Di musim hujan seperti saat ini, masalah utama yang sering dijumpai adalah adanya jamur pada kaca mobil. Untuk menghilangkannya kamu perlu pembersih jamur kaca mobil khusus. Ada pembersih jamur kaca mobil alami ada juga yang berbentuk cairan khusus.

Mobil sebagai salah satu moda transportasi sehari-hari berpotensi terpapar sinar matahari sekaligus suhu dingin dan hujan langsung. Perubahan cuaca ini menjadi penyebab munculnya jamur kaca saat kita tidak segera membersihkan kaca mobil yang basah karena kehujanan.

Sekalipun digosok dengan kain, tetap saja jamur tersebut tidak bisa hilang jika tidak menggunakan pembersih jamur kaca mobil khusus. Artikel ini akan memberikan rekomendasi produk pembersih jamur kaca mobil dan tips merawat kaca mobil.

Rekomendasi pembersih jamur kaca mobil

Berikut ini rekomendasi produk pembersih jamur kaca mobil yang bisa OtoFriends coba untuk menghilangkan jamur di kaca mobil.

1. Waxco Glass Clean Polish

Rekomendasi pembersih jamur kaca mobil yang membandel adalah Waxco Glass Clean Polish yang bisa dicari di e-commerce atau marketplace dengan harga mulai dari Ro90 ribuan sampai Rp200 ribuan.

Pembersih kaca dari Waxco ini cocok digunakan untuk semua jenis dan lapisan kaca apa saja. Salah satu kandungan di dalam Waxco Glass Clean Polish yang bisa membersihkan jamur membandel adalah cerium oxide. Bahkan, bukan hanya jamur saja melainkan noda bekas kotoran serangga atau burung dan kerak membandel bisa hilang.

2. Pembersih jamur kaca mobil KIT

Merk KIT sebagai pembersih kendaraan sudah cukup familier dan terpercaya di kalangan masyarakat. Produk KIT yang bisa digunakan sebagai pembersih jamur kaca mobil di antaranya ada KIT Glass Polish dan KIT Auto Glass Cleaner. 

Kedua produk ini dijual dengan harga yang cukup murah yakni mulai dari Rp30 ribuan sampai Rp50 ribuan.

Selain bisa digunakan untuk membersihkan jamur, debu, minyak, kotoran dan kerak yang membandel. Keunggulan dari produk KIT adalah pembersih ini bebas dari kandungan amonia yang berbahaya untuk kulit manusia.

3. Masterpiece Glass Compound

Masterpiece Glass Compound diklaim mampu menghilangkan kerak dan noda yang membandel dengan mudah dan cepat. Cara menggunakannya cukup mudah yakni hanya menggosokannya saja ke bagian yang terdapat banyak jamur. Apabila ada jamur atau noda yang membandel, maka kita bisa menggosoknya sebanyak 4 kali.

Harga Masterpiece Glass Compound mulai dari Rp80 ribuan sampai Rp200 ribuan. Ada juga penjualan Masterpiece dalam bentuk paket yang berisikan lap microfiber dan applicator pad high quality.

4. Sabusa Waterspot & Crust Remover

Sabusa Waterspot & Crust Remover diklaim sebagai pembersih jamur kaca mobil yang membandel terampuh karena mengandung polymer premium yang bisa memberikan proteksi terhadap cat mobil. Harga pembersih jamur kaca mobil yang satu ini cukup bervariatif mulai dari Rp60 ribuan sampai Rp125 ribuan.

Saat mengaplikasikannya, kita perlu hati-hati. OtoFriends bisa menggunakan kuas untuk mengaplikasikannya dan dilap menggunakan kanebo atau kain kering yang memiliki permukaan lembut.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, OtoFriends bisa menggunakan lap microfiber glass cloth atau lap Sabusa Microfiber for Exterior Detailing.

5. Pembersih Jamur Kaca Mobil HM+

Pembersih jamur kaca mobil HM+ diklaim mampu membersihkan jamur pada kaca mobil tanpa merusak partikel film kaca mobil karena mengandung etanol dan isopropil yang sifatnya dingin dan mudah teroksidasi udara.

Sebelum mengaplikasikannya, kita perlu mencampurnya dengan sampo mobil menggunakan rasio 1 : 1 lalu ditambahkan air bersih. Selain diaplikasikan pada kaca mobil, HM+ juga bisa digunakan untuk membersihkan body mobil. Harganya cukup murah yakni Rp15 ribuan.

6. Nerds Glass Scrub

Nerds Glass Scrub cocok digunakan untuk jenis dan merk mobil apa saja, termasuk mobil keluaran Jepang dan Eropa. Hal tersebut lantaran Nerds Glass Scrub mengandung senyawa asam yang aman. Harga pembersih kaca mobil ini mulai dari Rp70 ribuan sampai Rp160 ribuan. OtoFriends bisa menemukannya di marketplace atau e-commerce.

Sesuai dengan namanya, pembersih kaca yang satu ini memiliki tekstur scrub di mana partikel kecil di dalamnya mampu mengusir jamur pada kaca mobil karena waterspot. Nerds mengandung cerium oxide yang bisa menghaluskan permukaan kaca mobil.

7. Pembersih Jamur Kaca Mobil 3M All Purpose Cleaner

Harga pembersih jamur kaca mobil 3M ini terbilang murah, mulai dari Rp28 ribuan. Selain bisa membersihkan permukaan kaca pada mobil, 3M All Purpose Cleaner juga bisa membersihkan material lain seperti plastik, karet, kulit, atau dashboard mobil.

8. Soft 99 Glass Refresh

Merk ini menjadi pembersih jamur kaca mobil termahal karena dijual dengan harga mulai dari Rp180 ribuan sampai Rp1 jutaan. OtoFriends bisa mencarinya di e-commerce atau marketplace dengan harga murah saat sedang ada promo atau diskon.

Keunggulan produk ini adalah teksturnya yang compound, kandungan cairan pembersihnya ampuh menghilangkan jamur, minyak dan meratakan permukaan kaca mobil. Khususnya sisa-sisa coating yang membekas bisa terangkat.

9. Maxxim Pro Glass

Maxxim Pro Glass dijual mulai harga Rp90 ribuan untuk botol berukuran 250 ml. Pembersih jamur Maxxim memiliki sifat seperti daun talas alias hydrophobic. Penggunaannya cukup mudah yang kocok pembersih sebelum digunakan dan tuang ke dalam microfiber lalu gosokkan secara merata hingga jamur benar-benar hilang.

10. Otobi Waterspot Remover

Khusus untuk mobil produksi Eropa dan Amerika, sebaiknya membersihkan jamur pada kaca mobil menggunakan Otobi Waterspot Remover. Sekalipun ini brand lokal asal Jakarta, tetapi hasilnya tak kalah memuaskan, khususnya pada mobil Eropa dan Amerika. Harga Otobi Waterspot Remover cukup murah yakni Rp55 ribuan.

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur Kaca Mobil Tanpa Ribet

Cara membersihkan jamur di kaca mobil

Selain produk pembersih jamur kaca mobil, kita juga bisa membuat cairan pembersih jamur kaca mobil di rumah dengan bahan-bahan tertentu. Berikut ini bahan yang bisa dibuat sebagai pembersih jamur kaca mobil alami.

Segera bersihkan permukaan kaca mobil saat terkena hujan

Saat berkendara di bawah air hujan, sebaiknya segera bersihkan kaca mobil. Apabila ditunda-tunda maka risiko pertumbuhan jamur akan semakin tinggi.

Pasalnya, penyebab tumbuhnya jamur pada kaca mobil karena kaca mobil dibiarkan basah begitu saja berhari-hari pasca terkena air hujan. Kita bisa membersihkan air hujan tersebut menggunakan kanebo atau kain microfiber.

Baking soda

Baking soda atau baking powder adalah salah satu alternatif pembersih jamur kaca mobil alami yang aman dan bisa digunakan dengan campuran air. Setelah dicampurkan, kita bisa menyemprotkannya pada permukaan kaca mobil yang berjamur.

Minuman bersoda

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan minuman bersoda. Caranya cukup mudah, lap terlebih dulu permukaan kaca mobil menggunakan lap kering. 

Lalu, basahkan kain lembut lainnya menggunakan minuman bersoda dan gosokkan ke permukaan kaca mobil. Sebagai catatan, jangan campurkan minuman bersoda dengan air biasa supaya kadar sodanya tidak hilang.

Cuka apel

Membuat cairan pembersih jamur kaca mobil berbahan dasar cuka apel membutuhkan 1 liter air. Caranya, campurkan 3 sendok cuka apel dan 1 liter air. Selanjutnya, celupkan kain pada larutan tersebut dan gosokkan pada permukaan kaca yang terkena jamur.

Pasta gigi

Pasta gigi adalah alternatif bahan untuk membersihkan kaca mobil yang ekonomis dan praktis. Pasta gigi memiliki kandungan khusus yang bisa menghilangkan jamur pada permukaan kaca mobil.

Caranya cukup mudah yakni oleskan pasta gigi di bagian kaca mobil yang berjamur dan diamkan beberapa saat hingga mengering. Setelah pasta gigi tersebut mengering, maka OtoFriends bisa membilasnya dengan air dan kain atau sikat secara lembut.

Pemutih pakaian

Cara membersihkan kaca mobil menggunakan pemutih pakaian yakni dengan membasahi kain lap dengan cairan pemutih secukupnya lalu gosokkan pada permukaan kaca mobil dengan lembut.

Alkohol berkadar 50% – 90%

Alternatif pembersih jamur kaca mobil terakhir adalah menggunakan alkohol yang memiliki kadar antara 50% sampai 90%. Caranya cukup mudah yakni basahi kain lembut dengan cairan alkohol dan gosokkan ke permukaan kaca mobil dengan lembut supaya tidak menggores permukaan kaca mobil.

Tips memilih pembersih jamur kaca mobil yang bagus

Ada banyak rekomendasi produk pembersih jamur untuk kaca mobil. Mulai dari pembersih dengan harga termurah hingga harga termahal. Bagaimana cara memilih pembersih jamur kaca mobil yang bagus? Ini tipsnya.

  • Mempertimbangkan kandungan bahan pembersih kaca mobil yang memiliki kandungan baik untuk membersihkan jamur dan kerak, tidak melulu harus pembersih yang menghasilkan busa banyak.
  • Memilih produk yang mengandung silikon, resin, coating, dan glycol ether yang ampuh mencegah kotoran menempel pada kaca mobil.
  • Membeli pembersih yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Pahami Apa Itu Coating: Efek Daun Talas Kaca Mobil

Cara merawat kaca mobil

Yang paling penting dari semua aktivitas membersihkan kaca mobil adalah kamu mengetahui dengan benar cara merawat kaca mobil supaya tak mudah tumbuh jamur. 

Triknya adalah saat muncul noda di permukaan kaca mobil, baik noda akibat air hujan ataupun kotoran lainnya maka segera bersihkan tanpa ditunda.

Bersihkan kotoran tersebut menggunakan lap berbahan kain yang lembut supaya tidak meninggalkan goresan halus pada permukaan kaca mobil.

Setelah kaca mobil dibersihkan menggunakan air, maka pastikan bahwa kaca mobil benar-benar sudah kering sehingga debut dan kotoran tidak mudah menempel lagi. 

Terakhir adalah pastikan bahwa karet wiper terpasang dengan baik sehingga dapat berfungsi untuk menyapu kotoran dan noda.

Baca juga: Jangan Sembarang Pakai Air Wiper. Ada Cairan Khusus Lho!

Selain merawat kaca mobil, kita juga perlu merawat bagian body mobil lainnya.Apabila timbul goresan di bagian body mobil lain seperti bemper mobil, OtoFriends perlu melakukan servis body repair untuk memperbaiki goresan tersebut. Pilih bengkel mobil terbaik untuk memperbaiki body mobil supaya terlihat kinclong kembali.

Pertanyaan Seputar Pembersih Jamur Kaca Mobil

Ada banyak produk obat jamur kaca mobil yang bisa digunakan, misalnya saja pembersih jamur kaca mobil kit, Sabusa, Soft 99 Glan Refresh dan masih banyak lagi.

OtoFriends bisa membersihkan jamur pada kaca mobil menggunakan odol dengan mengoleskan bagian yang terkena jamur dengan odol dan diamkan beberapa saat hingga kering lalu bilas.

OtoFriends bisa menggunakan produk pembersih jamur kaca mobil khusus atau membuat cairan pembersih jamur kaca menggunakan bahan-bahan alternatif seperti baking soda atau pasta gigi.