Banyak yang belum mengetahui bahwa pemilik sepeda motor listrik tetap perlu melakukan servis berkala untuk menjaga performanya. Biaya service motor listrik terbilang cukup murah yakni mulai dari Rp100 ribu. Sayangnya belum terlalu banyak bengkel motor listrik terdekat dari daerah rumah kita.

Apabila servis motor konvensional berbahan bakar mesin seputar perawatan busi, aki mobil, oli mobil, sampai filter udara. Maka berbeda pada motor listrik yang fokus pada service baterai motor listrik, dinamo sampai sistem kelistrikan termasuk kabelnya.

Motor listrik semakin menarik banyak peminatnya, apalagi saat ini Pemerintah memiliki program subsidi harga motor listrik sebesar Rp7 juta mulai 20 Maret 2023 nanti. Oleh karena itu, sebelum membeli motor listrik ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara service motor listrik, komponen apa saja yang perlu kita rawat dan berapa estimasi biayanya.

Perawatan dan servis komponen motor listrik

Sama halnya dengan motor berbahan bakar bensin yang memiliki mesin untuk mengoperasikan kendaraan, mesinnya motor listrik terletak pada dinamonya sehingga kita perlu rutin memeriksa kondisi dinamo motor listrik supaya dapat berfungsi dengan optimal. 

Dinamo menjadi bagian servis berkala motor listrik karena selain perannya juga komponen ini rentan kotor dan timbul karat sehingga teknisi perlu memeriksa dan membersihkannya. Termasuk bila kita jarang menggunakan motor listrik, OtoFriends tetap perlu memeriksa bagian dinamo ini agar tidak timbul karat.

Kemudian ada baterai yang menjadi sumber tenaga penggerak pada motor listrik yang memiliki batas maksimal usia pakai. Umumnya usia baterai motor listrik mencapai 2 sampai 3 tahun tergantung pemakaian kita. Bila usia baterai melebihi batas maksimal maka baterai akan mengalami penurunan atau discharge.

Perlu OtoFriends ketahui bahwa bila terjadi kerusakan pada baterai motor listrik, solusinya tidak melulu harus mengganti komponen tersebut dengan yang baru. 

Jika kerusakan ringan yang disebabkan dari suhu tinggi atau short maka sebaiknya periksakan terlebih dulu voltasenya. Idealnya tiap 6 bulan sekali baterai motor listrik harus diservis balancing untuk mengurangi kejadian suhu tinggi atau short dan menyeimbangkan voltase.

Akan tetapi jika ternyata kerusakan sudah menyebar ke Battery Management System (BMS) baru kita bisa mengganti baterai.

Adapun komponen bernama control atau modul pada motor listrik yang memiliki fungsi sama seperti ECU pada motor injeksi atau aki pada motor bensin. 

Control modul bisa rusak bila kita menggunakan motor listrik secara berlebihan. Komponen terakhir ada sistem kelistrikan dan sistem mekanik seperti sistem pengeram juga perlu diperiksa kondisinya.

Sebenarnya, tidak ada waktu ideal untuk melakukan service motor listrik. Namun bila motor listrik menjadi moda transportasi sehari-hari maka disarankan untuk rutin melakukan servis berkala motor listrik setiap 3 bulan sekali.

Biaya perawatan motor listrik

Biaya service motor listrik berbeda untuk setiap merek dan bengkel, besaran biaya ini juga tergantung pada komponen yang akan diperiksa dan diperbaiki atau dibersihkan. 

Salah satu merek motor listrik Gesits mengungkapkan bahwa harga-harga komponen mereka cukup murah.

Jika harus mengganti kampas rem belakang maka biayanya hanya Rp26 ribu sampai Rp27 ribu, sedangkan untuk mengganti van belt maka biayanya Rp160 ribu sampai Rp428 ribuan. Biaya tersebut belum termasuk ongkos jasa perbaikan. Umumnya ongkos jasa perbaikan sebesar Rp25 ribu untuk setiap parts motor.

Bisa kita katakan bahwa estimasi biaya service motor listrik mulai dari Rp100 ribuan sampai Rp500 ribuan tergantung komponen yang akan diperbaiki.

Baca juga: Servis Motor Listrik Segway Kini Bisa di Otoklix

Temukan servis motor listrik Jakarta terdekat

Menariknya, OtoFriends tak perlu lagi pusing saat mencari bengkel motor listrik terdekat. Segway Motors Indonesia telah mempercayakan perawatan after sales untuk pelanggan Segway kepada Otoklix sehingga kita akan lebih mudah untuk merawat sepeda motor listrik kesayangan.

Layanan after sales yang dimaksud antara lain service motor listrik, pemeriksaan berkala, hingga penyediaan spare parts Segway Motor ori. Selain itu, perawatan dan perbaikan motor listrik kita akan ditangani oleh teknisi profesional dengan jaminan harga yang transparan.

Otoklix bekerja sama dengan Segway menyediakan perawatan dan servis motor listrik di Bengkel Otoklix Plus Simprug

Jenis kerusakan pada motor listrik

Meskipun belum ada yang dapat menetapkan waktu servis berkala motor listrik, akan tetapi bukan tidak mungkin motor ini tidak mengalami kerusakan. Berikut ini jenis-jenis kerusakan yang bisa terjadi pada motor listrik.

Kerusakan sistem kelistrikan

Jenis kerusakan yang paling utama pada motor listrik adalah adanya gangguan pada sistem kelistrikan sehingga tidak dapat berfungsi dengan optimal. 

Jenis kerusakan listrik yang bisa terjadi adalah voltase atau tegangan listrik yang tidak seimbang yang membuat beberapa lilitan motor akan terbakar. Kondisi tersebut bisa kita sebut sebagai overheat pada motor listrik.

Cara mengatasinya dengan menggunakan relay pelindung seperti TOR atau OCR untuk mematikan sistemnya. 

Namun bila motor listrik kita menggunakan sistem inverter maka cara ini tidak akan ampuh. Pasalnya sistem inverter tersebut bisa berfungsi sebagai pelindung motor namun berpotensi memperpendek usia pakai inverter itu sendiri.

Kerusakan sistem mekanis

Kondisi overheating pada motor listrik bisa memperparah usia pakai motor listrik itu sendiri. Sebab setiap kenaikan suhu motor sebesar 10 derajat dari suhu normal bisa menyebabkan kerusakan pada komponen hingga memotong usia pakai hingga 50%.

Oleh karena itu, OtoFriends perlu mengetahui penyebab motor listrik terlalu panas untuk menghindari kondisi tersebut, antara lain:

  • Kebiasaan melakukan start-stop tanpa mempertimbangkan jeda antara kedua fungsi tersebut.
  • Lingkungan sekitar motor listrik terlalu panas dapat berdampak pada kenaikan suhu motor listrik.
  • Kerusakan pada komponen motor yang tidak segera teratasi bisa menjadi penyebab motor cepat panas. Misalnya saja body motor kotor, gangguan sistem pendinginan, terdapat sumbatan pada saluran pendinginan, atau kipas rusak.
  • Ventilasi pada sistem pendinginan yang terganggu dapat meningkatkan suhu ruang mesin motor.
  • Beban berlebih seperti kopling misalignment dan beban abnormal lainnya.
  • Menggunakan motor terlalu besar atau terlalu kecil yang berdampak langsung pada konsumsi listrik yang tidak efisien.
  • Terdapat sistem start langsung pada motor listrik yang menyebabkan tegangan arus start lebih besar 3 kali dan menyebabkan suhu lebih tinggi.

Kerusakan lainnya

Penyebab kerusakan lainnya adalah kelebihan getaran pada motor listrik yang menjadi tanda bahwa motor tersebut sedang bermasalah. Penyebab getaran berlebih pada motor listrik, antara lain:

  • Pondasi beban
  • Pondasi kaki lunak
  • Rotor tidak seimbang
  • Motor dan beban (engine driven atau load) tidak seimbang
  • Bantalan aus atau rusak yang membuat poros tidak berputar
  • Kotoran atau karat pada komponen motor
  • Memasang motor rotor atau bearing atau rewinding yang tidak sejajar

Pertanyaan Seputar Service Motor Listrik

Service motor listrik perlu kita lakukan untuk memeriksa beberapa komponen penting seperti dinamo motor, baterai, hingga sistem kelistrikan dan perkabelan lainnya.

Biaya servis motor listrik berbeda tergantung komponen yang perlu diperbaiki. Umumnya biaya servis mulai dari Rp100 ribu sampai Rp500 ribu.

Service motor listrik meliputi beberapa komponen penting seperti dinamo motor, baterai motor, control modul, sistem kelistrikan dan perkabelan hingga sistem mekanis seperti pengereman motor.