FIA Formula One World Championship atau biasa yang kita sebut Formula 1 merupakan ajang lintas balap mobil kursi tunggal bergengsi dunia yang dikelola oleh Federasi Otomotif International (FIA).

Tahun 2023, Formula 1 (F1) telah diselenggarakan di Bahrain pada bulan Maret 2023. Jajaran pembalap dan mobil pada lintasan tahun lalu kembali mengaspal.

Beberapa di antaranya Max Verstappen yang tergabung dalam tim Oracle Red Bull Racing. Kemudian Aston Martin F1 tahun ini mengandalkan kemampuan pembalap Fernando Alonso dan Lance Stroll.

Baca juga: Inilah Tugas Safety Car pada Ajang Balap dan Kisah Awalnya

Jajaran Mobil pada Formula 1 2023

Total tim yang mengikuti Formula 1 2023 sebanyak 10 tim dengan jumlah pembalap sebanyak 20 pembalap. Berikut ini rincian tim para pembalap di Formula 1 tahun 2023.

1. McLaren F1 Team

McLaren Formula 1 Team mempercayakan pembalap Lando Norris (#4) dan Oscar Piastri (#81) untuk berlaga di lintas balap bergengsi ini. Adapun rincian tim ini sebagai berikut:

Team Principal : Andrea Stella

Markas : Woking, Inggris

Power Unit : Mercedes

Sasis : MCL60

Gelar Dunia : 8

2. Williams Racing Team

Tim Williams Racing merekrut Logan Sargeant (#2) dan Alex Albon (#23). Adapun rincian tim ini sebagai berikut:

Team Principal : James Vowles

Markas : Grove, Inggris

Power Unit : Mercedes

Sasis : FW45

Gelar Dunia : 9

3. BWT Alpine F1 Team

BWT Alpine F1 Team mengandalkan Pierre Gasly (#10) dan Esteban Ocon (#31) untuk memenangkan ajang Formula 1 tahun ini. Adapun rincian tim ini sebagai berikut:

Team Principal : Otmar Szafnauer

Markas : Enstone, Inggris

Power Unit : Renault

Sasis : A523

Gelar Dunia : 2

4. MoneyGram Haas F1 Team

Tim MoneyGram Haas membawa pembalap Kevin Magnussen (#20) dan pembalap Nico Hulkenberg (#27) pada ajang F1 2023. Adapun rincian tim ini sebagai berikut:

Team Principal : Guenther Steiner

Markas : Kannapolis, Amerika Serikat

Power Unit : Ferrari

Sasis : VF-23

Gelar Dunia : –

5. Mercedes AMG Petronas

Tim Mercedes AMG Petronas Formula One Team merekrut pembalap Lewis Hamilton (#44) dan George Russel (#63). Adapun rincian tim ini sebagai berikut:

Team Principal : Toto Wolff

Markas : Brackley, Inggris

Sasis : W14

Power Unit : Mercedes

Gelar Dunia : 8

6. Alfa Romeo F1 Team Stake

Alfa Romeo F1 Team Stake mengandalkan pembalap Zhou Guanyu (#24) dan Valterri Bottas (#77) untuk melaju di lintasan balap Formula 1. Adapun rincian timnya sebagai berikut:

Team Principal : Alessandro Alunni Bravi

Markas : Hinwil, Swiss

Power Unit : Ferrari

Sasis : C43

Gelar Dunia : –

7. Scuderia Ferrari

Scuderia Ferrari F1 merekrut pembalap Charles Leclerc (#16) dan Carlos Sainz jr (#55) untuk berlaga di ajang Formula 1 tahun 2023. Adapun rincian timnya sebagai berikut:

Team Principal : Frederic Vasseur

Markas : Maranello, Italia

Power Unit : Ferrari

Sasis : SF-23

Gelar Dunia : 16

8. Scuderia AlphaTauri

Scuderia AlphaTauri merekrut pembalap Nyck de Vries (#21) dan Yuki Tsunoda (#22) untuk berlaga di lintasan balap F1 2023. Adapun rincian timnya sebagai berikut:

Team Principal : Franz Tost

Markas : Faenza, Italia

Power Unit : Honda RBPT

Sasis : AT04

Gelar Dunia : –

9. Aston Martin Aramco Cognizant

Tim Aston Martin Aramco Cognizant merekrut pembalap Fernando Alonso (#14) dan Lance Stroll (#18). Adapun rincian timnya sebagai berikut:

Team Principal : Mike Krack

Markas : Silverstone, Inggris

Power Unit : Mercedes

Sasis : AMR23

Gelar Dunia : –

10. Oracle Red Bull Racing

Tim yang cukup populer Oracle Red Bull Racing merekrut Max Verstappen (#1) dan Sergio Perez (#11) untuk berlaga di ajang Formula 1 tahun 2023. Adapun rincian timnya sebagai berikut:

Team Principal : Christian Horner

Markas : Milton Keynes, Inggris

Power Unit : Honda RBPT

Sasis : RB19

Gelar Dunia : 5

Baca juga: Mengenal Fenomena Ground Effect pada Mobil Balap

Sejarah Singkat Formula 1

Untuk menambah wawasan OtoFriends, bahwa sebenarnya dulu ajang balap Internasional ini bernama European Championship of Grand Prix Motor Racing yang sudah ada sejak tahun 1920 sampai 1930-an.

Secara resmi ajang lintas balap Internasional ini berganti nama menjadi Formula 1 (F1) pada tahun 1946. 

Ajang pertama yang menggunakan nama Formula 1 ini seharusnya dilaksanakan di Turin, Italia,  pada tahun yang sama. Akan tetapi, adanya perang dunia saat itu sehingga lintas balap ini berhenti sementara.

Empat tahun kemudian di tahun 1950, balap mobil open-wheel single seater yang telah disetujui oleh Fédération Internationale de l’Automobile (FIA) kembali diselenggarakan di Silverstone, Inggris.

Juara pertama Formula 1 untuk pertama kalinya berhasil diraih Giuseppe Farina dalam tim Alfa Romeo. Di tahun-tahun selanjutnya yakni 1951, 1954, 1955, 1956, 1957 Manuel Fangio berhasil menjadi juara dunia.

Pada lintasan F1 2023 kemarin, Max Verstappen berhasil menjadi juara dunia yang disusul oleh Fernando Alonso di posisi kedua dan Pierre Gasly di posisi ketiga.

Baca juga: Arti Downforce yang Kerap Digunakan dalam Dunia Balap

Seberapa Besar Mesin Mobil F1?

Berdasarkan  hasil finalisasi FIA untuk regulasi mesin baru pada perlintasan F1 2026, telah ditetapkan bahwa aturan Power Unit (PU) untuk mesin mobil balap yakni yang berkonfigurasi 1.600 cc V6 turbocharger dengan pengurangan rasio bahan bakar tetap digunakan. Sedangkan Motor Generator Unit-Heat (MGU-H) mahal akan dihilangkan.

Pengurangan bahan bakar ke mesin dikurangi akan mempengaruhi performa mesin sehingga tenaga yang akan dihasilkan sebesar 536 hp. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka MGU-K akan ditingkatkan hingga 469 hp yang membuat performa PU lebih maksimal mencapai 1.000 hp.

Melihat semburan tenaga yang begitu besar, maka diperlukan sistem pelumasan yang tepat mengingat kerja mesin mobil F1 tentu berbeda dengan mobil biasa. Perputaran mesin membutuhkan 15.000 rpm dengan suhu maksimal 300 derajat celcius. Karenanya, mobil memerlukan sistem pelumasan yang tepat.

Kendati demikian, ada yang berbeda pada aturan baru tersebut. Terdapat kampanye “Kelestarian Lingkungan” yang membuat seluruh mobil F1 akan beralih ke bahan bakar berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan peningkatan penyebaran listrik dari power train hibrida mencapai 50% atau setara dengan 350 kW.

Demikianlah informasi seputar pembalap dan tim yang maju pada lintasan balap bergengsi Formula 1 tahun 2023 lengkap dengan sejarah singkatnya dan aturan spesifikasi mesin khusus mobil F1 2026 nanti.

Untuk menjaga mesin mobil agar tetap prima walaupun jarang kita gunakan, sebaiknya OtoFriends rutin memanaskan mesin mobil di pagi hari selama 10 menit saja.

Kemudian, periksa juga kondisi aki mobil dan olinya apakah perlu diganti atau masih bagus. Dengan begitu, kita gak perlu khawatir saat mobil terlalu lama berada di garasi mobil.

Temukan bengkel langganan terbaik melalui aplikasi Autoclix. Servis mobil di Bengkel Otoklix bisa dapat banyak keuntungan! Download aplikasi Otoklix sekarang.

Pertanyaan Seputar Formula 1 :


Secara resmi ajang lintas balap Internasional ini berganti nama menjadi Formula 1 (F1) pada tahun 1946. Akan tetapi, ajang balap mobilnya berlangsung di tahun 1950 di Silverstone, Inggris. Event balapan mobil ini sempat tertunda karena perang dunia.


Berdasarkan hasil finalisasi FIA untuk regulasi mesin baru pada perlintasan F1 2026, telah ditetapkan bahwa aturan Power Unit (PU) untuk mesin mobil balap yakni yang berkonfigurasi 1.600 cc V6 turbocharger dengan pengurangan rasio bahan bakar tetap digunakan. Sedangkan Motor Generator Unit-Heat (MGU-H) mahal akan dihilangkan.


FIA Formula One World Championship atau biasa yang kita sebut Formula 1 merupakan ajang lintas balap mobil kursi tunggal bergengsi dunia yang dikelola oleh Federasi Otomotif International (FIA).