Apa yang OtoFriend pikirkan ketika mendengar kata “mobil Audi A5”? Sebagian besar pasti akan menjawab sebuah mobil sedan dengan tampilan yang mewah. Ya, kemewahan ini semakin terasa pada varian terbarunya karena Audi Indonesia baru saja merilis New Audi Sportback 2021 dan New Audi A5 Coupe.

Audi melakukan inovasi dengan fitur-fitur canggih di bagian interior dan eksterior. Ciri khas mobil sportif nan elegan dengan desain garis-garis tegas pada bagian eksterior tetap diusung pada varian ini. Tidak hanya canggih, mobil ini juga dirancang dengan kemudahan bagi pengendara dan penumpang lainnya.

Lalu fitur apa saja yang membuat Audi A5 masuk dalam kategori mobil mewah dengan harga fantastis? Berikut spesifikasi lengkap dan harga Audi A4 terbaru. 

Spesifikasi Mobil Audi A5

Sebagai kategori mobil sedan yang mewah tentu Audi A5 didukung dengan performa mesin yang mumpuni. Penasaran detail spesifikasinya? Mari ikuti ulasan berikut ini.

  1. Dimensi

Audi A5 terbaru hadir dalam 3 varian yakni Audi A5 Sportback 2.0L TFSI, Audi A5 Sportback 2.0L TFSI Quattro dan Audi A5 Coupe 2.0L TFSI Quattro. Varian Sportback punya dimensi 4757 x 2029 x 1386 dengan wheelbase 2824 mm. Versi Coupe dimensinya 4697 x 2029 x 1371 mm dengan wheelbase 2764 mm.

  1. Performa Mesin

Audi A5 Sportback dibekali dengan mesin 2.0L TFSI, power 190 hp dan torsi 320 Nm. Tipe mesin penggeraknya Front Wheel Drive (FWD) atau penggerak depan. Mobil ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam kurun waktu 7,5 detik dengan kecepatan maksimal 241 km/jam. 

Disisi lain, dua varian lainnya memiliki kualifikasi mesin yang lebih tinggi. Audi A5 Sportback dan Audi A5 Coupe 2.0L TFSI quattro dibekali mesin 4 silinder 2.0L TFSI quattro dengan power 245 hp dan torsi 370Nm. Keduanya memiliki kemampuan berakselerasi 0-100 km/jam dalam kurun waktu 5,5 detik dengan kecepatan maksimum yang mencapai 250 km/jam.

Teknologi Quattro yang diadopsi ini membuat mesin lebih bertenaga. Keduanya semakin powerful dengan transmisi otomatis 7-percepatan S-Tronic. Kabar baiknya, semua varian sudah mengadopsi teknologi dual clutch alias kopling ganda dengan varian tertinggi dengan kapasitas mesin 1984 cc.

Desain Mobil Audi A5

Garuda Mataram Motor (GMM) sebagai agen resmi Audi di Indonesia, terus memperkenalkan produk baru Audi A5 untuk memperkuat eksistensi Audi di tengah industri otomotif Tanah Air. Lalu apa saja desain menawan yang disematkan pada Audi A5? Ikuti ulasannya berikut ini.

  1. Interior 

Ketika membuka pintu mobil berkapasitas 5 penumpang ini, OtoFriend akan disuguhi desain yang memberikan kesan lega dengan aksen garis-garis horizontal. Terdapat  dua pilihan warna untuk interior Audi A5 yakni Black dan Okapi Brown.

Panel instrumennya menggunakan layar sentuh MMI. Audi Virtual Cockpit dibekali layar full-hD 12,3 inci yang dapat dioperasikan melalui tombol yang ada pada roda kemudi. Kemudahan berkendara pada Audi nampak dengan adanya fitur semua operasi dapat diatur melalui kemudi. Oleh karena itu kemudi dibekali tombol Multifungsi Plus, dan flat-bottomed. pengoperasian dapat dilakukan dengan perintah suara.

Audi A5 merefleksikan kesan mewah dengan penggunaan bahan kulit pada kemudi dan jok. Pilihan pengaturan jok mulai dari kursi standar hingga sport seat dengan ventilasi yang memberikan kenyamanan saat berkendara. Audi Smartphone Interface terintegrasi dengan menu pemutar musik, sistem navigasi dan fitur hiburan.

  1. Eksterior

Audi A5 menggunakan Grille single frame aksen honeycomb yang lebih lebar. Pada bagian fascia depan terdapat aksen v-shape dengan bumper S-line. Di bagian belakang terdapat diffuser yang berada di antara knalpot berbentuk trapezium sehingga menambah kesan sporty pada mobil ini.

Pada bagian penerangan, Audi A5 dibekali dengan lampu depan LED Matrix yang dipadukan dengan lampu sein sequential. Audi A5 juga didukung teknologi Xenon dan sistem adaptive light

Pada bagian roda, Audi A5 menggunakan velg forged alloy 15-spoke berukuran 17 inci sebagai standar. Velg mulai dari 5-double-spoke star style berukuran 18 inci hingga velg Audi Sport cast alloy 10-spoke berukuran 19 inci. Desain roofline Audi A5 berfungsi untuk mengakomodir kaca belakang dan pintu bagasi yang menyatu dan bisa terbuka bersamaan.

Calon pembeli dapat melakukan kustomisasi pada desain interior dan eksterior Audi A5 sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Kelebihan dan Kekurangan Audi A5

Sebelum akhirnya menjatuhkan hati pada Audi A5, OtoFriend tentu harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya seperti di bawah ini.

  1. Kelebihan Audi A5

Selain didukung dengan performa mesin yang mumpuni serta desain yang sporty, Audi A5 juga diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Penggunaan bahan bakar mulai dari 5,1 liter per 100 km untuk pemakaian luar kota dan 7,7 liter per 100 km untuk pemakaian dalam kota. 

OtoFriends juga dapat memilih varian sesuai kebutuhan apakah fokus pada performa mesin atau konsumsi bahan bakarnya. Varian penggerak roda depan menawarkan efisiensi konsumsi bahan bakar lebih baik sedangkan penggerak roda belakang unggul dalam urusan tenaga dan torsi

Kesan elegan lainnya yang dihadirkan pada Audi A5 adalah desain kaca jendela samping yang mengusung konsep frameless khas mobil-mobil mewah besutan Jerman. Selain itu, kaca belakang bisa ikut terangkat sehingga bukaan pintu bagasi menjadi sangat luas. 

Pengendara akan semakin leluasa untuk memasukkan atau mengeluarkan barang. Sistem buka tutup bagasi pintu bagasi itu sendiri sudah menggunakan sistem elektrik.

Pada sistem pendinginan di dalam mobil, Audi A5 dibekali AC digital dengan fitur yang canggih seperti triple zone. Suhu dapat diatur untuk masing-masing kursi pengemudi, penumpang depan, dan penumpang belakang. Pengaturan suhu pada bagian belakang terdapat pada tombol dibagian konsol tengah.

  1. Kekurangan Audi A5

Dengan banyaknya fitur canggih yang telah disebutkan di atas, apakah Audi A5 memiliki kekurangan? Tentu saja ya. Jumlah pengguna Audi A5 yang tidak terlalu banyak di Indonesia membuat pemilik kesulitan dalam menemukan tempat servis maupun spare part mobil mewah ini. OtoFriends dapat membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk memperbaiki kerusakan pada Audi A5.

Baca juga: Cara Mengeluarkan BBM yang Tepat dari Tangki Kendaraan

Berapa Harga Audi A5 Terbaru?

Audi A5 tersedia dalam lima varian warna yakni Turbo Blue, Ibis White, Daytona Gray Pearlescent, Tango Red Metallic dan Mythos Black Metallic. PT Garuda Mataram Motor selaku pemegang merek Audi memasarkan Audi A5 Sportback dengan harga mulai dari Rp 1,248 milyar rupiah off the road. Dengan adanya sistem custom maka harga Audi A5 dapat berubah sesuai dengan jenis pesanannya. 

Itulah informasi terkait spesifikasi dan harga terbaru Audi A5. OtoFriends dapat menjadikannya sebagai referensi sebelum memutuskan untuk membeli mobil mewah ini. Hingga saat ini pesaing kuat dari Audi A5 adalah BMW Seri 5 atau Mercedes-Benz E-Class. 

Mau tahu bagaimana spesifikasi dan harga dari mobil sedan mewah yang lainnya? Atau ingin tahu bengkel mobil mewah dengan tenaga ahli profesional dibidangnya? Ikuti terus ulasannya hanya di  Otoklix.com.

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Audi A5

Audi A5 berkapasitas mesin 1948 cc

Jenis transmisi yang digunakan pada Audi A5 otomatis

Audi A5 menggunakan bahan bakar bensin