Kalau kita ingin mempercantik bagian dalam mobil atau memperbaiki komponen di dalam mobil, tempat terbaik yang perlu kita datangi adalah bengkel interior mobil. Berikut ini adalah sejumlah bengkel interior mobil di wilayah Jabodetabek yang bisa kita datangi untuk servis interior mobil.

Daftar Bengkel Interior Mobil di Jakarta dan Sekitarnya

Beberapa permasalahan pada interior mobil di antaranya adalah warna yang memudar dan bahan seperti karet atau plastik yang mulai kering. Bahan yang sudah mengering ini bisa membuat kain pecah-pecah atau terkelupas. Kalau kondisinya sudah parah, salah satu solusinya adalah melakukan reparasi di bengkel interior mobil.

1. Vertue Concept

Bengkel interior mobil pertama yang bisa dijadikan referensi adalah Vertue Concept. Letaknya di Sunter, Jakarta Utara. Servis yang bisa dilakukan di bengkel ini di antaranya adalah ganti kulit jok, shift-knob, panel interior, panel trimming, dan lain-lain. Material yang tersedia di Vertue Concept untuk mempercantik interior mobil berasal dari bahan lokal maupun impor.

Jangan khawatir harganya mahal. Sebab, ada juga versi aftermarket-nya di bengkel interior mobil Vertue Concept. Bahan aftermarket ini dijual dengan harga yang lebih murah. Penggantian kulit jok menggunakan bahan asli untuk dua baris tempat duduk dibanderol sekitar Rp10 jutaan, sementara tiga baris sekitar Rp13 jutaan. Namun, untuk bahan kulit sintetis buatan lokal bisa didapat dengan harga sekitar Rp5 jutaan sampai Rp7 jutaan.

Selain itu, Vertue Concept juga melayani perbaikan setir, dasbor, pilar A-B-C, dan lainnya. Lokasi bengkel ini berada di Jalan Danau Sunter Utara No.6, Sunter, Jakarta Utara.

2. Classic Car Interior

Bengkel interior mobil ini terletak di Bekasi. Ini adalah salah satu bengkel spesialis untuk memperbaiki atau mempercantik interior mobil. Contohnya, untuk modifikasi jok, plafon, dan sebagainya. Tarifnya mulai dari Rp5 juta sampai Rp8 jutaan. Lokasi bengkel ini tepatnya berada di Jalan Raya Pekayon No. 26, Jaka Setia, Bekasi.

Baca juga: Mengenal Salon Interior Mobil: Jenis dan Biaya Perawatannya

3. PADI Car Leather Seat

Bengkel berikutnya adalah PADI Car Leather Seat. Bengkel ini terletak di Jalan Pos Pengumben Raya, Jakarta Barat. Bengkel ini sudah sangat berpengalaman. Pasalnya PADI Car Leather Seat sudah beroperasi lebih dari 17 tahun. Jasa interior mobil yang bisa ditangani di bengkel interior mobil ini di antaranya adalah modifikasi jok, dashboard mobil, dan lainnya. Selain berada di Jakarta Barat, cabang bengkel ini juga ada di daerah Jalan Lenteng Agung Raya No. 32 RT 13/RW 5, Jakarta Selatan.

4. Juno Leather

Bengkel satu ini termasuk bengkel interior mobil yang direkomendasikan sebab punya banyak cabang di Jabodetabek. Misalnya di Jakarta Selatan, ada di Jalan TB Simatupang Raya, sedangkan di daerah Cengkareng bisa mendatangi Juno Leather di Ruko Taman Palem Lestari. Ada pula cabang di Tangerang yang beralamat di Ruko Mendrisio 3 Blok B No. 22, Komplek Ilago, Paramount Serpong, Tangerang Selatan.

5. Cahaya Pro

Selain Juno Leather yang juga punya cabang di Tangerang Selatan. Bengkel ini sudah berdiri sejak lima tahun yang lalu. Alamat lengkapnya berada di Jalan RE Martadinata No. 279. Layanan service interior mobil yang ada di bengkel Cahaya Pro adalah modifikasi kulit jok, bisa yang tinggal pasang, semi permanen, sampai permanen. Harganya variatif, sekitar Rp800 ribu sampai dengan Rp1,5 jutaan.

6. Hardy Classic Car Interior

Bengkel satu ini sudah mendapat banyak ulasan positif dari pelanggan. Bagi OtoFriends yang berlokasi di sekitar Bekasi bisa mendatangi bengkel ini. Lebih tepatnya beralamat di Jalan Cikunir Raya No.44 RT 4/RW 1, Jaka Mulya, Bekasi Selatan. Pelayanan di bengkel ini memuaskan, mendetail, dan bersih. Staffnya juga ramah dan harganya kompetitif. Tidak hanya menangani interior, eksterior mobil juga bisa dibuat fantastis!

Nah, itu dia daftar bengkel interior mobil yang bisa kita datangi di sekitar wilayah Jakarta.

Baca juga: Variasi Interior Mobil yang Wajib Ada Agar Berkendara Nyaman

Tips Merawat Interior Mobil

Setelah mengetahui bengkel interior mobil yang direkomendasikan, kita juga perlu tahu bagaimana tips merawat interior mobil. Merawat interior mobil secara tepat dan rutin bisa memperpanjang usia pakai material interior mobil. Cara pertama adalah dengan membersihkannya dengan rutin.

Namun, perlu diperhatikan proses pembersihannya. Sebaiknya gunakan cairan khusus. Misalnya untuk bahan fabric atau kain, kita bisa membersihkannya dengan cairan pembersih khusus fabric. Kalau material interior terbuat dari bahan kulit, bisa menggunakan vacuum cleaner atau sikat halus. Selain itu pelapis di bagian pijakan mobil ini juga perlu rutin dibersihkan. Kemudian, sela-sela antara komponen bisa dibersihkan menggunakan kuas.

Biaya Perbaikan Interior Mobil

Seperti yang sudah disinggung di atas, biaya perbaikan interior mobil khususnya ganti jok bisa sekitar Rp5 juta – Rp13 jutaan, tergantung material yang kita pakai. Namun, kalau hanya mengganti jok mobil secara non permanen bisa hanya sekitar Rp1 jutaan saja. Sementara itu, biaya reparasi jok untuk perbaikan per atau busa bisa sekitar Rp1 juta – Rp3 jutaan. Lantas, berapa harga sarung jok mobil menurut bahan dan mereknya? Simak daftarnya di bawah ini.

Baca juga: Segini Biaya Perbaikan Interior Mobil dan Rekomendasi Tempat Servicenya

Tipe / Ukuran Jok MobilHarga
Sarung Jok Mobil Universal (3 Baris) XI7 XpanderRp841 ribuan
Sarung Jok Kursi Mobil Highback Cover Jok BelakangRp70 ribuan
Sarung Jok Mobil Avanza, Terios, Rush & InnovaRp838 ribuan
Sarung Jok Mobil 2 Baris Sofa AgyaRp1,5 jutaan
Bantalan Jok Mobil / Cover Jok MobilRp199 ribuan
Juno Leather Exclusive Sarung Jok Mobil (3 Baris)Rp2,7 jutaan
Sarung Jok Mobil Agya / Ayla / Brio (2 Baris)Rp380 ribuan
Sarung Jok Mobil Avanza / Xenia Bahan Kulit SintetisRp750 ribuan
Sarung Jok Mobil Agya (2 Baris)Rp850 ribuan
Sarung Jok Mobil Universal Cover Alas Jok DepanRp97 ribuan
Boss Aksesoris Mobil Oscar Sarung Jok Mobil AgyaRp450 ribuan
Sparco SPS-410RD Premium Seat CoverRp620 ribuan
Juno Leather Exclusive Sarung Jok Mobil (3 Baris)Rp3,5 jutaan
Sarung Jok Mobil 2 Baris ForceRp1,3 jutaan
Sarung Jok Mobil Brio / Agya / Ayla / Datsun MirageRp800 ribuan
Sarung Jok Mobil Sienta / Avanza / Sigra / Cayla / XeniaRp1 jutaan
Sarung Jok Mobil MBTECH Xenia XI7Rp1,2 jutaan
Lederlux Cover Jok Mobil (2 Baris Jok)Rp6 jutaan
Sarung Jok Mobil Xenia 2019Rp1,2 jutaan
Sarung Jok Mobil Lederlux (3 Baris)Rp1,2 jutaan
Sarung Jok Mobil Avanza / Sigra / Xenia / CalyaRp900 ribuan
Sarung Jok Mobil Ayla / Agya / Brio Bahan FerrariRp675 ribuan
Lederlux Jok Paket Custom Sarung Jok MobilRp4,7 jutaan
Nobleman Cushion Bantalan Alas Sarung Kursi MobilRp256 ribuan
Sarung Jok Mobil Avanza 2016 + 2017Rp1,9 jutaan
OEM Pelapis Cover Jok Mobil for UniversalRp240 ribuan

Demikian pembahasan tentang bengkel interior mobil, tips merawat interior, sampai biaya perbaikan interior mobil. Jaga kondisi interior dan eksterior mobil dengan melakukan cuci mobil secara rutin, ya. Temukan bengkel cuci mobil terdekat di Otoklix!