Jasa inspeksi mobil bekas jadi layanan yang paling sering dilupakan. Padahal inspeksi penting dilakukan sebelum mantap melakukan pembelian mobil bekas. Jasa inspeksi mobil bekas bisa membantu OtoFriends terhindar dari tawaran marketing dengan harga murah, informasi tidak jelas, hingga perbandingan harga dan dokumen yang tidak lengkap. Karena penting untuk diketahui, ada begitu banyak persyaratan yang harus OtoFriends perhatikan sebelum membeli mobil bekas seperti kualitas, kelayakan komponen, surat-surat, dan kondisi mesin. 

Agar tidak salah langkah, berikut Otoklix rangkum informasi lengkap mengenai jasa inspeksi mobil bekas profesional Otoklix.

Baca juga: Nggak Punya Waktu ke Bengkel? Tenang, Otoklix Siap Datang ke Rumah

Apa Saja Inspeksi Mobil?

Jasa inspeksi mobil profesional haruslah memenuhi standar pemeriksaan yang baik. Terdapat standar pemeriksaan 300 titik yang meliputi pemeriksaan eksterior mulai dari keaslian cat mobil, kondisi kap mesin, kondisi bumper, panel body, under body, kaca dan wiper, fungsi lampu, ban dan velg hingga pintu kendaraan dan berbagai pemeriksaan lainnya. Jasa inspeksi mobil juga memuat pemeriksaan bagian interior mobil yang dilakukan pada bagian kabin, mulai dari dashboard, jok mobil, langit-langit, sistem audio, kondisi trim dan jok, panel indikator, berbagai fitur interior, kondisi AC hingga setir dan berbagai komponen interior lainnya. 

Selain itu, jasa inspeksi mobil bekas Otoklix juga melakukan pemeriksaan rangka, seperti pada bagian kaki-kaki, dan kondisi rangka mobil lainnya. Pengecekan mesin juga dilakukan, mulai dari pemeriksaan bagian kelistrikan mobil, diagnosa komputer (OBD2 Scan), kebocoran mesin, alternator, radiator, transmisi, sistem rem dan kelengkapan komponen. Tidak lupa pemeriksaan dokumen seperti kelengkapan STNK, lembar pajak, faktur, servis terakhir, dan BPKB. Jangan sampai OtoFriends tergiur mobil bekas harga murah yang ternyata tidak memiliki surat lengkap, karena mobil bekas tersebut berisiko berstatus sebagai mobil curian yang kemudian dijual kembali.

Kenapa Penting untuk Menggunakan Jasa Inspeksi Mobil?

Ada beberapa hal yang menjadi point penting mengapa OtoFriends perlu menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otoklix sebelum melakukan pembelian mobil bekas, antara lain:

1. Akurat

Jasa inspeksi mobil bekas akan membantu OtoFriends melakukan pemeriksaan setiap komponen mobil dengan lebih cepat dan akurat. Wajar apabila OtoFriends yang awam akan otomotif merasa kebingungan dan ragu jika disuruh melakukan pengecekan dan inspeksi secara mandiri. Dalam hal ini jasa inspeksi mobil bekas Otoklix akan melakukan pemeriksaan secara profesional menggunakan berbagai peralatan canggih dan lengkap disertai dengan checklist setiap komponen, sehingga tidak ada bagian yang terlewatkan.

2. Kepastian

Membeli mobil bekas sama halnya dengan memilih barang elektronik. OtoFriends akan rugi besar jika mobil bekas yang dibeli ternyata dalam kondisi rusak parah. Melalui jasa inspeksi mobil bekas Otoklix, OtoFriends akan mendapatkan kepastian karena jasa inspeksi Otoklix bersifat netral sehingga kondisi mobil bekas akan dilaporkan secara objektif dan transparan.

3. Lebih Mudah

Sudah repot memilih dan melakukan riset mengenai mobil bekas yang ingin dibeli, tentu OtoFriends tidak ingin kerepotan juga untuk menunggu lama di bengkel ketika mobil sedang diperiksa. Otoklix menyediakan kemudahan dalam melakukan jasa inspeksi mobil bekas yaitu dengan mendatangkan langsung inspektor ke rumah OtoFriends. Pemeriksaan mobil pun bisa dilakukan dengan lebih efisien sesuai dengan waktu dan hari yang ditentukan oleh OtoFriends.

4. Penghematan Waktu

Tidak memiliki waktu yang cukup karena sudah lelah bekerja seharian, OtoFriends bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otoklix tanpa perlu mengikuti sesi inspeksi. Cukup menyerahkan mobil ke bengkel Otoklix terdekat dan pemeriksaan sudah bisa langsung dilakukan. OtoFriends tinggal tunggu laporan dari tim inspeksi Otoklix sehingga OtoFriends bisa tetap bekerja dan menghemat waktu.

Jasa Inspeksi Mobil Bekas Otoklix

Sah-sah saja jika ingin membeli mobil bekas, namun jangan lalai untuk melakukan inspeksi dan pengecekkan secara runtut dan akurat. Sebagai contoh, jika OtoFriends sudah terlanjur membeli mobil bekas namun mesin mobil ternyata bermasalah, ada beberapa risiko penggantian mesin mobil bekas seperti mesin yang tidak kompatibel dan dana yang membengkak. Ditambah OtoFriends harus repot melakukan pelaporan ke pihak kepolisian agar bisa mengurus pajak dan administrasi lainnya.

Baca juga: Harga Jual Mesin Mobil Bekas dan Cara Mengeceknya

Menghindari risiko tersebut,  OtoFriends yang berencana melakukan pembelian mobil bekas atau ingin melakukan perawatan mobil rutin bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otoklix sebagai solusi yang tepat Setiap kegiatan inspeksi dilakukan oleh tenaga ahli profesional. Adapun harga inspeksi tergantung dari jenis mobil, kondisi, dan promo yang tersedia. OtoFriends bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai layanan servis dan promo dari Otoklix melalui aplikasi Otoklix yang bisa di download di appstore atau playstore smartphone OtoFriends.

Ada berbagai kegiatan dan informasi menarik seperti jasa inspeksi mobil bekas dan fogging gratis setiap akhir pekan. 

Baca juga: Program Inspeksi dan Fogging Gratis Tiap Akhir Pekan

Dapatkan voucher dan merchandise gratis serta layanan dan fasilitas terbaik dari Otoklix. Jangan ragu hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Otoklix, Your Trusted Automotive Partner!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Jasa Inspeksi Mobil Bekas

Jasa inspeksi mobil bekas bisa membantu OtoFriends terhindar dari tawaran marketing dengan harga murah, informasi tidak jelas, hingga perbandingan harga dan dokumen yang tidak lengkap. Karena penting untuk diketahui, ada begitu banyak persyaratan yang harus OtoFriends perhatikan sebelum membeli mobil bekas seperti kualitas, kelayakan komponen, surat-surat, dan kondisi mesin.


Jasa inspeksi mobil bekas memuat pemeriksaan interior, eksterior, kondisi mesin, serta surat-surat administrasi untuk perpajakan.


Inspeksi mobil biasanya dilakukan dengan durasi sekitar 60 menit.