Tampilan plafon mobil yang elegan akan menunjang kenyamanan bagi si empunya kendaraan roda empat tersebut. Selain itu, plafon mobil yang bagus juga memberikan kesan mewah di dalamnya.

Membuat desain plafon mobil tentunya tidak sembarangan. Terutama dari sisi pemilihan bahan yang akan digunakan.

Iya memang terdapat banyak pilihan bahan plafon mobil. Salah satunya adalah dari kulit sintetis.

Penggunaan bahan dari sinstetis akan membuat  mobil nampak cantik dan elegan. Namun, bahan sintetis tentu memiliki harga yang cukup mahal.

Oleh sebab itu, OtoFriends bisa memilih bahan lainnya untuk memodifikasi plafon mobil kalian. Berikut pilihan bahan plafon mobil elegan yang mudah didapatkan.

Leather (Kulit)

Bahan plafon mobil yang elegan bisa didapatkan menggunakan dari bahan kulit asli. Material ini lebih bertekstur dibandingkan kulit sintetis.

Akan tetapi, karena organik, leather lebih cepat retak dan pudar jika terkena panas terus-menerus. Perawatannya pun lebih intensif.

Kalian perlu menggunakan conditioner yang mengandung lanolin waxy cream. Namun, material kulit ini memiliki keunggulan dengan membuat suhu mobil menjadi cepat dingin. 

Dari segi aroma berbeda jauh dengan kulit sintetis. Aroma yang tidak biasa ini tergantung dari bahan kulit yang Pins pakai. Kulit asli bisa digunakan dalam jangka waktu lama akan semakin lembut. 

Kulit asli memiliki tekstur yang lebih kuat sehingga tahan lama jika mendapatkan perawatan yang tepat. 

Baca Juga: Mudah, 4 Langkah Bersihkan Plafon Mobil Sendiri di Rumah!

Suede

Material kedua yang bisa kalian gunakan adalah suede. Iya benar, bahan plafon dari bahan suede menjadi pelapis paling premium karena kualitas yang terkenal.

Biasanya jenis ini kerap digunakan untuk melapisi interior mobil balap dan supercar. Bagaimana tidak, teksturnya lebih dan halus saat disentuh.

Bahan ini sering digunakan untuk mobil supercar. Akan tetapi, dalam membersihkan bahan suede tidak boleh sembarangan harus melalui penanganan khusus.

Misalnya saja menggunakan sikat khusus atau vacuum cleaner. Tujuannya agar tidak merusak lapisan bahan suede itu sendiri. 

Kelebihan lainnya adalah jika terkena sinar matahari tidak cepat panas. Bahan suede tidak mudah terbakar bahkan serabutnya bisa tetap utuh hingga api padam. 

Apabila dirawat dengan baik maka bahan ini mampu bertahan hingga lima tahun lamanya. Apabila mobil berada di kawasan yang suhunya panas maka penumpang tidak lekas kepanasan.

Beludru

Jika kalian ingin memodifikasi plafon mobil kalian, beludru bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, beludru memakai serat rayon maupun katun tapi ada pula yang menggunakan bahan sutra.

Semakin tebal beludru maka semakin mahal harganya. Selain membuat warna plafon mobil elegan juga mengesankan glamor.

Fabric

Material ini sangat sering kalian temukan pada mobil-mobil di Indonesia. Fabric merupakan gabungan antara kanvas, kain, dan katun yang harganya relatif murah.

Kelebihannya, jenis fabric lebih kuat menghadapi cuaca dan sinar matahari. Namun, kekurangannya karena sangat mudah menyerap kotoran dan air, kalian perlu hati-hati.

Karakter dari bahan ini adalah mudah sekali kotor dan menyerap air. Cara membersihkan fabric cukup dengan sikat halus tanpa memakai air. 

Bila terkena noda ringan maka cukup basahi sikat dan tambahkan sedikit cairan pembersih. Setelah itu gosok ke area yang bernoda. Apabila nodanya cenderung pekat maka gunakan cairan pembersih noda khusus bahan fabric.

Baca Juga: Biaya Service Plafon Mobil, dari 1 Jutaan Sampai 9 Jutaan

Kulit Sintetis

Material kulit sintetis untuk interior mobil, termasuk pada plafon mobil saat ini menjadi favorit banyak orang. Selain memiliki fleksibilitas yang bagus, material ini lebih terjangkau daripada kulit asli.

Material jenis ini akan sangat mudah di mix and match pada interior mobil Anda, termasuk juga pada jok mobil. Dari segi kualitas, bahan ini nggak mudah pecah, tahan panas, lebih nyaman saat disentuh, dan punya ketebalan ideal.

Bahan kulit sintetis dinilai lebih ramah lingkungan karena resistensi terhadap api. Hal ini karena didalam bahannya terkandung pula phthalate. Ditambah lagi lapisan pelindung dari sinar UV.

Kulit sintetis mudah dibersihkan karena tidak menyerap cairan. Dari segi harga tergolong murah misalnya saja untuk jok tiga baris dikenai biaya Rp 3 jutaan.

Bahan sintetis cocok untuk semua tipe mobil dan berbagai segmen pasar. Bahan dasarnya fleksibel jadi mudah sekali dibentuk. Pilihan warna lebih beragam mulai dari yang terang hingga gelap. Kulit sintetis juga memiliki warna nge-doff.

Nah untuk OtoFriends yang ingin memperbaiki atau memodifikasi plafon mobil kalian menjadi elegan bisa datang langsung ke bengkel terdekat. Saat ini untuk mencari bengkel tidak sulit sebab ada Otoklix yang bisa menjadi solusinya.