. Harga ini hanya merupakan kisaran harga yang diambil dari website resmi Astra Otoparts. Ada kemungkinan perbedaan harga di toko yang berbeda.

Tipe Aki Hybrid GS AstraHarga
N70ZRp1.246.500
N70Rp1.177.200
80D26LRp1.463.000
NS70Rp1.070.000
N50ZRp945.000
55D23LRp1.086.300
N50Rp812.700
NS60LSRp764.100
NS60LRp764.100
NS60SRp764.100
NS60Rp764.100
34B19LSRp733.000
NS40ZLRp729.000
NS50ZRp729.000
NS40Rp657.000

Harga aki GS Astra hybrid mulai dari Rp600 ribuan sampai dengan Rp1,4 juta. Bagaimana menurutmu? Apakah mahal atau murah?

Aki GS hybrid bisa menjadi alternatif pilihan bagi kamu yang tidak terlalu rajin merawat aki tetapi ingin membeli aki dengan harga yang lebih murah dari aki kering.
Dapatkan promo aki di aplikasi Otoklix. Otoklix akan mencarikan bengkel terbaik dan terdekat dari lokasimu. Tentu saja kamu bisa mendapatkan aki dengan harga yang bersaing.