Sebelum mengganti ban mobil offroad, kita perlu tahu dulu apa saja jenis-jenis ban mobil offroad. Setelah itu, Otoklix juga bakal memberikan rekomendasi merek-merek ban mobil offroad. Simak informasinya sebagai berikut.

Jenis Ban Mobil Offroad

Ada tiga jenis ban yang bisa digunakan pada mobil offroad, yaitu MT (Mud Terrain), AT (All Terrain), dan Extreme. Kedua jenis ban ini berbeda fungsi dalam menjajal medan offroad. Ada yang cocok dipakai di medan tertentu dan tidak cocok di medan lainnya. Ini dia penjelasannya.

Mud Terrain (MT)

Jenis pertama adalah Mud Terrain. Ban ini punya kontur tapak yang kasar. Sehingga, ban mobil ini memang cocok digunakan pada medan berat, seperti pertambangan, perkebunan, dan tentu saja sesuai namanya, tangguh berjalan di kubangan lumpur. Tapak ban ini lebih kasar daripada ban jenis AT. hal ini membuat traksi atau gripnya buruk, jadi tidak direkomendasikan dipakai di jalanan aspal.

Ban mobil MT biasanya digunakan pada mobil SUV atau jeep. Bahkan banyak digunakan juga pada balap offroad. Jadi, bagi OtoFriends yang mau memodifikasi mobil, pastikan menggunakan ban yang sesuai agar tidak berbahaya bagi penumpang.

All Terrain (AT)

Jenis ban mobil offroad berikutnya adalah All Terrain. Jenis ban mobil ini tidak hanya tangguh di jalanan offroad, tetapi juga masih cocok dipakai di jalanan aspal di perkotaan. Namun, memang hanya direkomendasikan di jalanan offroad dengan medan yang ringan. Tidak cocok melewati jalanan yang berlumpur atau bebatuan besar.

Tapak bannya tidak sekasar jenis MT. Jadi, kelebihan dari ban jenis ini adalah bisa dipakai di jalanan beraspal. Namun, memang terasa agak tidak nyaman karena keras dan berisik. 

Baca juga: Deretan 12 Mobil Offroad Keren dan Tangguh Buat Adventure

Extreme

Jenis ban untuk mobil offroad yang terakhir adalah extreme. Sesuai dengan namanya, ban ini cocok dipakai di jalanan offroad berat, sekalipun dengan lumpur lengket atau batuan besar yang ekstrim. Namun, ban ini juga tetap bisa dipakai di jalanan aspal. Hanya saja, kita perlu melajukan mobil dengan kecepatan rendah supaya ban tidak cepat aus.

Itu dia tiga jenis ban mobil offroad yang perlu kita ketahui sebelum beli ban mobil baru. Setelah ini, kita bakal bahas beberapa pilihan ban untuk mobil offroad.

Pilihan Ban Mobil Offroad dari Berbagai Merek

Merek-merek di bawah ini serta model yang direkomendasikan cocok dipakai di mobil offroad. Ini dia merk ban offroad.

1. GT Radial Savero Komodo M/T Plus

GT Radial punya banyak jenis ban untuk berbagai mobil. Salah satu ban offroad terbaik adalah GT Radial Savero Komodo M/T Plus. Ban ini adalah hasil pengembangan dari Savero M/T. Perbedaannya dengan Savero M/T adalah desain tapak bannya yang berbeda dan lebih unggul.  Savero Komodo M/T ini punya traksi yang mumpuni dan kekuatan cornering yang cukup stabil. Sehingga ban ini cocok dipakai di jalanan offroad dengan medan yang berat.

Kemudian, meskipun berjenis ban MT, tetapi ternyata ban ini juga cukup nyaman dipakai di jalan beraspal. Sebab, susunan bloknya sudah disempurnakan dan noisenya lebih rendah dari tipe sebelumnya. Ada 11 ukuran dengan pelek ring berukuran 14, 15, 16, 17, dan 20. Harganya juga tidak terlalu mahal, sekitar Rp850 ribu sampai Rp2,8 jutaan.

2. Forceum MT-08+

Ban yang satu ini punya desain yang termasuk modern untuk kelas ban MT. Sekilas, Forceum MT-08+ terlihat mirip dengan MT-08. Ciri khasnya adalah blok knobby dan besar, lekukannya dalam, dan tapak terbuka dengan pijakan alur bahu. Ditambah lagi dengan ‘tulang’ pada bagian tengah yang bersambung. Desain ini bikin ban Forceum MT-08+ lebih stabil dan efisien saat berjalan di medan offroad.

Tersedia ukuran ban mobil offroad ring 14, ban mobil offroad ring 16, ban mobil offroad ring 17, dan ban mobil offroad ring 20. Harganya berkisar Rp1,3 juta – Rp2,3 jutaan.

Baca juga: Review Ban Mobil Maxxis dan Harganya

3. Accelera MT-01

Ban mobil offroad berikutnya yang bisa jadi pilihan adalah dari Accelera MT-01. Desain ban ini unik. Tapaknya lebar dan bisa meningkatkan traksi offroad, ada juga tapak punuk terbuka sehingga traksinya lebih unggul lagi. Slot bloknya bisa mengalirkan air dengan cepat dan membuang batu, lumpur, atau benda asing lainnya yang terperangkap.

Desain tapaknya yang dalam juga bisa mencengkeram kuat pada permukaan tanah meskipun permukaannya longgar. Ban mobil ini tersedia dalam ukuran ring 15 sampai 22. Rentang harganya berkisar Rp1,5 juta – Rp1,7 jutaan.

4. Bridgestone Dueler AT 697 235

Ban mobil offroad jenis AT dari Bridgestone Dueler AT 697 235 ini cocok dipakai di jalanan kerikil dan berkubang. Selain itu, cocok juga dipakai di jalanan beraspal. Namun, suara yang ditimbulkan saat bergesekan di jalanan aspal terdengar kurang nyaman.

5. Accelera Badak X-Treme

Kalau ban yang satu ini termasuk ke jenis ban extreme untuk mobil offroad. Accelera Badak X-Treme tersedia dalam dua ukuran, yaitu velg berukuran 15 dan 16 inci. Desain dimensi ban, pola tapak, sisi luar ban, sampai kompon-nya didesain sedemikian rupa. Cocok digunakan pada jalanan bebatuan yang ekstrim dan juga jalanan yang berlumpur. Siapkan dana sekitar Rp1,8 juta – Rp2,4 jutaan untuk mendapatkan satu ban ini.

Baca juga: Spesifikasi Ban Mobil Accelera, Tipe, Kelebihan, serta Harga Terbaru di 2022

6. Achilles Dessert Hawk XMT

Achilles juga punya ban khusus offroad dengan Nama Achilles Desert Hawk XMT berjenis mud-terrain (M/T). Desain alurnya terlihat agresif dengan 3 Steps Block dan desain dinding ban dengan nama X-protection Sidewall. XMT di belakang nama ban ini adrinya Extreme Mud Terrain. Harga ban ini mulai dari Rp1,1 jutaan untuk ukuran ring 15.

7. Delium Xtrem Xpedition

Ban mobil offroad terakhir yang bisa jadi pilihan adalah Delium Xtrem Xpedition. Ciri khas ban ini terlihat pada desain alurnya yang berada di tengah tapak. Desain ini membuat lumpur bisa terbuang dengan lancar. Selain ini, daya cengkramnya juga kuat. Pola tapak berbentuk zigzag membuat ban ini bisa dengan mudah melewati medan miring.

Ban mobil Delium Xtrem Xpedition sudah bersertifikasi SNI dan DOT. Ban ini juga sudah diuji oleh para offroader ekstrim. Ban ini tersedia di ukuran 35×10.5-15LT 6PR/TL. Harganya sekitar Rp2,8 juta. Ada juga ukuran 37×12.5-16LT 6PR/TL yang dibanderol dengan harga Rp3,5 jutaan.

Mencari ban mobil offroad perlu mempertimbangkan jenis berdasarkan fungsinya. Otoklix juga memberikan rekomendasi pilihan-pilihannya. Ban-ban tersebut bisa dicari di bengkel-bengkel ban yang menjadi mitra Otoklix. Bisa sekalian langsung spooring dan balancing juga.