Toyota Calya 2022 hadir dengan berbagai spesifikasi terbaik mulai interior, eksterior, hingga fitur keselamatan. Mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) ini dibanderol mulai dari Rp160 jutaan. Ada tujuh warna yang ditawarkan mobil ini, yakni putih, hitam, silver, abu-abu, merah, jingga, hingga bronze. Simak spesifikasi lengkap Toyota Calya 2022 berikut ini!

Spesifikasi Toyota Calya

1. Eksterior

Di bagian eksterior, terdapat fitur Retractable Outer Mirror yang dapat memudahkan dalam menggerakkan kaca spion otomatis hanya dengan satu sentuhan (tipe G). Selain itu, terdapat suspensi MacPherson yang ada di bagian depan dan suspensi Semi Independent Torsion Beam di bagian belakang. Kedua suspense itu dipasang per ulir agar peredamnya lebih aman.

Toyota Calya 2022 juga mengusung desain front grille yang lebih besar dengan tiga garis. Terdapat aksen dark chrome yang memberikan kesan tangguh dan tegas (tipe G). Aksen dark chrome juga dapat ditemukan di pintu belakang.

Terkait dimensi Toyota Calya 2022, mobil ini berukuran panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm. Jarak sumbu roda (wheelbase) sebesar 2.525 mm dengan ground Clearance 180 mm. Dengan spesifikasi tersebut, Toyota Calya bisa melewati berbagai medan menantang seperti jalanan terjal penuh batu.  

Baca juga: Biaya Tune Up Mobil Calya dan Biaya Servis

2. Interior

Bila OtoFriends menyukai tempat yang lega, mobil Toyota Calya ini bisa jadi pilihan karena memiliki ruang kabin yang luas. Selain itu, mobil ini juga mampu memuat tujuh penumpang.

Perjalanan dengan Toyota Calya juga tidak akan membosankan karena terdapat berbagai fitur hiburan. Di antaranya fitur Head Unit dengan teknologi layar sentuh, DVD Player, USB, Bluetooth, iPod/iPhone Connectivity, serta AUX. Audio juga bisa diatur dengan mudah karena terdapat fitur New Audio Steering Switch yang ada di setir mobil Toyota Calya tipe G.

Di bagian bawah kursi baris pertama, OtoFriends bisa menemukan ruang penyimpanan guna meletakkan barang. Tempat penyimpanan juga ada di Front Console Box yang terletak di tengah dan di belakang kursi pengemudi.

3. Performa mesin

Toyota Calya terbaru dibekali mesin 3NR dengan kapasitas 1.197 cc dan berteknologi Dual VVT-I dengan empat silinder segaris. Mobil ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 88 PS per 6.000 RPM, serta torsi maksimum 11 Nm per 4.200 RPM.

Tidak hanya itu, Toyota Calya 2022 juga memiliki transmisi manual (M/T) dengan 5 percepatan dan transmisi otomatis (A/T) dengan 4 percepatan. Mobil ini dapat menempuh jarak lebih dari 20 km untuk 1 liter bahan bakar di jalur bebas hambatan, sehingga terbilang irit konsumsi bahan bakar. Untuk pengereman kendaraan, Toyota Calya sudah dilengkapi Ventilated Disc di bagian depan dan Drum di bagian belakang.

4. Fitur keselamatan

Toyota Calya 2022 telah dilengkapi fitur Supplemental Restraint System (SRS) Airbags guna melindungi baris depan dari risiko cedera parah saat terjadi kecelakaan. Selain itu, mobil juga memiliki fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) untuk mengatur pengereman. Di setiap kursi mobil juga dilengkapi tujuh buah 3 Points Seatbelt with Pretensioner and Force Limiter guna menjaga keselamatan seluruh penumpang.

Kemudian, di bagian belakang mobil ada Rear Parking Sensor untuk memudahkan parkir mobil di area sempit. Fitur Immobilizer Key yang terdapat di kunci mobil juga bisa mencegah terjadinya pencurian. , merupakan salah satu sistem keamanan yang terletak pada kunci mobil.

Baca juga: Pilihan Oli Mobil Calya, Harganya Mulai Rp50 Ribuan

Daftar harga Toyota Calya 2022

Berikut daftar harga Toyota Calya 2022 OTR DKI Jakarta. Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu.

Jenis mobilEstimasi harga
Calya 1.2 E MT STDRp160,9 juta
Calya 1.2 E MTRp163,8 juta
Calya 1.2 G MTRp169,4 juta
Calya 1.2 G ATRp183,6 juta
Calya 1.2 G M/T-TCORp171,1 juta
Calya 1.2 G A/T-TCORp185,3 juta

Keunggulan Toyota Calya 2022

Kapasitas penumpang lebih lega

Bila OtoFriends menyukai mobil yang dapat dibawa pergi bersama keluarga, Toyota Calya yang memiliki kabin luas ini dapat dijadikan pilihan. Sebab, mobil ini berkapasitas tujuh penumpang, cocok untuk orang yang suka pergi beramai-ramai.

Irit penggunaan BBM

Mesin Toyota Calya Mesin berkode 3NR dengan kapasitas 1.197 cc, 4 silinder, dan penggerak roda depan. Bahkan, konsumsi BBM Toyota Calya mencapai 1:14 km/liter untuk penggunaan normal. Mobil ini cocok digunakan sebagai taksi online.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Bekas di Bawah Rp50 Juta Terlengkap

Kekurangan Toyota Calya 2022

Performa mesin lambat

Konsumsi BBM Toyota Calya memang irit, namun performa mesinnya lambat. Tenaga mesin Toyota Calya hanya 86 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimal 107 Nm @4.200 rpm. 

Ruangan mobil kurang dingin 

Mobil Toyota Calya tidak bisa mengakomodir suhu dingin hingga jok paling belakang. Sebab, mobil ini hanya mengandalkan Air Circulator. Cara kerja Air Circulator adalah menyedot embusan AC dari depan lewat lubang di atas pengemudi, kemudian dikirimkan ke belakang lewat lubang yang ada di atas baris kedua.

Itulah spesifikasi lengkap mobil Toyota Calya 2022. Bila OtoFriends berminat memilikinya, jangan lupa untuk membawanya servis rutin ke bengkel terdekat. Lakukan booking online melalui aplikasi Otoklix, ya!

Pertanyaan seputar Toyota Calya

Harga mobil Toyota Calya tahun 2022 dibanderol mulai dari Rp160,9 juta hingga Rp185,3 juta OTR Jakarta. Informasi selengkapnya terkait harga mobil Toyota Calya bisa didapatkan di dealer resmi Toyota terdekat atau website resmi Toyota.

Pajak mobil Calya beragam. Pada tahun 2021, pajak Calya 1.2 E MT berkisar Rp2,2 juta, Calya 1.2 G MT Rp2,3 juta, dan Calya 1.2 E AT Rp2,4 juta.

Karakter mesin yang dimiliki Toyota Calya masih sanggup melewati jalan pegunungan di kota seperti Bandung. Oleh sebab itu, mobil ini bisa melewati berbagai jenis medan tanjakan.